Iklan Header

Perbedaan Deposito Dan Tabungan

Admin
Editor: Garutselatan.info Kamis, 03 Februari 2022, 15:23 WIB Last Updated 2022-02-03T08:23:58Z
Baca Juga
P

erbedaan Deposito Dan Tabungan – selamat pagi sahabat pembaca dimanapun Anda berada semoga selalu ada dalam lindungan Allah SWT, aamiin.

Perbedaan Deposito Dan Tabungan


Deposito dan tabungan merupakan produk perbankan yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk menyimpan uang. Namun, masyarakat harus tahu perbedaan tabungan dan deposito bank supaya bisa memilih dan memaksimalkan produk bank dengan baik.


Secara umum, kamu perlu tahu bahwa jenis tabungan dan deposito yang ditawarkan oleh bank di masyarakat ada 2 bentuk yaitu konvensional dan syariah. Perbedaan umumnya terletak pada manfaat bagi nasabah yang diberikan oleh pihak bank.


Deposito dan tabungan memiliki perbedaan yang cukup fundamental, meskipun memiliki perbedaan tapi keduanya sama-sama dibutuhkan untuk membangun kekuatan finansial. Tabungan dan deposito merupakan produk yang ditawarkan oleh Bank. Meskipun demikian, ada perbedaan fundamental diantara keduanya. Tabungan merupakan simpanan uang yang bisa diambil kapan saja. Deposito merupakan salah satu produk investasi yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.


Berikut Perbedaan Tabungan dan Deposito:



1. Fleksibilitas Dalam Pengambilan Uang


Uang yang tersimpan dalam tabungan bisa diambil kapan saja jika kamu membutuhkannya. Namun pada deposito, pengambilan uang hanya bisa dilakukan setelah jatuh tempo. Masa jatuh tempo deposito berbeda-beda, tergantung pada kebijakan Bank. Biasanya dana yang tersimpan dalam deposito bisa diambil setelah satu tahun.


Baca Juga: Cara Mencairkan Deposito BNI


Deposito memiliki batasan minimal jumlah deposit yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan. Jika untuk membuka rekening tabungan, kamu cukup mengeluarkan ratusan ribu rupiah. Tapi kalo deposito, kamu harus menyiapkan uang hingga ratusan juta rupiah.



2. Suku Bunga Deposito Lebih Tinggi Dari Tabungan/Simpanan Bank


Jika dibandingkan dengan bunga tabungan , bunga deposito cenderung akan lebih tinggi. Jika bunga bank hanya berkisar di angka 0,5% - 3%, bunga deposito bisa mencapai 5%-7% per tahunnya. Keuntungan dari memasukkan dana ke deposito akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menyimpan uang di tabungan.


Suku bunga yang lebih tinggi ini, membuat deposito begitu menarik dimata masyarakat. Karena, deposito sering kali dimanfaatkan untuk tujuan investasi. Kamu bisa menginvestasikan bunga deposito yang kamu dapatkan lewat sistem Automatic Roll Over (ARO). Dimana nantinya, bunga investasi deposito yang kamu miliki akan bertambah besar karena mungkin terjadi bunga majemuk.



3. Deposito Untuk Investasi, Tabungan Untuk Menabung


Biasanya, masyarakat menggunakan deposito sebagai pilihan instrument investasi untuk menyimpan dana darurat maupun dana pendidikan. Karena, deposito memiliki risiko investasi yang sangat rendah dan mudah dipahami jika dibandingkan dengan saham, reksa, dana maupun obligasi. Tabungan merupakan tempat untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, maupun simpanan untuk dana darurat.


Artikel Terkait:
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

pencarian yang banyak dicari:

  • deposito bri
  • perbedaan tabungan dan deposito dan giro
  • deposito adalah
  • contoh deposito
  • mengapa bunga deposito lebih tinggi daripada bunga tabungan
  • deposito bca
  • minimal deposito bri
  • jenis jenis deposito


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+