Iklan Header

Bunga Edelweis Rawa Ranca Upas Hancur, Kini Ditanam Kembali

Admin
Editor: Garutselatan.info Kamis, 09 Maret 2023, 09:05 WIB Last Updated 2023-03-09T02:05:01Z
Baca Juga

Bunga Edelweis Rawa Ranca Upas Hancur, Kini Ditanam Kembali - Sebelumnya di ranca Upas Ciwidey kabupaten Bandung diadakan acara Adventure Trail Motor yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2023. Dalam acara tersebut terjadilah kerusuhan dan banyak lokasi trail salah lokasi bahkan tempat Bunga Edelweis Ranca Upas menjadi rusak akibat dijadikan jalur trail tersebut.


Bunga Edelweis Rawa Ranca Upas Hancur, Kini Ditanam Kembali


Rawa Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di daerah Ciwidey, Jawa Barat, Indonesia. Di tempat ini terdapat bunga edelweis yang tumbuh di area pegunungan di sekitar Rawa Ranca Upas.


Bunga edelweis di Rawa Ranca Upas termasuk jenis bunga edelweis Indonesia yang dikenal dengan nama lokal "kantung semar". Bunga ini berbeda dengan bunga edelweis asli yang berasal dari Eropa atau Asia.


Meskipun Rawa Ranca Upas menjadi salah satu tempat wisata populer di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya, namun pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar, termasuk bunga edelweis yang tumbuh di sana. Oleh karena itu, pengunjung diimbau untuk tidak memetik atau merusak bunga edelweis di Rawa Ranca Upas.


Bunga edelweis adalah jenis bunga yang berasal dari famili Asteraceae atau famili bunga matahari. Bunga ini biasanya tumbuh di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut, terutama di daerah pegunungan di Asia dan Eropa.


Bunga edelweis memiliki bunga yang kecil dan putih dengan daun-daun kecil yang menutupi tangkainya. Bunga ini sering dianggap sebagai simbol keindahan dan keabadian, serta sering dijadikan sebagai bunga hias atau sebagai hadiah yang indah.


Baca Juga: Link Download Video CCTV Bjorka Viral


Namun, karena tingginya permintaan akan bunga edelweis sebagai bunga hias dan oleh para pengunjung yang ingin mengambilnya sebagai oleh-oleh dari daerah pegunungan, bunga edelweis menjadi terancam punah. Oleh karena itu, sekarang banyak upaya yang dilakukan untuk melestarikan bunga edelweis dan habitatnya di alam liar.


Bunga edelweis tersebut yang ada di ranca upas yang rusak kini dilakukan lagi penanaman oleh para penerus dan peduli lingkungan.


Harga Bunga Edelweis


Harga bunga edelweis dapat berbeda-beda tergantung dari lokasi dan negara di mana bunga tersebut dijual. Bunga edelweis yang tumbuh di alam liar biasanya lebih sulit didapatkan dan lebih mahal dibandingkan bunga edelweis yang dibudidayakan atau ditanam di kebun atau greenhouse.


Di beberapa negara, seperti Austria dan Swiss, bunga edelweis menjadi simbol nasional dan biasanya dihargai cukup tinggi sebagai suvenir atau hadiah khas dari negara tersebut. Namun, karena bunga edelweis termasuk spesies yang dilindungi dan terancam punah, maka pengambilan atau perdagangan bunga edelweis yang berasal dari alam liar dilarang dan dapat dikenakan sanksi. 


Sementara itu, di Indonesia, bunga edelweis yang ditanam secara komersial di beberapa daerah seperti di Lembang, Bandung, biasanya dijual dengan harga berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 per tangkai. Namun, harga tersebut dapat berbeda tergantung pada ukuran dan kondisi bunga edelweis yang dijual serta musim pengambilan bunga.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+