Iklan Header

Upaya BKN Terhadap Indikasi Kecurangan Seleksi CASN 2021

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 27 Oktober 2021, 14:04 WIB Last Updated 2021-10-27T07:05:47Z
Baca Juga
Badan Kepegawaian Negeri (BKN) menyayangkan terdapatnya upaya gejala kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di Tilok Mandiri Lembaga Pemerintah Kabupaten Buol. 

Upaya BKN Terhadap Indikasi Kecurangan Seleksi CASN 2021


Menindaklanjuti perihal tersebut, BKN bekerjasama dengan Badan Pengkajian serta Pelaksanaan Teknologi (BPPT) serta Badan Siber serta Sandi Negeri (BSSN), dan didukung penuh oleh Panitia Pilih Nasional (Panselnas) pengadaan CASN Tahun 2021 buat melaksanakan penyelidikan atas dugaan tersebut. 

Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan terdapatnya gejala kecurangan pada penerapan SKD CASN di Tilok Mandiri Lembaga Pemerintah Kabupaten Buol yang dicoba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang mau mengganggu sistem seleksi CASN Nasional dengan modus remote access. 

Dari hasil penyelidikan didapatkan fakta dukung gejala kecurangan selaku berikut: 

1. Pengaduan warga atas dugaan kecurangan; 

2. Hasil audit trail aplikasi CAT BKN terhadap kegiatan peserta seleksi sepanjang pelaksanaan; 

3. Laporan aktivitas forensik digital pada fitur yang digunakan; 

4. Laporan penyelidikan internal oleh Lembaga Pemerintah Kabupaten Buol; 

5. Hasil pengecekan terhadap petugas penerapan pilih baik dari BKN ataupun Lembaga Pemerintah Kabupaten Buol; 

6. Rekaman Kamera Pengawas (Kamera pengaman). 

Mitigasi BKN bersama Panselnas Terhadap Upaya Tindak Kecurangan Seleksi 


Dalam penerapan seleksi CASN, BKN serta Panselnas sudah melaksanakan langkah- langkah prediksi serta mitigasi bersama dengan BPPT buat melaksanakan audit teknologi pada Sistem seleksi Calon ASN Tahun 2021 (SSCASN serta CAT BKN) semenjak bertepatan pada 28 Mei 2021 dengan dasar surat Deputi Bidang Sistem Data Kepegawaian No 4760/BSI.02.01/SD/E/2021, dengan ruang lingkup: 

1. Tata kelola serta infrastruktur pendukung SSCASN; 

2. Fungsionalitas sistem aplikasi registrasi SSCASN serta CAT BKN. 

Berikutnya, BKN pula bekerjasama dengan BSSN buat melaksanakan guna pengamanan sistem pilih dengan memakai konsep maximum security bersumber pada Pesan Menteri PANRB No B/ 973/ Meter. MSM. 01. 00/ 2021, dengan ruang lingkup: 

1. Pengamanan Aplikasi serta Teknologi Data lewat: a) Penerapan IT Security Assessment( ITSA) oleh BSSN selaku bagian dari Pengamanan Aplikasi serta Teknologi Data sudah dilaksanakan pada sistem SSCASN serta CAT BKN; b) Penerapan hardening oleh BSSN pula dilaksanakan pada sistem UNBK kepunyaan Kemendikburistek. 

2. Pengamanan Soal lewat: a) Pengamanan Soal dicoba memakai aplikasi karya mandiri BSSN; b) Penerapan pengamanan soal sudah dilaksanakan lewat Enkripsi Soal SKD serta SKB; c) Penerapan Enkripsi Informasi Formasi KemenPAN RB. 

3. Monitoring pengamanan informasi dilakukan pada saat persiapan, pelaksanaan, serta pascapelaksanaan sepanjang 24 jam dalam satu hari serta 7 hari dalam satu pekan. Monitoring dicoba pada server serta jaringan komunikasi informasi, tercantum monitoring traffic ISP. 

4. Forensik Digital, bersumber pada Pesan Kepala BSSN No 1719/BSSN/D2/PP.01.07/05/2021: a) Forensik digital dicoba bersumber pada permohonan BKN serta Panselnas Pengadaan CASN 2021. b) Dilaksanakan kepada fitur Komputer yang digunakan dalam penerapan SKD CASN 2021. 

Tindak Lanjut BKN serta Panselnas Menghindari Upaya Gejala Kecurangan 


Dalam rangka mengestimasi upaya gejala kecurangan seragam dalam seleksi, BKN lewat Regu Tanggap Insiden Siber BKN (BKN- CSIRT), serta Kementerian/Lembaga anggota Panselnas CASN 2021 secara berkesinambungan melakukan pengawasan ketat terhadap segala Tilok tes, spesialnya Tilok Mandiri Lembaga. 

BKN bersama Panselnas hendak menjatuhkan sanksi berbentuk diskualifikasi kepada partisipan yang teruji curang serta untuk oknum yang ikut serta hendak diproses sesuai hukum serta perundang- undangan yang berlaku. 

Ada pula proses penyelesaian upaya gejala kecurangan ini tidak hendak membatasi tahapan seleksi selanjutnya. BKN bersama Panselnas senantiasa fokus pada persiapan jelang seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sesuai surat Kepala BKN 13515/B-KS.04.01/SD/K/2021 bertepatan pada 19 Oktober 2021 tentang Agenda Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS serta PPPK non Guru Tahun 2021.

Demikian informasi tentang Upaya BKN Terhadap Indikasi Kecurangan Seleksi CASN 2021, semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari:
  • bkn
  • badan kepegawaian negara
  • indikasi kecurangan
  • seleksi casn
  • tahun 2021
  • tilok mandiri 
  • titik lokasi
  • lembaga pemerintah kabupaten buol
  • aktivitas forensik digital
  • rekaman kamera pengawas



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+