Iklan Header

Inilah 5 Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 14 Juni 2021, 10:38 WIB Last Updated 2021-06-14T03:38:14Z
Baca Juga

Inilah 5 Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa - Meskipun tak sepopuler jurusan ilmu lain, program studi Pendidikan Luar Biasa menjadi pilihan jurusan yang tak bisa disepelekan. Jurusan ini menghasilkan lulusan terbaik yang punya jasa besar di Indonesia. Prospek kerja Pendidikan Luar Biasa juga sangat beragam, berikut adalah 5 pilihan profesi yang dapat ditekuni lulusan dari jurusan ini:

Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa


1. Tenaga Guru

Pilihan profesi pertama yang dapat dijadikan pilihan adalah guru atau pengajar. Tentu yang dimaksud di sini adalah tenaga guru untuk sekolah luar biasa atau SLB. Saat ini keberadaan fasilitas SLB dianggap sangat penting dan fasilitas pengajar tentu akan begitu dibutuhkan.


Jurusan ini memang dibuka untuk mempersiapkan orang-orang yang berpotensi menjadi pengajar di sekolah luar biasa. Bekerja sebagai guru bagi anak-anak luar biasa tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Dibutuhkan keahlian khusus untuk membimbing anak-anak luar biasa agar bisa belajar seperti anak-anak lainnya. Profesi ini tak hanya penting tapi juga dianggap sangat berjasa.


2. Dosen

Selain menekuni profesi guru di suatu lembaga sekolah, ada pilihan profesi lain yang bisa diambil yakni dosen. Namun agar bisa menjadi dosen, dibutuhkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Setelah lulus sarjana maka harus lanjut dulu kuliah ke jenjang master baru bisa melamar menjadi dosen. Tentu jurusan yang diambil sebaiknya bersifat linear atau masih dalam satu bidang.


Baca Juga: 5 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling


Setelah lulus master, langsung saja melamar sebagai dosen di jurusan Pendidikan Luar Biasa. Peran yang diambil di bidang profesi ini juga sangatlah penting karena akan membentuk orang-orang yang juga ahli menangani anak-anak luar biasa. Dosen juga punya jenjang karir yang mapan sehingga dianggap prestise di kalangan masyarakat.


3. Terapis

Prospek kerja Pendidikan Luar Biasa berikutnya adalah menjadi terapis. Ini merupakan jenis profesi yang juga punya peran penting di masyarakat. Peran seorang terapis untuk anak-anak luar biasa sangat dibutuhkan dan tidak sembarang orang bisa mengambil peran tersebut.


Sebagai terapis bagi anak-anak luar biasa, tentu tugas dan tanggung jawabnya cukup berat. Setiap hari harus berinteraksi langsung dengan anak-anak luar biasa dan memberikan perlakuan yang tepat sebagai bimbingan. Profesi ini biasanya dibutuhkan di rumah sakit maupun lembaga yang khusus menangani anak-anak dengan kebutuhan luar biasa.


4. Guru Private

Banyak orang tua yang memilih untuk menyekolahkan anak dengan kebutuhan luar biasa dari rumah. Hal ini tentu dipilih setelah melalui berbagai pertimbangan. Jika ingin menyekolahkan anak dari rumah maka peran guru private akan sangat dibutuhkan. Profesi ini sama pentingnya dengan guru sekolah karena pada intinya akan membimbing anak-anak luar biasa.


Saat ini sudah ada banyak lembaga yang menyediakan layanan bimbingan private untuk pendidikan luar biasa. Pengajar private biasanya akan jadi lebih dekat dengan anak yang dibimbing karena memang hanya memegang satu anak saat proses belajar. Situasi ini membuat proses pembelajaran anak luar biasa jadi lebih efektif.


5. Konselor

Pilihan profesi berikutnya yang terbuka bagi lulusan Pendidikan Luar Biasa adalah konselor untuk anak-anak luar biasa. Bimbingan konseling bagi anak-anak ini juga sangat penting. Jasa konselor akan sangat dibutuhkan di berbagai tempat, khususnya lembaga pendidikan luar biasa juga layanan kesehatan.


Itulah 5 pilihan prospek kerja Pendidikan Luar Biasa. Pilihan jurusan satu ini bisa menghasilkan orang-orang dengan pekerjaan yang tidak biasa. Selain itu jasa dari orang-orang lulusan jurusan ini juga akan selalu dibutuhkan sepanjang masa.


Pencarian yang banyak dicari:

  • prospek kerja pendidikan luar sekolah
  • gaji pendidikan luar biasa
  • gelar pendidikan luar biasa
  • beasiswa pendidikan luar biasa
  • gaji guru pendidikan luar biasa
  • lowongan kerja untuk s1 jurusan pendidikan luar biasa



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+