Iklan Header

Kenaikan Harga Emas Per Tahun

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 28 Januari 2022, 10:50 WIB Last Updated 2022-01-28T03:50:37Z
Baca Juga

Kenaikan Harga Emas Per Tahun – selamat pagi sahabat pembaca dimanapun Anda berada semoga selalu ada dalam lindungan Allah SWT, aamiin.

Kenaikan Harga Emas Per Tahun

Pada tahun 2020, harga emas mengalami kenaikan dari ratusan ribu sebelum pandemi covid-19 hingga Rp 1 juta/gram. Jika kita melihat sebagai sarana investasi dengan bentuk aset riil, emas memang menjadi barang investasi yang bisa mengalahkan inflasi. Meskipun mengalami fluktuasi harian, namun dalam jangka waktu yang panjang harga emas akan terus mengalami kenaikan.


Pada awal bulan Agustus 2020, PT Pegadaian (Persero) menyatakan bahwa investasi emas semakin diminati seiring dengan harga komoditas yang terus meningkat setiap harinya.


Jika seseorang membeli emas pada awal bulan Agustus 2019 misalnya dengan harga Rp 720 ribu/gram, dengan harga buyback pada tanggal 25 Agustus 2020 sebesar Rp 971 ribu/gram maka dia sudah untung 34,9% dalam kurun waktu 1 tahun. Namun menurut data historis pada tahun 2018, jika seseorang membeli emas di akhir bulan Agustus 2017 dan menjualnya di akhir Agustus 2018 maka kemungkinan besar keuntungannya hanya 2% saja.


Hal ini menujukkan bahwa emas bukanlah investasi dengan tingkat pengembalian pasti, ada saatnya di jangka pendek kenaikan harga emas terlihat signifikan, begitupun sebaliknya. Sebagai sarana investasi yang dikenal dengan istilah safe haven, kenaikan harga emas biasanya disebabkan oleh kondisi perekonomian atau pasar yang tidak stabil.


Dengan adanya emas, bisa dimanfaatkan sebagai pelindung fluktuasi nilai investasi terutama jika kita memiliki aset berupa saham. Kondisi perekonomian yang buruk akan menjadi pemicu turunnya harga saham di pasar modal, sehingga menyebabkan banyak investor yang mencairkan aset sahamnya untuk dibelikan emas. Karena disaat perekonomian terpuruk, emas bisa membantu mengamankan nilai modal investasi yang menurun di pasar modal.


Baca Juga: Saham Bank Net Indonesia Syariah 


Sebaliknya, jika kondisi perekonomian membaik , maka investor cenderung akan meninggalkan emas dan memindahkan dana mereka kembali ke saham. Ketika harga emas mengalami penurunan, maka hal itu akan menjadi kesempatan yang bagus untuk kita membelinya. Namun, ada hal perlu kita ingat bahwa investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, jangan berharap harga emas yang dibeli akan mengalami kenaikan yang signifikan dalam waktu dekat.


Perencanaan pengembangan dana memang wajib untuk dilakukan oleh setiap orang lantaran dengan seiring berjalannya waktu, nanti akan ada inflasi yang membuat nilai uang tidak berharga lagi di masa depan. Perencanaan bisa dilakukan dengan cara membeli emas atau aset yang lain untuk berinvestasi.

Artikel Terkait:

Dengan adanya analisis diatas semoga bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli emas, baik untuk keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang.

Semoga bermanfaat.

pencarian yang banyak dicari:

  • grafik harga emas 5 tahun terakhir
  • harga emas tahun 2000 sampai 2020
  • harga emas 2010 sampai 2020
  • grafik harga emas 20 tahun terakhir
  • grafik harga emas 30 tahun terakhir
  • harga emas tahun 2000 per gram
  • grafik harga emas 10 tahun terakhir
prediksi harga emas 2021


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+