Iklan Header

Pengertian Seni

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 10 Januari 2022, 12:30 WIB Last Updated 2022-01-10T05:30:55Z
Baca Juga

Pengertian seni - selamat pagi sobat GSN semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan Aamiin. Kali ini kami akan memnjelaskan pengertian seni.

 Pengertian Seni


Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan, dan mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain. Berdasarkan definisi ini seni adalah keindahan, dimana manusia berusaha menciptakan sesuatu yang indah dan dapat membawa kesenangan.

Seni berasal dari bahasa ‘”sani” yaitu bahasa sanskerta yang memiliki arti persembahan atau pemujaan. Dalam masyarakat umum seni memiliki kaitan yang erat dengan upacara-upacara adatnya ataupun upacara keagamaan yang biasa disebut dengan kesenian daerah.
 
Menurut padma pushpita, seni berasal dari kata “ganie” yaitu bahasa Belanda yang memiliki arti genius dalam bahasa latin. Seni adalah kemampuan mengagumkan yang dibawa seseorang sejak lahir ataupun biasa disebut dengan bakat. Sedangkan dalam bahasa Inggris seni di sebut dengan “art” yang memiliki arti art visual atau seni rupa.

 

Pengertian seni menurut para ahli

1.Aritoteles

Pengertian seni menurut aritoteles adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam

2. Alexander baum garton

Pengertian seni menurut alexander baum garton bahwa arti seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif yang menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

3. Immanuel kant

Menurut Immanuel kant pengertian seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

4. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang meilhatnya.

5. Sudarmaji

Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manisfestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

6. James murko

Menurut James murko seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

7. Leo Tolstoy

Menurut Leo talstoy seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka merasakan apa yang dirasakan penulis.

8. Hilary bel

Menurut Hilary bel seni adalah istilah yang di gunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

9. Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto seni adalah kegiatan rohani atau aktifitas batin yang direflesikan dal bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkan.

Macam macam seni


1. Seni rupa

Seni rupa adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media penglihatan, atau visual art

2. Seni musik

Unsur bunyi merupakan unsur utama dari seni musik. Sedangkan unsur lain adalah bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan

3. Seni tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai bentuk keindahan.

4. Seni teater

Seni tearter merupakan seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah pikiran seseorang

5. Seni sastra

Seni sastra merupakan bentuk seni yang dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan

Fungsi seni


  • Fungsi individu

1. Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk homofaber yang memiliki kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda benda.

2. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Emosi adalah perasaan didalam diri manusia, baik itu perasaan senang, sedih, marah, hari, cinta dll. Semua orang perlu meluapkan perasaan didalam diri mereka agar kondisi kejiwaan mereka tetap normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya.

  • Fungsi sosial

1. Fungsi pendidikan

Seni merupakan peranan penting dalam dunia pendidikan.

•pendidikan formal: pendidikan lingkungan sekolah

•pendidikam non formal: pendidikan di lungkungan masyarakat

•pendidikan infromal: pendidikan di lingkungan keluarga.

2. Fungsi keagamaan /religi

Seni punya peranan penting dalam penyampaian pesan keagamaan manusia. Hal ini dapat dilihat dari busana, lagu rohani, upacara pernikahan, upacara kematian, kaligrafi dll

3. Fungsi lnformasi, misalnya penggunaan poster yang bernilai seni dimana didalam nya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

4. Fungsi hiburan, sebagian besar yang berkaitan dengan hiburan mengandung unsur seni, dimana pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif dan pasif.

Nah,itulah pengertian seni, jenis dan fungsinya, semoga bermanfaat untuk sobat GSN. Jangan lupa share ya. Sekian terima kasih


pencarian yang banyak dicari:
  • 5 pengertian seni
  • pengertian seni menurut para ahli
  • pengertian seni secara global
  • pengertian seni brainly
  • kesimpulan pengertian seni
  • pengertian seni tari
  • pengertian seni musik
  • pengertian seni budaya



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+