Iklan Header

Sirkuit MOTOGP Indonesia, Pertamina Mandalika International Street Circuit

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 09 Oktober 2021, 13:05 WIB Last Updated 2021-10-09T06:05:49Z
Baca Juga

Sirkuit MOTOGP Indonesia, Pertamina Mandalika International Street Circuit -Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit. Penamaan sirkuit tersebut dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkui Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (07/10/2021).

Sirkuit MOTOGP Indonesia, Pertamina Mandalika International Street Circuit


Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan saat ini progres konstruksi lintasan sirkuit telah mencapai 100 persen dan sedang menyelesaikan proses homologasi.


"Sementara konstruksi beberapa fasilitas pendukung seperti Race Control, Pit Building, dan Medical Center ditargetkan selesai pada minggu keempat Oktober 2021," kata Abdulbar dalam keterangannya, Kamis (07/10/2021). 



Selain pembangunan fisik, ITDC juga turut mendorong pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di sekitar kawasan The Mandalika dan Kabupaten Lombok Tengah guna mendukung penyelenggaraan event World Superbike (WSBK) yang akan diselenggarakan pada 19-21 November 2021. 


"Jadi tugas kami juga adalah memastikan terpenuhinya prasyarat 70 persen masyarakat kawasan The Mandalika dan Kabupaten Lombok Tengah tervaksinasi pada akhir Oktober 2021," jelasnya.


Di luar persiapan yang dilakukan oleh ITDC, Pemerintah juga memberikan dukungan melalui Kementerian dan BUMN agar The Mandalika siap untuk menggelar event  World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Dukungan tersebut antara lain, pembangunan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17,39 kilometer dengan Right of Way (ROW) jalan selebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke The Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Lalu penambahan panjang lintasan runway, upgrade kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran taxiway serta kegiatan promosi di Bandara Internasional Lombok yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, pengembangan fasilitas kargo dan cruise oleh PT Pelindo III dan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP. 


Selanjutnya penambahan kapasitas listrik di kawasan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika oleh DAMRI. 


Sementara itu, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan dalam waktu dekat Pertamina Mandalika International Street Circuit akan digunakan untuk penyelenggaraan beberapa kejuaraan balap internasional. 


Selain WSBK, juga terdapat event Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021. “Jadi, ini termasuk salah satu event yang paling ditunggu-tunggu. Tahun depan kita akan menyaksikan tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022,” kata Pahala.


Berbagai event yang akan digelar itu merupakan salah satu inisiatif untuk mengembangkan dan menghidupkan kembali industri pariwisata di Indonesia. Terlebih MotoGP merupakan salah satu event grand prix paling bergengsi yang disaksikan sedikitnya 400 juta penonton dalam satu kali pelaksanaa




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+