Iklan

RPP PJJ Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan

Garut Selatan
Jumat, 13 November 2020, 19:02 WIB Last Updated 2020-11-13T12:05:08Z
Baca Juga
Tujuan pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dilingkungannya, menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang, dengan teliti dan percaya diri.





Dilakukan melalui dua kegiatan :

Kegiatan 1 : Sampah yang menumpuk di sekitar lingkungan kita tentu akan mengganggu kelestarian sumber daya alam dan mencemari lingkungan. Oleh sebab itu, sampah harus diolah dengan baik agar dapat dikurangi sehingga tidak terjadi penumpukan.


Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan 5R, yaitu: Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyaksikan tayangan berikut ini!




Setelah menyimak tayangan tadi. Sajikanlah upayaupaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah tersebut dalam bentuk peta pikiran seperti di bawah ini!

Mengolah Sampah : 
1 ...............
2 ...............
3 ...............
4 ...............
5 ...............

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian foto dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!


Artikel Menarik : 


Kegiatan 2 : Mengolah sampah termasuk kegiatan melestarikan sumber daya alam karena kita menggunakan barang-barang bekas.


Salah satu pekerjaan yang memanfaatkan barang bekas adalah pengrajin cenderamata seperti yang dijelaskan pada video tadi. Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.


Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.


Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.  Apa saja produk yang dihasilkan pengrajin cendera mata?
2. Menurutmu, pengrajin cendera mata termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan!
3.  Sikap apa yang dapat kamu contoh dari pengrajin barang bekas?
4. Apakah di sekitar tempat tinggalmu terdapat pekerjaan yang memanfaatkan barang-barang bekas menjadi kerajinan atau sejenisnya? Bagaimana dampak kegiatan tersebut terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!



Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+