Iklan Header

Modul Pembelajaran Geografi Kelas 11 SMA-MA Edisi 2022/2023

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 26 Februari 2021, 17:47 WIB Last Updated 2022-10-20T03:25:00Z
Baca Juga
Modul Pembelajaran Geografi Kelas 11 SMA-MA Edisi 2022/2023 - Pada modul pembelajaran geografi kelas XI kali ini, kita akan mempelajari tentang Indonesia Sebagai Poros Maritim, yang meliputi;




1. Letak, Luas, dan Batas Wilayah Indonesia.
2. Karakteristik Wilayah Daratan dan Perairan Indonesia.
3. Perkembangan Jalur Laut di Indonesia.
4. Potensi dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Indonesia.

Memahami materi pada pembelajaran ini kita anggap penting karena akan membuka wawasan kita mengenai potensi kemaritiman di Indonesia. 

Posisi geografis Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia, di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia, menjadikan perairan Indonesia sebagai persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat. 

Ini berarti, posisi Indonesia sampai kapanpun juga akan selalu menjadi tempat strategis dalam peta perdagangan dunia. Karena itulah Indonesia berupaya menjadi poros maritim dunia.

Bahan pendukung dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk SMA/MA sangat diperlukan salah satunya yaitu Modul Pembelajaran. 

Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas telah menerbitkan Modul Pembelajaran untuk SMA/MA TP. 2020/2021 materinya telah disesuaikan dengan situasi masa Pandemi Covid-19. 

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Geografi Kelas 11 SMA-MA Edisi 2021




  • Modul KD 3.2 : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia
  • Modul KD 3.3 : Sebaran dan Pengolahan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan dan Pariwisata
  • Modul KD 3.4 : Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri serta Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia
  • Modul KD 3.6 : Dinamika Atmosfer dan Dampaknya bagi Kehidupan


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Geografi Kelas 11 SMA-MA Edisi 2021, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+