Iklan Header

Cara Membedakan Cincin Emas Asli Dengan Kuningan

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 04 Februari 2022, 09:04 WIB Last Updated 2022-02-04T02:04:13Z
Baca Juga
C

ara Membedakan Cincin Emas Asli Dengan Kuningan – selamat malam sahabat pembaca dimanapun Anda berada semoga selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Cara Membedakan Cincin Emas Asli Dengan Kuningan


Selain saham atau reksa dana, emas juga dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat membawa berbagai keuntungan menarik. Kamu juga bisa menganggap investasi emas sama saja dengan menabung.


Salah satu keuntungan terbaik dari tabungan emas adalah nilai asetnya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan. Nilai asetnya yang jarang mengalami perubahan secara drastis membuat tabungan emas menjadi pilihan investasi dengan risiko yang cenderung rendah. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas atau bahkan sudah melakukannya, harus dipastikan bahwa emas yang kamu beli merupakan emas asli. 

Berikut Cara Untuk Membedakan Antara Emas Asli Dan Emas Palsu:



1. Menggigit Emas


Emas adalah logam yang memiliki sifat unik, semakin tinggi atau semakin murni emas maka akan semakin lunak logam tersebut. Jika kamu menggigit emas dan ada bekas gigitan yang tertinggal, maka kemungkinan besar emas itu emas asli dan memiliki kemurnian yang tinggi.

2. Menggosok, Kemudian Melihat Warnanya


Untuk mengetahui keaslian emas tersebut kamu bisa cek dari kadar warnanya. Coba kamu gosok-gosok permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan bahwa emas itu palsu. Namun, jika tidak ada perubahan warna dijamin itu emas asli.



Baca Juga: Cara Mengetahui Kode Kadar Emas 


3. Dekatkan Ke Magnet


Magnet merupakan salah satu metode tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur apakah emas itu asli atau palsu. Mengingat emas bukan logam magnetic maka jika didekatkan ke magnet, emas yang asli tidak akan menempel.

4. Goreskan Pada Keramik Atau Kertas


jika emas digoreskan pada keramik atau kertas, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Berbeda dengan logam yang lainnya atau emas palsu akan meninggalkan goresan-goresan kecil atau warna kehitaman.


5. Periksa Setifikat Emas


Caranya dengan meletakkan sertifikat emas tersebut di bawah sinar ultraviolet, jika sertifikat itu asli nanti aka nada garis-garis minor warna-warni seperti uang kertas dan blok warna hijau di setiap deskripsi detail setifikat.


6. Uji Keaslian Emas Dengan Suara


Menjatuhkan atau mengetuk emas dengan menggunakan koin menjadi alternatif lainnya. Karena bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain.


7. Teteskan Cairan Asam


Reaksi yang akan ditimbulkan kuningan pada saat ditetesi cairan asam akan muncul gelembung kecil. Sedangkan emas asli tidak akan bereaksi apapun.


Artikel Terkait:
pencarian yang banyak dicari:


  • cara membedakan cincin emas asli dan palsu secara manual
  • emas asli jika dibakar
  • bunyi emas asli
  • tes emas dengan cairan rumah
  • cara membedakan emas asli dan palsu dengan magnet
  • cara membedakan emas asli dengan cuka
  • kode emas asli
  • ciri ciri kuningan asli


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+