Iklan Header

Pengertian Pendidikan

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 10 Januari 2022, 11:46 WIB Last Updated 2022-01-10T04:46:40Z
Baca Juga

Pengertian pendidikan - selamat malam sahabat GSN semoga senantiasa diberikan kesehatan serta kemudahan di dalam setiap urusan, Aamiin. Kali ini kami akan menjelaskan tentang Pengertian pendidikan.

Pengertian Pendidikan


Dalam bahasa Inggris pendidikan berarti education. Sedangkan dalam bahasa latin ialah educantum yang berasal dari kata E dan Duco. E berarti perkembangan dari luar dan dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menjadi banyak.

 Sedangkan Duco berarti sedang berkembang. Disinilah, pendidikan juga disebut sebagai upaya guna mengembangkan kemampuan diri.

Menurut Wikipedia pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan. 

Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran ataupun pelatihan.

  Baca Juga: pengertian pancasila


Pengertian pendidikan menurut ahli pendidikan

Ki hajar dewantara Mengemukakan bahwa pengertian pendidikan ialah tuntunan tumbuh dan berkembang nya anak.

  • Ahmad D. Rimba, pendidikan ialah bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik dengan tujuan membentuk kepribadian yang utama secara jasmani dan rohani.
  • Martinus Jang langeveld, pendidikan adalah upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara Oral dan susila. Dalam hal ini pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.
  •  Carter V. Good, Pendidikan adalah suatu upaya untuk mengembangkan kecakapan individu, baik secara sikap maupun masyarakat. Dengan kata lain pendidikan adalah proses sosial dimana Lingkungan yang teroganisir seperti sekolah dan rumah, mampu memengaruhi seseorang untuk Mengembangkan kecakapan sikap dan perilaku dalam diri sendiri dan masyarakat.
  • H. H Horne, pendidikan adalah sebuah alat dimana komunitas sosial mampu melanjutkan keberadaan dalam mempengaruhi diri sendiri dan mempertahankan idealisme
  •  Stella Van petten Henderson, pendidikan adalah sebuah kombinasi antara pertumbuhan dan pengembangan diri serta warisan sosial.
  • Gunning dan Kohnstamm, pendidikan adalah Sebuah proses pembentukan dan pembangunan hati nurani, dimana seseorang mampu membentuk serta menundukkan diri secara etis berdasarkan hati nurani.

Pendidikan juga bisa dijalani melalui 2 hal yakni pendidikan formal dan non formal


  • Pendidikan formal, adalah pendidikan yang bisa didapat dengan mengikuti kegiatan atau program pendidikan yang terstruktur serta terencana oleh badan pemerintahan misalnya,melalui sekolah atau universitas.
  •  Pendidika non formal, adalah pendidikan yang bisa didapat melalui aktivitas kehidupan sehari hari yang tak terikat oleh lembaga bentukan pemerintah, misalnya belajar melalui pengalaman, belajar sendiri melalui buku bacaan, serta belajar melalui pengalaman orang lain.

Tujuan pendidikan


Di dalam UU. No 2. Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 3 disebutkan tentang tujuan pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cerdas, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.

Fungsi pendidikan


Menurut pendapat Horton dan Hunt, Lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifest) yakni sebagai berikut:

- Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah

- Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat

- Melestarikan kebudayaan

- Menanamkan keterampilan yang perlu bagi lertisipasi dalam demokrasi.

Menurut David popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:

- Transmisi (pemindahan) kebudayaan

- Memilih dan mengajarkan peranan sosial

- Menjamin integrasi sosial

- Sekolah mengajarkan corak kepribadian

- Sumber inovasi sosial

Nah,itulah penjelasan tentang pengertian pendidikan, jenis dan fungsi pendidikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat GSN. Jangan lupa share ya, sekian terima kasih.


pencarian yang banyak dicari:

  • pengertian pendidikan pdf
  • makalah pengertian pendidikan
  • pengertian pendidikan menurut para ahli
  • pengertian pendidikan jurnal 2020
  • artikel pengertian pendidikan
  • pengertian pendidikan menurut para ahli pdf
  • pengertian pendidikan dan contohnya
  • pengertian pendidikan islam



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+