Iklan Header

Pengetian, Jenis, dan Fungsi Pasar Valuta Asing (Pasar Valas) Lengkap

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 30 Januari 2023, 06:42 WIB Last Updated 2023-01-29T23:42:30Z
Baca Juga
Pengetian, Jenis, dan Fungsi Pasar Valuta Asing (Pasar Valas) Lengkap - Selamat malam, pada kesempatan kali ini Admin akan menyampaikan artikel mengenai jenis jenis pasar valuta asing, seperti yang sudah diketahui Pasar Valas merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli mata uang asing. Aktivitas yang dilakukan di pasar valas ini bisa dilakukan oleh perorangan maupun perusahaan bahkan pemerintah sekalipun.

Pengetian, Jenis, dan Fungsi Pasar Valuta Asing (Pasar Valas)


Pelaku pasar valuta asing yang terlibat biasanya terdiri dari Bank Umum, Bank Sentral, para dealer valas, dan para agen retail valas, hingga perusahaan jasa penukaran mata uang asing.

 

4 Jenis Pasar Valas



Jenis jenis valuta asing yang harus kalian ketahui sebelum menjual dan membeli mata uang asing,ada 4 diantaranya;
 

1. Pasar Spot


Didalam pasar spot, proses penukaran mata uang asing (Valas) ini menggunakan kurs spot atau nilai tukar mata uang asing. Pasar Spot merupakan pasar untuk melakukan transaksi pertukaran mata uang asing yang dilakukan dengan segera, paling lambat 2 hari kerja.


2. Pasar Forward


Pasar Forward ini menggunakan kontrak forward, yaitu kesepakatan yang berhubungan dengan pertukaran dua mata uang asing yang dilakukan pada suatu waktu dimasa yang akan datang yang telah disepakati sebelumnya. Proses transaksinya jug bisa dilakukan melalui telepon atau lewat chat.


3. Pasar Futures


Pasar Futures merupakan pasar dengan kontrak perdagangan mata uang asing untuk menetapkan besarnya volume perdagangan mata uang asing pada waktu, harga, dan tempat yang telah disepakati. Dalam pasar ini memperdagangkan kontrak future yang didasarkan pada sekuritas jangka pendek, seperti emas dan mata uang asing.



Baca Juga:6 Pola Candlestlick Bullish Olymp Trade Penghasil Cuan

 


4. Pasar Opsi


Option Market atau Pasar opsi merupakan pasar dengan kontrak yang didasarkan pada hak untuk memilih menggunakan opsi atau tidak. Currency option contract adalah jenis kontrak alternatif yang bisa dibeli dan dijual oleh kita ataupun perusahaan.

 

Pialang akan memberikan syarat, yaitu harus ada margin sepanjang kontrak berlangsung. Margin tersebut bisa ditingkatkan bagi nasabah yang memiliki posisi opsinya memburuk. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi dari kerugian, jika nasabah tidak bisa memenuhi kewajibannya. Opsi mata uang ini dikelompokkan menjadi opsi beli (call options) dan opsi jual (put options).


Fungsi Pasar Valas



 Adapun fungsi pasar valuta asing adalah:


  •  Mempermudah proses pertukaran mata uang asing dan pemindahan dana dari satu negara ke negara yang lain, sehingga akan memungkinkan terjadinya kliring internasional. Fungsi Kliring internasional ini berperan penting dalam memfasilitasi pedagangan internasional dan pasar modal
  • Perdagangan internasional ini bergantung pada fasilitas kredit. Sebagai penyedia kredit, pasar valas ini akan mempermudah pelaksanaan perjanjian atau kontrak jual beli dengan sistem kredit
  • Pasar valas akan menyediakan fasilitas hedging atau lindung nilai, yang mengacu pada perlindungan risiko ekspor dan juga menyediakan mekanisme bagi ekportir dan importer untuk melindungi diri dari risiko fluktuasi nilai tukar. Sehingga asar valas akan memberikan kemungkinan hedging yaitu akan membatasi risiko terhadap kemungkinan perubahan harga mata uang asing.
  •  Dalam pasar valas, seseorang bisa melakukan spekulasi, menerima, dan mencari risiko untuk mendapatkan keuntungan.


Demikianlah yang dapat Admin sampaikan mengenai Pengetian, Jenis, dan Fungsi Pasar Valuta Asing (Pasar Valas) lengkap semoga bermanfaat


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+