Iklan Header

5 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Perlu di Catat

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 14 Juni 2021, 10:28 WIB Last Updated 2021-06-14T03:28:53Z
Baca Juga

5 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Perlu di Catat - Program jurusan Bimbingan Konseling mungkin tak begitu populer di kalangan pelajar. Padahal jurusan ini menawarkan prospek kerja yang lumayan luas dan menjanjikan. Ketentuan atau syarat masuk jurusan BimbinganKonseling pun tak rumit. Berikut adalah 5 syarat yang dibutuhkan jika ingin mendaftar dan masuk ke jurusan ini di universitas:

Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Perlu di Catat


1. Memiliki Minat di Bidang Konseling


Ketentuan pertama yang harus dipenuhi siapa saja ingin berkuliah di jurusan ini adalah punya minat. Hal ini sebenarnya menjadi syarat mutlak jika ingin mendaftar kuliah di jurusan apapun. Minat harus menjadi poin utama yang diperhatikan terlebih dahulu. Jika sudah punya minat maka akan lebih mudah untuk mengikuti seleksi serta menjalani perkuliahan di jurusan tersebut.


Jadi, pertama tanyakan dulu pada diri sendiri apakah tertarik belajar di jurusan ini. Jurusan Bimbingan Konseling akan mempelajari tentang bidang kesehatan serta bimbingan mental. Untuk meyakinkan diri sendiri apakah memang punya ketertarikan di bidang ini, coba cari tahu lebih banyak apa saja yang akan dipelajari saat kuliah nanti.


2. Punya Karakter yang Tepat


Syarat berikutnya, calon mahasiswa harus memiliki karakter yang tepat jika ingin berkuliah di jurusan ini. Jurusan ini membutuhkan pelajar yang punya karakter sabar dan terbuka terhadap segala jenis pemikiran.  Dua sifat ini akan sangat dibutuhkan saat berkuliah apalagi saat bekerja nanti.


Pelajar juga harus memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Empati inilah yang akan mempermudah pelajar mendalami ilmu BimbinganKonseling. Sifat-sifat ini akan membuat pelajar cocok dengan bidang ilmu di jurusan ini. Jika sudah memiliki kecocokan karakter, maka proses studi pun bisa berjalan lancar dan lebih mudah.


3. Memiliki Kemampuan Dasar


Syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling berikutnya adalah adanya kemampuan dasar. Pelajar harus punya kemampuan dasar meliputi kemampuan di bidang akademis sesuai lingkup ilmu di jurusan ini. Selain itu pelajar juga perlu memiliki kemampuan lain yang sifatnya lebih ke soft skill.


Baca Juga: Daftar Universitas Negeri di Semarang


Pelajar yang ingin berkuliah di jurusan Bimbingan Konseling sebaiknya punya kemampuan dalam membina orang lain. Selain itu pelajar juga perlu memiliki kemampuan dalam memahami karakter. Kemampuan ini penting dan akan sangat berguna dalam dunia bimbingan konseling terutama ketika mulai bekerja nanti.


4. Mendaftar dan Lolos Seleksi


Tentu saja jika ingin berkuliah di jurusan ini pelajar harus melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi. Ada banyak jalan seleksi yang bisa dipilih seperti SNMPTN, SBMPTN, juga jalur mandiri. Jika ingin lolos diterima berkuliah maka harus benar-benar serius mengikuti alur pendaftaran juga proses seleksi yang digelar. Jika gagal, coba lagi di jalur seleksi yang lain hingga bisa dinyatakan diterima.


5. Memenuhi Syarat Administrasi dan Biaya


Apabila sudah diterima, maka pelajar belum bisa langsung masuk berkuliah. Ada syarat administrasi dan biaya yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan berkaitan dengan syarat administrasi dari pihak kampus. Kemudian lakukan pembayaran biaya kuliah sesuai dengan ketentuan dari universitas.


Urusan biaya kuliah, saat ini diberlakukan sistem UKT di universitas. Cari tahu dulu informasi terkait biaya dan lakukan perhitungan. Ini sangat penting untuk dilakukan agar ada persiapan sebelum masuk kuliah. Jika perlu, cari tahu juga informasi mengenai beasiswa untuk mendapatkan keringanan biaya tersebut.


Itulah tadi 5 syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling. Setelah lulus dari jurusan ini, ada banyak peluang kerja terbuka. Pilih universitas yang tepat, yang memberi penawaran program Bimbingan Konseling dengan kualitas terbaik.


Pencarian yang banyak dicari:

  • kelebihan dan kekurangan jurusan bimbingan konseling
  • alasan masuk jurusan bk
  • jurusan bimbingan konseling terbaik di indonesia
  • gelar sarjana bimbingan konseling
  • apa saja yang dipelajari di jurusan bimbingan konseling
  • lowongan kerja jurusan bimbingan konseling
  • biaya kuliah jurusan bimbingan konseling
  • universitas pendidikan indonesia



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+