Iklan Header

4 Cara Cek BPJS Kesehatan Sudah Bayar atau Belum Dengan Mudah 2023

Editor: Garutselatan.info Senin, 06 Maret 2023, 10:38 WIB Last Updated 2023-03-06T03:38:33Z
Baca Juga
4 Cara Cek BPJS Kesehatan Sudah Bayar atau Belum Dengan Mudah 2023- Pada kesempatan kali ini Admin akan menyampaikan artikel mengenai cara cek bpjs kesehatan sudah bayar atau belum dengan mudah dan cepat, dimana kini banyak masyarakat yang mencari tahu mengenai hal tersebut, lantas bagaimana caranya?


Cara Cek BPJS Kesehatan Sudah Bayar atau Belum

 
Sebelum kita membahas mengenai cara cek bpjs kesehatan sudah bayar atau belum, maka kita kenali terlebih dahulu mengenai BPJS itu apa. Simak ulasan dibawah ini Dengan Baik!
 

Apa Itu BPJS


BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah suatu lembaga pemerintah non-kementerian di Indonesia yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS dibentuk sebagai wujud kesadaran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial yang memadai bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama bagi mereka yang kurang mampu.


BPJS terdiri dari dua program jaminan sosial, yaitu:

  • BPJS Kesehatan, yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
  • BPJS Ketenagakerjaan, yang memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia.

Pada dasarnya, BPJS bertujuan untuk memberikan perlindungan dan akses terhadap layanan kesehatan dan perlindungan sosial lainnya bagi seluruh rakyat Indonesia, terlepas dari status sosial dan ekonomi mereka. BPJS juga memberikan kemudahan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat terhindar dari beban finansial yang berat akibat biaya kesehatan yang mahal.


Baca Juga:Cara Klaim BPJS Kesehatan


Lantas bagaimana cara cek BPJS Kesehatan sudah dibayar atau belum? Nah hal ini sering kali lupa ya sobat, namun perlu diingat kalian harus membayar bpjs dengan disiplin, agar dapat digunakan dengan mudah ketika diperlukan.
 

4 Cara Cek BPJS Kesehatan Sudah Dibayar Atau Belum



Kalian dapat melakukan pengecekan apakah BPJS Kesehatan sudah dibayar atau belum melalui beberapa cara, di antaranya:


  1. Melalui layanan SMS banking atau internet banking dari bank tempat kalian membayar BPJS Kesehatan. Biasanya, bank akan memberikan notifikasi pembayaran BPJS Kesehatan melalui layanan ini.
  2. Mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dan menanyakan apakah BPJS Kesehatan kalian sudah terdaftar sebagai peserta aktif dan sudah melakukan pembayaran.
  3. Melalui website BPJS Kesehatan di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/, kemudian masuk ke halaman "Pendaftaran Peserta" dan memasukkan nomor Kartu Keluarga atau nomor KTP kalian.
  4. Menggunakan aplikasi mobile BPJS Kesehatan yang dapat diunduh dari Google Playstore atau App Store, kemudian login menggunakan nomor Kartu Keluarga atau nomor KTP kalian.

Setelah melakukan pengecekan, jika ternyata BPJS Kesehatan belum dibayar, segeralah membayarnya agar status peserta aktif tetap terjaga dan kaliandapat terus menikmati manfaat dari program jaminan kesehatan ini. Jika memiliki kendala dalam mengecek atau membayar BPJS Kesehatan, sebaiknya menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan di nomor 1500400 untuk mendapatkan bantuan.
 

Nah itulah cara untuk mengecek BPJS kesehatan sudah dibayar atau belum, cukup mudah bukan?

Kesimpulan


BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah suatu lembaga pemerintah non-kementerian di Indonesia yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Wajib dibayar agar status peserta aktif tetap terjaga dan kaliandapat terus menikmati manfaat dari program jaminan kesehatan ini.
 

Demikianlah yang dapat Admin sampaikan mengenai Cara Cek BPJS Kesehatan Sudah Bayar atau Belum Dengan Mudah 2023, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+