Iklan Header

Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya di Indonesia

Editor: Garutselatan.info Selasa, 28 Juni 2022, 01:00 WIB Last Updated 2022-06-29T11:57:19Z
Baca Juga
Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya di Indonesia - Gaji Teknik Sipil ini terbilang cukup tinggi di antara teknik jurusan lainnya, teknik jurusan yang satu ini sangat erat sekali kaitanya dengan pembangunan.
Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya di Indonesia 

Mengutip dari berbagai sumber, teknik sipil ini merupakan ilmu yang di dalamnya akan mempelajari sebuah manufaktur, pengelolaan, perencanaan dan juga konservasi sebuah sistem ataupun fasilitas yang digunakan untuk bisa mendukung sebuah perkotaan maupun pedesaan.


Dalam bidangnya orang yang mengambil jurusan teknik sipil ini tidak hanya mempelajari desain saja, akan tetapi juga konstruksi dan pemeliharaan lingkungan yang harus bisa dikuasasinya. Ilmu terapan yang dipelajari dalam teknik sipil ini bisa membantu untuk mengatur rancangan bangunan yang akan dibangun.


Salah satu pekerjaan dari ilmu teknik sipil ini yaitu kontraktor bangunan yang akan membangun sebuah hasil desain dan rancangan seorang arsitek. Mengapa demikian? karena membutuhkan logika dan analisa yang bagus, prospek kerja lulusan teknik sipil ini akan memiliki gaji yang terbilang cukup tinggi.


Gaji Teknik Sipil



Gaji teknik sipil ini terbilang cukup tinggi, hal ini dikarenakan keahlian khusus yang dibutuhkan dalam merancang dan memproduksi bangunan sangat dibutuhkan agar infrastruktur yang digunakan masyarakat setiap harinya tidak akan cepat rusak. Untuk gaji fresh graduate jurusan teknik sipil ini yaitu dimulai dari Rp5 juta dan itu pun tergantung dimana dia bekerja, namun pada umumnya pekerjaan teknik sipil dengan proyek yang sangat besar ini akan digaji mulai dari Rp 10 juta hingga 30 juta.


Peluang yang tersedia bagi lulusan teknik sipil pun ini cukup besar karena pembangunan sektor publik yang terus berjalan. Sepadan dengan gajinya yang terbilang cukup besar, keahlian yang dibutuhkan oleh seorang arsitek pun juga sulit. Berikut ini adalah hal yang bisa anda pelajari jika anda suatu saat memilih jurusan teknik sipil.


  • Desain dan perancangan
  • Ilmu matematika dan fisika
  • Analisa dan logika
  • Pemahaman 2D dan 3D
  • Manajemen konstruksi


Selain ilmu diatas, masih banyak lagi ilmu yang harus anda bisa pelajari terkait dengan rancangan bangunan dalam jurusan teknik sipil. Bagi anda yang ingin dan tertarik dengan dunia teknik sipil, berikut ini adalah prospek kerja yang bisa diambil oleh lulusan teknik sipil.


Prospek Kerja Teknik Sipil


1. Structural Engineer



Structural engineering ini memiliki kewajiban untuk bisa menganalisis infrastruktur dari pihak konsultan bangunan. Prospek ini dibutuhkan keahlian khusus dalam menganalisa, desain, dan proyeksi bangunan agar bisa mencari solusi apabila bangunan yang dibangun mengalami masalah. Untuk prospek yang satu ini gajinya pun cukup tinggi yaitu Rp66 juta.


2. Insinyur Situs Pembangunan



Prospek yang satu ini yaitu bertugas untuk bisa melakukan peninjauan lokasi pembangunan. Selain itu pekerjaan ini juga melakukan akan evaluasi lahar, material, serta alat yang digunakan dalam pembangunan. Biasanya insinyur situs pembangunan ini bekerja di perusahaan konstruksi BUMN ataupun swasta.


3. Konsultan Konstruksi Bangunan



Sesuai dengan namanya, prospek konsultan ini berperan untuk menjadi tempat konsultasi yang nantinya harus mengawasi dan melakukan manajemen konstruksi secara berkala. Biasanya konsultan ini akan menempati posisi project manager dan diperlukan kreativitas serta analisa yang baik dalam mengelola antara desain yang diinginkan serta budget sebuah bangunan.



Baca Juga: Gaji UMR Terbaru di Indonesia 2022

 


4. Surveyor Pengendalian Pembangunan


Surveyor ini bertugas untuk melakukan survey apakah bangunan yang dibangun sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jika bangunan tidak sesuai dengan peraturan, maka perlu ini harus cepat-cepat untuk memberikan solusi bagi kliennya.


5. Developer



Sebagai developer, disini anda harus bisa menawarkan jasa dalam membuka pengembangan perumahan ataupun pengembangan perkantoran. Untuk gajinya, disini anda sendiri yang menentukan sebagai seorang developer.


6. Kontraktor Insinyur Sipil



Prospel ini memiliki pekerjaan yang sangat erat kaitanta dengan lapangan. Untuk tugasnya yaitu harus bisa mewujudkan rancangan dan desain yang telah diberikan oleh konsultan, selain itu kontraktor juga yang harus menentukan pemilihan material serta alat yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan.


7. Manajer Konstruksi



Manajer konstruksi ini merupakan seorang pemimpin dalam proyek pembangunan nantinya akan bekerjasama dengan arsitek, surveyor dan bagian pembangunan lainnya. Untuk tugasnya yaitu mengawasi serta mengarahkan proses pembangunan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan atau disepakati.
 

Artikel Terkait:


Demikianlah pembahasan yang dapat admin sampaikan mengenai Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat dan sekaligus bisa membuat anda menjadi tertarik untuk menjadi seorang teknik sipil di masa yang akan mendatang.


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:

  • gaji teknik sipil senior
  • gaji lulusan teknik sipil di pertamina
  • gaji teknik sipil wanita
  • gaji teknik sipil bumn
  • berapa gaji teknik sipil
  • prospek kerja teknik sipil wanita
  • gaji teknik sipil vs arsitektur
  • peluang kerja teknik sipil


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+