Iklan Header

Pengertian Toleransi

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 10 Januari 2022, 12:51 WIB Last Updated 2022-01-10T05:51:38Z
Baca Juga

Pengertian toleransi - Selamat siang sahabat GSN semoga selalu di beri kesehatan dan diberikan kemudahan dalam setiap urusan, Aamiin. Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Toleransi.

Pengertian Toleransi


Secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa latin yaitu, ‘tolerance’ yang berarti menahan diri, secara terminologi, toleransi adalah sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, membiarkan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

Toleransi juga bisa diartikan kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri dari hal hal yang tidak sejalan dengan nya. Salah satu bentuk toleransi adalah menunjukkan rasa hormat kepada orang lain atau kelompok yang berbeda pendapat, agama, budaya, dan ras. Dengan sikap toleran, diskriminasi antar golongan dapat dihindari.

Menurut bahasa toleransi dimaknai sebagai kemampuan setiap orang untuk menahan diri dari bersabar dan hal hal yang tidak sejalan dengan nya. Hakikatnya, toleransi yaitu sikap yang menghadirkan kebaikan untuk dapat hidup saling berdampingan tanpa memandang perbedaan. Walaupun dari latar belakang agama, suku, dan budaya yang berbeda beda.

Baca Juga: pengertian pendidikan


Pengertian toleransi menurut para ahli


1. Max isaac dimont

Pengertian toleransi max isaac dimont adalah sikap untuk mengakui perdamaian dan tidak menyimpang dari norma norma yang berlaku dan yang diakui.

2. Tillman

Pengertian toleransi menurut Tillman adalah sikap saling menghargai dengan tujuan perdamaian. Toleransi disebut sebut sebagai faktor esensi dalam terciptanya perdamaian.

3. Fiedhrich heiler

Pengertian toleransi menurut fiedhrich heiler adalah sikap seseorang untuk mengakui adanya pluralitas agama tersebut. Menurutnya para pemeluk agama ini memiliki hak menerima perlakuan sama dari semua orang.


Manfaat toleransi


1. Menguatkan tali persaudaraan, adanya toleransi setiap orang akan lebih menghargai perbedaan suku, budaya, dan agama yang tersebar di Indonesia. Hal ini juga dapat melahirkan rasa kasih sayang terhadap setiap perbedaan yang ada.

2. Menciptakan keharmonisan dan kedamaian, toleransi menghasilkan sikap seseorang dimana mereka dapat menghargai pendapat orang lain. Sikap hal inilah yang mampu membantu menciptakan keharmonisan dan kedamaian.

3. Menumbuhkan dan menguatkan rasa nasionalisme, toleransi juga mampu menumbuhkan serta menguatkan rasa nasionalisme seseorang.

4. Melancarkan pembangunan negara, dengan adanya toleransi, dipercaya mampu mempercepat pembangunan menjadi lebih maju, sebab semua warga negara telah memiliki pandangan serupa terkait perbedaan.

5. Meningkatkan kekuatan iman, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki beragam Agama. Dengan adanya toleransi, setiap orang akan bisa lebih menghargai agama orang lain, khususnya sedang dalam beribadah.

  • . Toleransi beragama, jenis toleransi ini merupakan jenis toleransi yang kuat untuk di pertahankan, seperti namanya toleransi jenis ini merupakan sikap saling menghormati serta menghargai perbedaan agama.
  • Toleransi budaya, jenis toleransi ini sebagai bentuk konsekuensi terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.
  • Toleransi politik, hal ini lebih mengarah pada bentuk menghormati pendapat politik orang lain. Perlu di ingat, setiap warga negara memiliki hak politik serta kebebasan dalam menentukan pendapatnya. Asal tidak bertentangan dengan dasar negara.
Nah itulah pengertian, jenis dan manfaat dari toleransi, semoga bermanfaat untuk sahabat GSN. Jangan lupa share ya. Sekian terima kasih

pencarian yang banyak dicari:
  • pengertian toleransi dalam islam
  • pengertian toleransi dan contohnya
  • pengertian toleransi dalam islam dan contohnya
  • contoh toleransi
  • manfaat toleransi
  • apa pengertian toleransi menurut anda dan berikan contohnya
  • contoh sikap toleransi di sekolah
  • sebutkan tiga hikmah bersikap toleransi



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+