Iklan Header

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kurs Valuta Asing (Valas)

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 25 November 2022, 13:08 WIB Last Updated 2023-01-08T01:36:09Z
Baca Juga
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kurs Valuta Asing (Valas) - Selamat siang, pada kesempatan kali ini Admin akan menyampaikan artikel mengenai jenis jenis valuta asing, Dalam dunia bisnis, pasti kita tidak asing dengan valas atau valuta asing, setiap valuta asing digunakan untuk diperjual belikan dalam pasar valas.
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kurs Valuta Asing 

 
Valuta asing adalah mata uang yang digunakan ketika melakukan perdagangan atau transaksi dengan skala internasional atau antarnegara. Namun, tidak semua mata uang asing bisa digunakan dalam proses transaksi perdagangan internasional. Valuta Asing termasuk kedalam devisa sebuah negara, karena semakin sering mata uang disuatu negara digunakan maka akan semakin menguntungkan untuk negara pemilik mata uang tersebut.
 

 Fungsi Valuta Asing


Dalam penggunaannya, fungsi valuta asing adalah;
 
  •  Sebagai alat pembayaran berskala internasional
  • Sebagai alat tukar berskala internasional
  • Untuk mengendalikan kurs mata uang
  • Untuk mempermudah aktivitas perdagangan antarnegara

b. Jenis-Jenis Valuta Asing


Jenis jenis valuta asing yang sering digunakan terbagi kedalam 2 jenis, yaitu;
 

  • Valas Fisik

Mata uang jenis yang digunakan adalah jenis uang yang sebenarnya atau yang biasa kita sebut dengan uang kartal. Artinya, proses transaksi yang terjadi dengan menggunakan uang logam maupun uang kertas.
 

  • Valas non Fisik

Jenis mata uang ini tidak menggunakan uang kertas maupun uang logam melainkan dengan surat berharga, atau sering disebut dengan uang giral. Proses transaksi ini biasanya menggunakan wesel, cek, atau surat berharga lainnya yang bisa menggantikan uang.



Baca Juga:Trading Dengan Menggunakan Pivot Point Terbaru


Pengertian Kurs Valuta Asing


kurs valuta asing adalah perbandingan antara nilai mata uang dalam negeri dengan mata uang asing. Penggunaan kurs valas ini sering kita temukan dalam proses transaksi atau perdagangan internasional.
 

Sistem Kurs Valuta Asing


Dalam pengaplikasiannya, kurs valas terbagi kedalam 3 sistem yaitu;
 

1. Sistem Kurs Tetap (Fixed Exchange rate)


Pada sistem ini, nilai tukar mata uang akan bersifat tetap. Artinya, nilai tukar mata uang ini akan mengikuti aturan yang dibuat oleh bank sentral.


2. Sistem Kurs Mengambang (Floating Exchange Rate)/ Kurs Bebas


Pada sistem ini, nilai tukar mata uang akan dipengaruhi oleh kekuatan pasar valas. Artinya, nilai tukar mata uang akan terus berubah.


3. Sistem Kurs Mengambang Terkendali


Bisa dibilang sistem ini merupakan gabungan dari sistem kurs tetap dan sistem kurs bebas. Pada sistem ini, pemerintah atau bank sentral dan pasar valas memiliki hak dan kemampuan yang sama untuk menentukan nilai tukar mata uang asing. Penentuan nilai tukar valas akan diserahkan ke pasar, namun setiap pergerakan harga tersebut akan terkontrol oleh pemerintah. Tujuannya untuk menghindari kenaikan dan penurunan yang terlalu ekstrem.



Jenis Kurs Valuta Asing


Setelah mengetahui pengertian, sistem kurs valas, selanjutnya yaitu jenis jenis kurs yang biasanya digunakan pada pasar valas;


1. Kurs Jual


Kurs Jual adalah harga dari mata uang asing yang diberikan oleh bank atau money changer yang ingin menjual valas kepada kita. Kurs ini akan digunakan ketika menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing. Dengan kata lain, Kurs jual ini merupakan harga jual dari mata uang asing dari money changer.


2. Kurs Beli


Kurs Beli merupakan nilai yang digunakan oleh bank atau money changer ketika akan membeli mata uang asing dari kita. Kurs ini yang akan digunakan saat menukarkan mata uang asing dengan rupiah. Dengan kata lain, kurs beli merupakan harga money changer tetapkan ketika akan membeli mata uang asing.


Demikianlah yang dapat Admin sampaikan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kurs Valuta Asing (Valas) 2022/2023 semoga bermanfaat


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+