Iklan Header

Pengertian Norma

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 15 Oktober 2021, 11:57 WIB Last Updated 2021-10-15T04:57:22Z
Baca Juga

Pengertian Norma - selamat malam sobat GSN semoga selalu sehat dan di beri kemudahan dalam segala urusan Aamiin. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian norma.

 Pengertian Norma

Pengertia Norma ialah sebagai petunjuk atau pedoman tingkah laku yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan suatu alasan tertentu. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), norma adalah ialah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Dimana sebagai panduan, tantanan, Dan pengendali tingkah laku yang sesuai.


Norma biasanya berlaku dalam lingkungan masyarakat dengan aturan tak tertulis, tetapi secara sadar masyarakat mematuhinya. Ada berbagai macam norma diantaranya norma agama, norma kesopanan, norma hukum, dan norma kesusilaan.


Apa itu norma? Norma sendiri berasal dari bahasa Belanda Yaitu “norm” yang berarti patokan, pedoman, atau pokok kaidah. Pengertian norma adalah kaidah yang menjadi sebuah petunjuk ,pedoman, untuk seseorang dalam bertindak atau tidak, serta bertingkah laku dalam kehidupan di lingkungan masyarakat, seperti norma kesopanan, norma hukum, serta norma agama.


Macam macam norma

1. Norma formal

Norma formal adalah ketentuan dan aturan Dalam aturan masyarakat serta Dibuat oleh lembaga Atau institusi yang sifatnya resmi atau formal. Norma ini dibuat oleh lembaga lembaga yang bersifat formal seperti perintah presiden, peraturan pemerintah, konstitusi dll


2. Norma non formal

Norma non formal adalah Ketentuan dan aturan dalam kehidupan masyarakat yang tidak diketahui tentang siapa dan bagaimana yang menerangkan Mengenai norma tersebut. Norma ini biasanya tidak tertulisbtetapi masyarakat dengan sadar Melakukannya seperti sebuah kebiasaan Yang ada dalam suatu lingkup kehidupan masyarakat 


Jenis Norma 

1.Norma Agama

Norma yang satu ini menjadi pedoman hidup bagi manusia yang bersumber dari Tuhan yang maha Esa. Isi dari norma ini berupa perintah, ajaran, dan larangan. Perintah adalah suatu perbuatan yang harus dilakukan dan dikerjakan. Larangan adalah suatu perbuatan yang tidak bisa dilakukan atau harus dihindari. Sementara sanksi adalah akibat atau hukuman yang diberikan kepada orang yang melanggar aturan atau norma. Pada umumnya setiap pemeluk agama meyakini bahwa barang siapa yang mematuhi perintah-perintah tuhannya dan menjauhi larangan -larangan tuhan akan mendapat pahal. Sementara sanksi dari pelanggaran norma agama dosa dengan balasan di akhirat kelak.


Baca Juga: Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli,Bentuk,Prinsip,Ciri & Macam


2. Norma Kesusilaan

Norma yang satu ini bersumber dari hati nurani manusia. Norma kesusilaan mendorong manusia untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk. Jika seseorang melanggar norma ini, mereka akan mendapat sanksi berupa penyesalan, dicemooh, atau di kucilkan oleh masyarakat.


3.Norma Kesopanan

Norma kesopanan sendiri didasari oleh beberapa hal, seperti kebiasaan, kepantasan, kepatutan yang berlaku di masyarakat. Norma kesopanan sendiri sumbernya berasal dari pergaulan manusia. Norma ini biasanya bersumber dari, kebiasaan, adat istiadat, budaya, dan nilai nila masyarakat. 


4. Norma Hukum

 Norma hukum sendiri bersumber dari negara atau pemerintah yang diatur dalam undang-undang. Norma hukum memiliki sifat memaksa untuk melindungi dalam kepentingan dalam kepentingan hidup di masyarakat.


Fungsi norma

  • Bisa mencegah terjadinya benturan kepentingan masyarakat
  • Dapat menciptakan kehidupan masyarakat menjadi aman, tentram, dan tertib
  • Memberi petunjuk atau pedoman bagi setiap individu
  • Membatu Mencapai tujuan dalam masyarakat
  • Mengatur tingkah laku masyarakat Agar sesuai nilai yang berlaku
  • Memberikan batasan yaitu berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak 
  • Memaksa individu dalam menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma-norma Yang berlaku dalam masyarakat Serta menyerap nilai nilai yang diharapkan.


Itulah pengertian norma, jenis dan fungsinya. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi sahabat GSN, Sekian terimakasih.


pencarian yang banyak dicari:

  • pengertian norma brainly
  • macam macam norma
  • pengertian norma hukum
  • pengertian norma agama
  • pengertian norma hukum dan contohnya
  • tujuan norma
  • pengertian norma kesusilaan
  • pengertian norma kesopanan



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+