Iklan Header

Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2023

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 26 Februari 2021, 15:07 WIB Last Updated 2022-10-08T12:52:03Z
Baca Juga
Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA-MA - Anak-anak hebat di seluruh Indonesia, selamat datang di modul geografi. Ini adalah modul pertama dalam kegiatan pembelajaran geografi.


Modul Geografi Kelas X


Geografi sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno, yang dikenal dengan geografi klasik. Pengetahuan tentang bumi pada masa itu masih dipengaruhi oleh mitologi atau kepercayaan yang beranggapan bahwa segala fenomena atau gejala yang terdapat di permukaan bumi merupakan kehendak dewa-dewa. 

Namun lambat laun anggapan tersebut berubah seiring dengan perkembangan zaman. Dalam modul ini kalian akan mempelajari sejarah perkembangan geografi, definisi atau pengertian geografi, objek kajian geografi, aspek-aspek geografi, serta ilmu-ilmu yang mendukung geografi. 

Selain itu, modul ini akan menuntun kalian untuk mempermudah memahami konsep esensial, prinsip dan pendekatan geografi terkait dengan gejala atau fenomena geografi sehingga kalian dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas telah menerbitkan Modul Pembelajaran untuk SMA/MA TP. 2022/2023 materinya telah disesuaikan dengan situasi masa Pandemi Covid-19. 

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2023




  • Modul KD 3.2 : Dasar-Dasar Pemetaan, penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) 
  • Modul KD 3.5 : Dinamika Litosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan
  • Modul KD 3.6 : Dinamika Atmosfer dan dampaknya bagi Kehidupan



Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2023, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+