Iklan Header

Gaji Dokter Spesialis Serta Tunjangan

Editor: Garutselatan.info Sabtu, 25 Juni 2022, 00:00 WIB Last Updated 2022-06-24T17:00:00Z
Baca Juga

 Gaji Dokter Spesialis Serta Tunjangan - Gaji menjadi seorang dokter ini kerap sekali menjadi pertimbangan orang tua yang ingin mengarahkan anaknya untuk menjadi seorang tenaga medis. Meski bukan menjadi seorang parameter penting, kesehatan ini tentunya akan diutamakan dalam upaya untuk membantu dalam hal kemanusiaan.

 Gaji Dokter Spesialis Serta Tunjangan

Menjadi seorang dokter ini merupakan salah satu perwujudan jiwa sosial dan pengabdian sebagai faktor kualitasnya. Apalagi dalam masa seperti sekarang ini di mana penyakit pandemi covid-19 masih belum berakhir, pasalnya pengabdian seorang dokter ini akan menjadi salah satu perantara menyembuhkan setiap insan manusia yang sedang sakit dan tidak bisa dipandang sebelah mata saja.



Pekerjaan menjadi seorang dokter ini juga akan menuntut seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menjelaskan suatu diagnosis kepada pasien serta keluarganya. Selain itu menjadi seorang dokter tidak akan pernah mengenal yang namanya pensiun, jadi tidak heran lagi ketika kita masih banyak melihat dokter yang berusia lanjut tetap aktif dalam menangani pasien.



Untuk menjadi seorang dokter ini tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan, ada biaya terbilang cukup mahal bahkan sekolah kedokteran pun bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah sekaligus. Di luar itu semua gaji dokter yang telah praktik di rumah sakit ataupun membuka klinik sendiri memang terbilang kecil, namun faktor besaran penghasilan para dokter ini bisa dilihat dari daerah, lama masa kerja, dan kebijakan rumah sakit setempat.


Dokter Spesialis Apa yang Paling Mahal?



Dokter bedah mampu menghasilkan hampir 7 miliar lebih dengan. Pencapaian penghasilan gaji dokter bedah masuk ke profesi dengan pandangan paling tinggi, dengan gaji selangit ini seorang dokter bedah harus berhadapan dengan jam kerja yang panjang sekali dan mereka akan beroperasi selama waktu berjam-jam bahkan berhari-hari.


Berapa Gaji Dokter di Indonesia



Gaji pokok dokter umum dan PNS golongan 3A atau di bawah 5 hingga 10 tahun sekitar di bayar dengan gaji sebesar Rp2,4 juta hingga Rp2,7 juta-an, selain gaji pokok para dokter ini juga akan mendapatkan kapitasi BPJS yang rata-ratanya Rp5 ratus ribu hingga 1 juta.



Berdasarkan Junior Doctor Network (JDN) Indonesia tentang survei kesejahteraan dokter umum pada tahun 2018, ternyata gaji seorang dokter di Indonesia ini masih banyak yang belum memperoleh upah sesuai dengan kapasitasnya. Berdasarkan survei tersebut 83,85% dokter di Indonesia mendapatkan gaji yang tidak sesuai yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).



Baca Juga: Gaji Dosen PNS dan Swasta Serta Tunjangan

 



Lalu yang ditanyakan berapa gaji dokter spesialis? Yuk langsung saja ketahui dalam pembahasan di bawah ini.



Gaji Seorang Dokter Spesialis




Dokter spesialis akan mendapatkan gaji lebih tinggi dibanding dengan dokter umum lainnya seperti dokter gigi, gaji dokter spesialis ini per bulannya menurut Kementerian Kesehatan mencapai Rp23 juta hingga Rp25 juta. Gaji tersebut belum juga termasuk insentif tambahan dari pelayanan kesehatan, jika ditotalkan semua gaji dokter spesialis ini akan bisa mencapai 80 juta per bulannya.


Tunjangan Dokter Spesialis



Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 02.02/MENKES/412/2015, dokter spesialis ini akan mendapatkan tunjangan insentif sekitar Rp10 juta bahkan bisa yang mencapai 14 juta sekalipun.



Pendapatan atau gaji dokter spesialis yang terbilang cukup tinggi ini yaitu karena biaya persiapannya yang cukup besar. Sekolah kedokteran spesialis pun dapat mencapai Rp800 juta dan belum termasuk biaya ujian praktik, terkadang tentunya mereka pun perlu memerlukan seseorang mayat untuk praktikum guna mengasah kemampuannya.



Demikianlah Gaji Dokter Spesialis Serta Tunjangannya yang dapat admin sampaikan untuk anda yang ingin mengetahui lebih detailnya upah ataupun kisaran gaji menjadi seorang dokter spesialis.Semoga  dengan adanya informasi yang sudah admin sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan sekaligus bisa menjadi referensi yang baik.


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:  


  • berapa gaji dokter umum
  • berapa gaji dokter di puskesmas
  • gaji dokter spesialis tertinggi
  • gaji dokter spesialis bedah
  • gaji dokter umum 2021
  • gaji dokter spesialis penyakit dalam
  • gaji dokter umum di klinik
  • berapa gaji dokter gigi



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+