Iklan Header

Investasi halal untuk pemula

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 06 November 2021, 09:12 WIB Last Updated 2021-11-06T02:12:24Z
Baca Juga

Investasi halal untuk pemula - hai sahabat GSN, apakabarnya nih, semoga kita senantiasa selalu berada dalam kesehatan dan perlindungan dari allah swt, Aamiin. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai investasi halal untuk pemula, na guys Sistem investasi syariah merupakan terobosan yang terbukti kuat bertahan di pasaran dan diminati oleh masyarakat. Mekanisme berbasis ekonomi Islam ini menjadi alternatif bagi sebagian kalangan yang merasa tidak cocok dengan sistem konvesional. Pilihan investasi syariah khususnya hadir bagi orang yang ingin imbal hasil yang halal dan bebas riba.

Investasi halal untuk pemula

Masyarat banyak yang ragu jika uang yang diterimanya dari hasil investasi tidaklah didapat dengan jalan yang halal dan sesuai syariat Islam. Di luar sana banyak terdapat produk investasi yang menjanjikan return yang berlimpah, namun ternyata cara yang dilakukan tidak sesuai dengan prinsip Islam atau biasa yang disebut mengandung riba. Untuk hal inilah maka kemudian diberlakukan investasi ini yang dijamin kehalalannya karena dijalankan sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Meski demikian, masih banyak yang kerap meragukan kehalalan dari imbal hasil yang didapat dari instrumen investasi syariah. Dikhawatirkan jika prinsip syariah hanya sekedar bahasa marketing belaka dan sistem yang berlaku di baliknya sama saja seperti investasi konvensional. Karena itulah banyak yang terus merasa ragu meskipun pemilik investasi syariah sudah semakin banyak.


Baca Juga: Investasi Modal Kecil Bagi Pemula Terbaru 2021


Pilihan Investasi Syariah yang Tersedia di Indonesia, Sudah Dijamin Kehalalannya Lho. Investasi saat ini sudah banyak dipilih masyarakat yang ingin menabung demi memperoleh keuntungan besar di masa depan. Buat kaum muslim, memilih investasi sesuai dengan syariat islam jadi kendala tersendiri. Dalam islam, investasi juga sangat dianjurkan untuk masa depan.


Sekarang ini ada beberapa pilihan investasi syariah yang menguntungkan, halal dan sudah disetujui oleh MUI. Jika dalam investasi tersebut mengandung riba, sangat tidak dianjurkan dalam prinsip islami. Perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional terletak pada keuntungan yang didapat.


Berikut ini sahabat GSN, Rekomendasi Investasi Syariah yang Bisa Dipilih yah: kuy simak saja langsung


1.  Reksa Dana Berbasis Syariah

Reksa dana termasuk salah satu jenis investasi syariah. Namun, tidak melibatkan praktik riba dalam pengelolaannya dan pemberian keuntungannya. Pada reksa dana syariah terdapat fitur cleansing yang tidak ada di reksa dana konvensional.


Reksa dana syariah ini tentu telah melalui pengawasan ketat dari pihak Dewan Pengawas syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Pada reksa dana syariah ini, pengelolaan uang kalian akan dilakukan dengan transparan. Proses pengelolaan dana yang ada pun bebas dari unsur masyir, Riba, dan Ghahar.


Sahabat bisa memiliki produk reksa dana syariah dengan membelinya lewat aplikasi Ajaib lho. Banyak pilihan terbaik yang sesuai dengan portofolio investasi kalian, Selain biayanya terjangkau, membeli reksa dana lewat Ajaib memungkinkan kalian untuk mendapatkan rekomendasi dari ahli perencanaan keuangan lho.


2.  Investasi Syariah Berbentuk Properti

Investasi berbentuk tanah atau bangunan termasuk investasi halal dalam prinsip syariah. Kalian tidak perlu pertimbangan yang rumit untuk berinvestasi syariah berupa properti. Dengan investasi ini, sahabat tidak hanya mendapatkan keuntungan saja tetapi juga menyewakan atau dijual kembali. Terlebih dari tahun ke tahun, nilai properti selalu mengalami peningkatan.


Apapun bentuk propertinya, baik itu ruko, rumah, maupun tanah, investasi properti termasuk salah satu investasi yang sesuai dengan syariat Islam. Investasi berbentuk tanah atau bangunan termasuk investasi halal dalam prinsip syariah.


Sesuai konsep syariah, kalian bisa membelinya secara tunai atau mengambil KPR berbasis syariah. Metode KPR ini memakai sistem margin, bukan bunga kredit. Artinya pada saat pengajuan KPR, pihak bank akan menetapkan margin yang harus dibayarkan dan sifatnya tetap sampai cicilan terakhir.


3.  Deposito Bagi Hasil

Deposito syariah ini punya sistem berbeda dengan deposito pada umumnya yaitu pada penetapan hasil keuntungannya. Keuntungan yang didapat dari deposito syariah adalah bagi hasil sesuai dengan laba bersih dari pengelolaan dananya. Adapun perjanjian tersebut dinamakan akad Mudharabah, yakni kesepakatan antara pemilik dana modal dengan pengelola. Dana yang sudah didepositokan biasanya baru bisa diambil selama periode 5 hingga 10 tahun sesuai kesepakatan.


Ada banyak perbankan syariah yang kini menawarkan produk deposito syariah dengan imbal hasil yang cukup menjanjikan. Jika berminat, sahabat GSN, bisa memilih salah satunya sebagai pilihan investasi syariah favorit kalian yah.


4.  Investasi Emas

Selain dianjurkan oleh syariat islam, sahabat GSN, tidak butuh metode bermacam-macam untuk berinvestasi emas. Kalian bisa memiliki tabungan emas dengan membeli di toko resmi Antam ataupun Pegadaian. Namun, buat yang tidak memiliki modal cukup membeli emas jangan khawatir akan status kehalalannya.


5.  Surat Berharga Syariah Negara

Ini adalah bentuk obligasi yang dikelola menggunakan metode syariah. Jadi, surat-surat yang diperjualbelikan tidak berasal dari produk-produk haram. Data yang diberikan pun harus transparan, jadi aman dan sesuai dengan prinsip islam.


Tidak perlu repot-repot mencari dan menganalisa aneka reksa dana di luar sana. Jika sahabat memiliki aplikasi Ajaib, kalian bisa memilih aneka reksa dana syariah yang tidak hanya sesuai dengan syariat Islam, tapi juga mampu memberikan pengembalian yang sepadan. Pilihan investasi syariah yang sahabat miliki juga jauh lebih beragam lewat reksa dana.


Nah sahabat, itu dia investasi halal untuk pemula, semoga menjadi referensi yang baik, dan bermanfaat, sampai jumpa kembali di artikel berikutnya ya, jangan bosan untuk membaca artikel dari kami ya, selamat pagi dan selamat beraktifitas, sekian dan Terimakasih.


pencarian yang banyak dicari:

  • investasi bibit halal
  • aplikasi investasi halal
  • investasi halal jangka pendek
  • apakah investasi online halal
  • apakah hsb investasi halal
  • contoh investasi riba
  • investasi halal rumaysho
  • investasi halal atau haram


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+