Iklan Header

Cara Bayar UTBK Lewat ATM Bank Mandiri Lengkap 2023

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 25 Maret 2023, 07:19 WIB Last Updated 2023-03-25T00:21:20Z
Baca Juga

Cara Bayar UTBK Lewat ATM Bank Mandiri Lengkap 2023 - Banyak pertanyaan bagaimana cara bayar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT tahun 2023. Oleh karena itu yuk simak cara bayar UTBK Lewat ATM Bank Mandiri mudah dan cepat.


Cara Bayar UTBK Lewat ATM Bank Mandiri Lengkap 2023
Cara Bayar UTBK Lewat ATM Bank Mandiri Lengkap


UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, yang merupakan salah satu bentuk seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia. UTBK dilaksanakan secara nasional dan diikuti oleh siswa-siswa yang telah menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat. UTBK dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri (PTN) yang menyelenggarakan seleksi masuk dengan menggunakan UTBK sebagai salah satu syarat masuk.


UTBK terdiri dari dua jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Khusus (TKK). TPS mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam bidang akademik umum, seperti kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran. Sementara TKK mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam bidang tertentu, seperti sains, sosial, dan seni.


Hasil UTBK akan digunakan sebagai salah satu kriteria seleksi masuk di PTN, selain nilai rapor dan prestasi calon mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik lainnya.


Tutorial Cara Bayar UTBK SNBT Lewat ATM Bank Mandiri 2023


  1. Pertama kamu kunjungi kantor ATM Bank Mandiri terdekat
  2. Kemudian masukan ATM
  3. Masukan PIN ATM Mandiri
  4. Pilih menu Bayar
  5. Kemudian pilih Menu Pendidikan
  6. Kemudian masukan Kode institusi UTBK SNMBT 2023 yaitu 10000
  7. Selanjutnya masukan Nomor Induk Siswa (10 digit angka) dan Kode Pembayaran (8 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran
  8. Pilih Item Pembayaran UTBK SNBT 2023, ketik nomor urut 1 yang ada di bagian kiri. Jika sudah benar, pilih YA.
  9. Pada menu Konfirmasi Pembayaran, cek kembali detail pembayaran (terutama Kode Pembayaran dan Nomor Induk Siswa), bila sudah benar pilih YA. Pastikan muncul tulisan Transaksi Sukses pada layar dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran.
  10. Cetak Struk/Resi pembayaran UTBK
  11. Transaksi selesai


Demikianlah informasi tentang cara bayar UTBK SNBT 2023 lewat ATM Bank Mandiri secara lengkap.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari informasi ini. Jangan Lupa baca artikel menarik lainnya di situs Garut Selatan Info agar tidak ketinggalan informasi terbaru. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih. 


Baca Artikel Menarik Lainnya




Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+