Iklan Header

Gaji Dokter Umum Serta Tunjangannya, Ingin Tahu?

Editor: Garutselatan.info Sabtu, 25 Juni 2022, 00:30 WIB Last Updated 2022-06-24T17:30:00Z
Baca Juga

Gaji Dokter Umum Serta Tunjangannya, Ingin Tahu? - Dokter merupakan salah satu seorang profesi yang sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan terutama pada saat pandemi covid-19 sekarang ini. Di dalam dunia kesehatan dokter termasuk salah satu profesi untuk mengabdi dan menyembuhkan seorang pasien yang sedang mengalami sakit.

Gaji Dokter Umum Serta Tunjangannya, Ingin Tahu?

Bekerja menjadi seorang dokter ini membutuhkan biaya yang cukup mahal dan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu berprofesi menjadi seorang dokter juga tidak akan mengenal masa pensiun dikarenakan masih banyaknya dokter yang berusia lanjut yang menangani pasien.


Biaya sekolah yang mahal pun sepadan dengan gaji dokter. Saat sekarang ini gaji dokter bisa berbeda-beda tergantung dengan masing-masing jabatannya, yaitu jabatan dokter umum, dokter PNS hingga dokter spesialis. Contoh dokter bergaji tinggi yaitu dokter bedah, dokter kandungan, psikiater, ahli anestesi, dan dokter spesialis lainnya. Gaji dokter ini bisa berbeda tergantung dengan masa kerjanya.


Dokter Apa Yang Memiliki Gaji Tinggi?



Profesi dokter dengan gaji tertinggi di dunia tahun 2022 ini yaitu dokter ahli bedah saraf. Bedah saraf ini adalah salah satu spesialis medis yang khusus menangani pembedahan sistem saraf. Tidak hanya operasi otak, spesialis bedah saraf juga mendiagnosis dan mengobati pasien dengan gangguan otak, sumsum tulang belakang, dan sayap di seluruh tubuh. Diketahui gaji seorang ahli bedah saraf ini bisa berpenghasilan sebanyak 5,4 miliar per tahunnya.



Gaji Dokter Umum




Profesi seorang dokter ini dipandang sebagai salah satu pekerjaan yang paling terhormat dan memiliki masa depan yang sangat cerah. Contohnya saja gaji dokter umum yang bisa bervariasi tergantung jabatan dan masa kerjanya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini memberikan rekomendasi minimal gaji untuk seorang profesi dokter.


Gaji dokter umum di beberapa daerah bisa mendapatkan gaji kurang dari Rp3.000.000 per bulannya. Umumnya dokter dengan penghasilan dibawah 3 jutaan ini bekerja di Puskesmas dan profesinya sebagai dokter pengganti. Berdasarkan hasil kajian insentif tenaga kesehatan di Puskesmas dan self-assessment tim Nusantara sehat batch 1 dan 2 gaji pokok rata-rata seorang dokter umum yang diterima adalag sebesar Rp3.849.573.


Gaji tersebut belum termasuk tunjangan insentif khusus tenaga kesehatan, tunjangan daerah, uang makan, uang transportasi, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk besaran gaji dokter bisa dibedakan ke dalam daerah terpencil, sangat terpencil dan biasa.



Berikut Daftar Gaji Dokter Sesuai dengan Daerahnya Masing-Masing



  • Gaji dokter di daerah sangat terpencil sebesar Rp2.220.000
  • Gaji dokter di daerah terpencil sebesar Rp3.252.606
  • Gaji dokter di daerah biasa sebesar Rp3.594.889

Gaji Dokter Spesialis



Dokter spesialis ini akan mendapatkan gaji lebih tinggi dibandingkan dengan dokter umum dan dokter lainnya seperti dokter gigi. Gaji dokter spesialis per bulan menurut Kementerian Kesehatan mencapai Rp23 juta sampai Rp25 juta. Gaji tersebut belum termasuk insentif tambahan dari pelayanan kesehatan, dan jika di totalkan semua gaji dokter spesialis ini bisa mencapai 80 juta per bulan.


Baca Juga: Gaji Dokter PNS Serta Tunjangan

 


Gaji Dokter Gigi



Gaji seorang dokter gigi bisa beragam sesuai jam kerja, keahlian jabatan, dan tempat praktik. Contohnya gaji dokter gigi di Puskesmas ini biasanya akan mencapai Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulannya. Sedangkan gaji dokter yang kerja di klinik ini bisa disesuaikan dengan jumlah pasien dan jam kerja, upah untuk merawat pasien ini biasanya akan mencapai Rp250.000 sampai Rp500.000.


Tunjangan Dokter Umum



Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 02.02/MENKES/412/2015 ini menjelaskan mengenai besaran penghasilan tenaga kesehatan pegawai tidak tetap. Pengumuman tersebut menjelaskan tentang besaran gaji dan tunjangan yang diberikan kepada dokter, dokter spesialis dan dokter gigi.



Setiap daerah akan mendapatkan gaji yang berbeda-beda dan berikut adalah rincian tunjangan seorang dokter umum, spesialis, dan dokter gigi. Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria di daerah terpencil akan mendapat Rp11.208.000. Tunjangan ini akan dipotong PPh sebesar 7,5% sehingga seorang dokter gigi akan mendapatkan insentif bersih sebesar 10.367.400.
 

Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria di daerah sangat terpencil akan mendapatkan insentif sebesar Rp14.110.000. Tunjangan ini dipotong PPh sebesar 7,5%, sehingga akan mendapat insentif bersih sebesar Rp13.051.750.
 

Tunjangan pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi di daerah terpencil akan mendapat sebesar Rp5.695.000. Tunjangan tersebut akan dipotong PPh sebesar 7,5%, sehingga akan mendapat insentif bersih sebesar Rp5.267.900. Tunjangan dokter atau dokter gigi kriteria di daerah yang sangat terpencil akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp8.281.000 dan dipotong PPH sebesar 7,5%, sehingga akan mendapatkan insentif bersih sebesar Rp7.659.900.



Nah, itulah Gaji Dokter Umum Serta Tunjangannya yang patut anda ketahui jika anda nantinya ingin berprofesi menjadi seorang dokter di masa yang akan mendatang. Begitupun di masa depan gaji seorang profesi dokter ini kemungkinan akan meningkat untuk setiap tahunnya, jadi bagi yang ingin menjadi seorang dokter harus bisa mempersiapkan modal awal dari sekarang juga.



pencarian yang banyak dicari:

  • berapa gaji dokter umum
  • gaji dokter spesialis tertinggi
  • gaji dokter per bulan
  • gaji dokter pns
  • gaji dokter umum di klinik
  • gaji dokter bedah perbulan di indonesia
  • gaji dokter umum di rumah sakit swasta
  • gaji dokter spesialis penyakit dalam


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+