Iklan Header

Kerugian Investasi Emas Antam

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 05 Februari 2022, 09:16 WIB Last Updated 2022-02-05T02:16:58Z
Baca Juga
k

erugiaan investasi emas antam - selamat malam nih sahabat GSN, apa kabarnya?semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan serta perlindungan oleh allah, Aamiin

 Kerugian  Investasi Emas Antam



Emas bisa dijadikan alternatif investasi jangka panjang. Ketika sahabat ingin investasi jangka pendek. Atau ingin cepat mendapatkan keuntungan, maka investasi emas bukanlah pilihan terbaik. Kalian bisa saja rugi, ketika berinvestasi emas. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa investasi emas memiliki kekurangan.



Inilah 10 Kekurangan Investasi Emas Yang Perlu Diketahui:


1. Risiko Kehilangan yang Besar


Kekurangan dari investasi emas yang pertama adalah ketika hilang. Risiko hilang ini sangat besar. Bisa hilang dicuri, hilang lupa menyimpan, atau hilang tanpa diketahui alasannya. Ketika emas hilang, maka tidak ada penjaminnya. Yang tersisa, mungkin hanya surat-suratnya saja. Dan ini sudah tidak ada harganya. Kemudian, ketika emas yang diinvestasikan hilang, maka uang yang sudah diinvestasikan artinya hilang semuanya. Tidak ada yang tersisa.


Sebenarnya ada cara untuk mensiasati agar emas tidak hilang. Kalian bisa menyimpan emas di Bank—biasanya ada layanan penyewaan berangkas untuk penyimpanan emas. Namun ya itu, kekuranganya sahabat Gsn, harus mengeluarkan biaya lebih.


2. Kenaikan Harga Emas Relatif Lambat


Harga emas relatif stabil. Jarang sekali turun dan andai naik—tidak akan cepat. Istilahnya naik merangkak. Kenaikan emas yang merangkak ini—tidak cocok untuk dijadikan investasi jangka pendek. Karena kalian tidak akan mendapatkan keuntungan di waktu yang singkat. Investasi emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang. Istilahnya menabung jangka panjang. baru bisa memanen hasilnya.


3. Harga Emas Tidak Bisa Dipastikan


Harga yang tidak menentu bisa menyebabkan kerugian investasi emas. Karena kita tidak akan tau kapan bisa untung dan kapan bisa rugi. Hal ini—juga menjadi masalah besar bagi para investor. Mereka tidak bisa memprediksi nilai investasi yang dibeli. Jadi emas lebih banyak digunakan untuk menabung. Ketimbang untuk investasi.


4. Ada Potongan pada Harga Jual


Pada emas, ada harga jual dan ada harga beli. Nah, ini menjadikan emas kurang cocok untuk diinvestasikan. Karena ketika menjual emas, biasanya ada potongan dari harga beli. Ini akan dikalkulasikan dengan harga emas yang beredar saat itu.


Potongan tersebut sekitar 1-10%, tergantung tempat menjual emasnya. Biasanya memiliki kebijakan yang berbeda. Kondisi tersebut mengakibatkan—jika investasi emas dengan skala kecil, tentu akan rugi. Namun jika dalam skala besar, kamu bisa untung meski ada potongan.



Baca Juga: Jenis Jenis Investasi Dan Penjelasannya


5. Relatif Lama untuk Mendapat Untung


Investasi emas adalah investasi yang santuy ya sahabat Gsn, Ketika sahabat terburu-buru ingin mendapatkan untung. Maka kurang cocok nih, Investasi emas memang relatif menguntungkan, tapi kalian harus menunggu waktu. Menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya kembali.


6. Ada Biaya Penyimpanan


Pada poin pertama sudah sedikit diulas, agar investasi emas lebih aman, kamu harus menyimpannya di berangkas penyimpanan. Jasa penyimpanan di berangkas ini biasanya ada di bank-bank. Nah, untuk menyimpan emas di berangkas, sahabat harus mengeluarkan biaya penyimpanan. Tentu, jika emas yang kamu miliki masih sedikit. Ini sangat merugikan. Dan tidak recommended!


7. Emas Tidak Punya Nilai Manfaat


Sebagian orang berpendapat bahwa; “Investasi itu harus memiliki nilai manfaat”. Sepertihalnya investasi tanah, selain punya nilai investasi—juga memiliki nilai manfaat. Manfaatnya yaitu tanah bisa diolah, dan dipanen hasilnya.



Nah, pada investasi emas, tidak bisa demikian. Investasi emas hanya berupa harta saja. Tidak bisa digunakan dan tidak bisa dipanen manfaatnya. Sehingga ini menjadi salah satu kekurangan investasi emas. Jika dibandingkan dengan investasi lainnya.


8. Investasi Emas Rawan Penipuan


Dunia investasi emas rawan sekali penipuan. Ini merupakan kerugian investasi emas. Banyak oknum-oknum yang tega menipu para pemula untuk berinvestasi emas. Padahal itu adalah investasi bodong. Atau emas yang ditawarkan merupakan emas palsu.


Maka dari itu, jika kalian masih pemula, ada baiknya lebih berhati-hati. Terutama ketika membeli emas untuk investasi. Pastikan emas tersebut benar-benar asli. Dan lembaga yang menjualnya benar-benar terdaftar dan diakui oleh Negara.


9. Susahnya Menjual Emas Ketika Mendesak


Kelemahan ketika investasiemas berikutnya yaitu—ketika mendesak, kamu tidak bisa langsung menjualnya. Harus ada prosedur atau cara yang kamu tempuh. Apalagi emas yang kamu miliki skalanya besar. Sehingga butuh waktu untuk mendapatkan dana yang mendesak. Namun, jika emas masih skala kecil. Atau hitungan gram, ini bukanlah masalah yang besar. Banyak cara untuk menjual emas. Tapi kalau di jual, ketika masih sedikit. Namanya bukan investasi lagi dong iyakan guys?


10. Investasi Emas Butuh Kesabaran

Terakhir, poin paling penting ketika kalian berniat berinvestasi emas adalah, harus memiliki kesabaran ekstra. Jangan latahan yang bawaannya ingin jual emas dengan cepat. Padahal, belum menguntungkan, dan waktunya belum tepat. Maka dari itu investasi emas bisa dikatakan investasi kesabaran. betul gak sih sahabat?


Artikel Terkait:


Oke sahabat GSN, Demikianlah pembahasan Seputar kerugian investasi emas antam yang wajib diketahui. Semoga menjadi referensi yang baik,  Terimakasih!


pencarian Yang Banyak Dicari:

  • keuntungan investasi emas dalam setahun
  • cara investasi emas antam
  • cara investasi emas pemula
  • keuntungan investasi emas di pegadaian
  • investasi emas antam di pegadaian
  • kelebihan dan kekurangan investasi emas
  • risiko investasi emas digital
  • investasi emas terbaik



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+