Iklan Header

Pengertian Wawasan Nusantara

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 10 Januari 2022, 16:52 WIB Last Updated 2022-01-10T09:52:53Z
Baca Juga

Pengertian wawasan nusantara - selamat siang sahabat GSN, semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam setiap urusan, Aamiin. Kali ini kami akan menjelaskan tentang wawasan Nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara


Wawasan Nusantara secara etimologis berasal dari bahasa Jawa “wawas” yang berarti pandangan, Nusa yang berarti kesatuan nusantara dan antara yang berarti dua samudra. Jadi pengertian wawasan Nusantara adalah cara pandang atau cara melihat kesatuan kepulauan yang terletak diantara (Asia dan Australia) dan juga dua samudra (samudra Hindia dan samudra Pasifik).

Pengertian nusantara menurut dokumen ketetapan MPR tahun 1999 menyatakan
“wawasan nusantara cara pandang dan sikap bangsa mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan serta wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi tercapainya suatu tujuan nasional. Wawasan Nusantara memiliki dua tujuan utama diantaranya :

Tujuan wawasan Nusantara keluar
adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang kian mendunia maupun kehidupan dalam negri. Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, Perdamaian abadi, dan sikap saling menghormati.

Tujuan wawasan Nusantara kedalam
adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial.


Baca Juga: Pengertian Ruang

Pengertian wawasan menurut para ahli


1. Prof.Wan Usman

Menurut prof.wan Usman visi Nusantara adalah pandangan masyarakat Indonesia terhadap diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dalam segala aspek kehidupan.

2. Munadjat Danu Saputro, 1981

Menurut munadjat Danu Saputro, wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan nya dalam eksistensi yang saling berhubungan serta penerapannya di tengah lingkungan berdasarkan asas Nusantara.

3. Sumarsono,2002

Menurut Sumarsono, wawasan Nusantara merupakan nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang undangan pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi dan merupakan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.
 Wawasan Nusantara sebagai cara pandang bangsa indonesia tentang merupakan gejala sosial yang dinamis dengan 4 unsur :

- Wadah dari wawasan Nusantara adalah wilayah negara kesatuan RI sebagai kesatuan utuh.

- Isi wawasan Nusantara adalah inspirasi bangsa indonesia berupa cita cita nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

- Pelaksanaan visi Nusantara adalah tindakan bangsa Indonesia untuk melaksanakan falsafah pancasila dan UUD 1945 yang dilaksanakan dapat menghasilkan visi nusantara.

4. Samsul Wahidi 2010

Menurut Samsul wahidin wawasan Nusantara merupakan cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, cara bertindak, cara berpikir dan bertingkah laku, bagi bangsa Indonesia sebagai hasil dari interaksi psikologis, sosiokultural dalam arti luas dengan aspek aspek astagatra.

5. M.Panggabean,1979

Menurut M Panggabean, wawasan Nusantara merupakan doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dengan mempertimbangkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi, teknologi, dan peluang strategis lainnya.

Tujuan wawasan Nusantara


Tujuan wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan sendiri, kelompok, daerah, suku atau golongan. Kedudukan Nusantara sendiri berada di dalam Hirarki Paradigma sosial dimulai dari:

- Hirarki I: landasan ideologi atau Pancasila sebagai falsapah ideologi bangsa, dasar negara.

- Hirarki II:landasan konstitusional nya UUD 1945

- Hirarki III:landasan visional adalah wawasan Nusantara.

- Hirarki IV:konsepsional merupakan ketahanan nasiona

- Hirarki V:landasan operasional adalah GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara).

Fungsi wawasan Nusantara


• wawasan pertahanan dan keamanan nasional: mengarah pada pandangan geopolitik negara Indonesia

• wawasan kewilayahan Indonesia: termasuk pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain

•wawasan pembangunan: dengan beberapa unsur didalam nya, seperti sosial politik, kesatuan politik, pertahanan serta keamanan negara, ekonomi dan sosial ekonomi

• Konsep ketahanan nasional: konsep ketahanan nasional yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, serta pertahanan keamanan nasional.

Nah, itulah pengertian wawasan Nusantara dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat GSN semua, jangan lupa share ya. Sekian terima kasih


pencarian yang banyak dicari:

  • pengertian wawasan nusantara menurut para ahli
  • hakikat wawasan nusantara
  • asas wawasan nusantara
  • fungsi wawasan nusantara
  • kedudukan wawasan nusantara
  • cakupan wawasan nusantara
  • 4 konsep wawasan nusantara
  • contoh wawasan nusantara



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+