Iklan Header

Pengertian Kerjasama

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 10 Januari 2022, 11:00 WIB Last Updated 2022-01-10T04:00:53Z
Baca Juga

Pengertian kerjasama - selamat siang sahabat GSN, semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan, aamiin. Kali ini kita akan menjelaskan tentang kerjasama.

Pengertian Kerjasama


Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting untuk kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan. Kerjasama bisa terjadi ketika individu individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kerjasama yang sama untuk mencapai tujuan dan kepentingan yang sama.

 

Pengertian kerjasama menurut para ahli


Menurut sosiologi kerjasama ialah bentuk interaksi sosial dengan sifat asosiatif yang terjadi ketika ada kelompok masyarakat yang punya pandangan sama untuk mewujudkan tujuan yang sama.

1. J. Pamudji Sutandar

Menurut J.Pamundji Sutandan, kerjasama ialah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antar individu dan bekerja bersama sama sampai terwujudnya tujuan yang dinamis.

2. Charles H Cooley

Menurut Charles H Cooley, berpendapat bahwa kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus mempunyai pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.

3. Rosen E.D

Menurut Rosen E.D, Kerjasama adalah sumber yang dianggap sangat efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerjasama Bidang ekonomi khususnya jual beli.

4. Aan Marie Thomson dan James L perry

Menurut Thomson dan Perry, kerjasama ialah kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi dalam suatu kegiatan kerjasama.

5. Hessel Nogi S. Tangkilisan

Menurut Hassel, kerjasama ialah Sumber kekuatan yang muncul dalam Sebuah organisasi sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga tindakan organisasi.

Pengertian kerjasama dalam bisnis

Menurut business dictionary, Kerjasama adalah pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh dua bidang usaha atau lebih.

Bentuk bentuk kerjasama

1. Bagi hasil

Ini adalah bentuk kerjasama bisnis yang paling sederhana. Dalam dunia kemitraan, sistem bagi hasil biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis kecil.

2. Membuat peluang usaha

Sistem ini biasa dikenal dengan business oportunity yang menawarkan keuntungan pada orang lain atau badan usaha.

3. Bluid, operate, and transfer (BOT)

Jenis Kerjasama ini biasanya dipakai oleh bisnis properti. Sistem BOT ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah untuk diajak kerjasama. Biasanya tanahnya dioperasikan untuk membangun usaha dalam jangka waktu tertentu.

4. Joint Venture

Joint Venture adalah sistem patungan yang dilakukan oleh beberapa orang. Yang menguntungkan dari sistem ini adalah pembagian resiko. Selain itu joint vanture ijinjuga termasuk dalam kegiatan pemodal asing dan ini juga sudah diatur oleh pemerintah. Tentu saja Kerjasama ini sangat menguntungkan, Antara lain:

- Mendapatkan modal dari asing.

- Mendapatkan lebih banyak pengalaman karena kita juga bisa mempelajari menejemen mereka.

- Bisa menembus pasar luar negeri.

- Akses pihak asing menembus sumber lokal jadi jauh lebih mudah.

- Dengan menggunakan mitra lokal, pihak asing jadi lebih mudah mencapai pasar domestik.

5. Merger

Merger adalah penggabungan dengan melibatkan dua perseroan atau lebih yang nanti melahirkan perseroan baru.

6. Konsolidasi

Perbedaan antara merger dan konsolidasi adalah merger adalah salah satu perusahaan yang masih berdiri dan melebur yang lain, sementara konsolidasi melebur dua atau lebih perusahaan yang melahirkan nama baru. Karena semua perusahaan sudah melebur, maka status hukumnya sudah hilang.

7. Waralaba atau Franchising

Franchise adalah pemanfaatan kekayaan intelektual sebuah bidang usaha/ merek yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Nah, itulah pengertian tentang bisnis, dan bentuk kerjasama bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat GSN, jangan lupa share ya. Sekian terima kasih


pencarian yang banyak dicari:
  • pengertian kerjasama dan contohnya
  • manfaat kerjasama
  • apa pengertian kerjasama pkn
  • pengertian kerjasama kelompok
  • apa pengertian kerjasama brainly
  • 5 manfaat kerjasama
  • pengertian kerjasama menurut para ahli
  • contoh kerjasama


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+