Iklan Header

Daftarkan dan Upload Jurnal Profesi PTK/PTS Ke LPMP Jabar, Terbit Juli 2021

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 29 Januari 2021, 09:19 WIB Last Updated 2021-01-29T02:30:55Z
Baca Juga

Sehubungan dengan salah satu tugas LPMP yaitu melakukan penyajian dan penyebarluasan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah, maka LPMP Jawa Barat menerbitkan media informasi antara lain berupa Jurnal Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS)



Oleh sebab itu, mohon kiranya Bapak/ibu Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di wilayah Jawa Barat untuk dapat berkontribusi dalam mengisi Jurnal LPMP Jawa Barat yang akan tebit pada bulan Juli Setiap tahunnya.


Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :


Pernah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTS) atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dalam kurun waktu maksimal tiga tahun terakhir Hasil PTK/PTS tersebut belum pernah dan tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal/media publikasi lain.


Melakukan pendaftaran pada link http://ringkas.kemdikbud.go.id/jurnaljabar2021 dengan melampirkan/mengunggah file laporan PTK/PTS beserta lampiran-lampirannya (apelan/hasil penilaian Angka Kredit Penelitian akan menjadi prioritas) dan draft karya tulis ilmiahnya dalam bentuk file pdf atau doc dengan kapasitas masing-masing maksimal 5 Mb.


Artikel Menarik :


Dari sejumlah pendaftar yang masuk, kami akan melakukan seleksi sehingga didapatkan 14 - 15 orang calon kontributor untuk dilakukan pendampingan dan bimbingan lebih lanjut mengenai penulisan jurnal dari mitra bestari dan tim reviewer LPMP Jawa Barat. Calon Kontributor yang di dampingi akan mendapatkan sertifikat digital setara dengan minimal 32 Jam Pelajaran.


Pendaftaran paling lambat sampai dengan tanggal 26 Februari 2021 Dibawah ini kami lampirkan acuan penulisan Jurnal LPMP Jawa Barat.


ACUAN PENULISAN JURNAL PENGEMBANGAN PROFESI LPMP JAWA BARAT


  1. Naskah yang dapat dimuat dalam jurnal ini adalah Karya Tulis Ilmiah yang berupa hasil Penelitian Tindakan Kelas atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).
  2. Naskah belum pernah dan tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal/media publikasi lain.
  3. Naskah yang dikirimkan bukan berasal dari Skripsi, Tesis dan Disertasi.
  4. Format naskah : (a). Dibuat dalam bentuk dua kolom dan 1 spasi. (b). Ukuran kertas yang digunakan A4 (210 mm x 297mm) dengan batas (margin) 2 cm untuk setiap tepi. (c). Ditulis dengan rata kiri-kanan (justified).  (d). Diketik menggunakan jenis huruf Arial (font size: 11).  (e). Jumlah halaman 10 sampai dengan 14.
  5. Ketentuan judul : (a). Judul ditulis dengan huruf capital (maksimal 15 kata), menggunakan jenis huruf Arial ukuran 14 Bold dan menyertakan sub judul. (b). Menggunakan kalimat yang spesifik dan efektif serta up to-date (mengikuti perkembangan terkini baik teori maupun metode terkait PTK/PTS). (c). Di bawah judul, harap dicantumkan identitas penulis (nama penulis, asal Lembaga)
  6. Isi naskah meliputi Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, serta Daftar Pustaka. Uraian setiap bagian ditulis secara proporsional.
  7. Sistematika naskah sebagai berikut: (a). ABSTRAK ditulis dalam Bahasa Indonesia (satu spasi) dengan jumlah kata antara 150- 250 kata, dan di bagian bawahnya terdapat 1 -5 kata kunci sebagai cerminan konsep yang terkandung dalam naskah. (b). PENDAHULUAN (10%), meliputi latar belakang yang menggambarkan kondisi ideal dan didukung oleh teori yang relevan, kondisi nyata, gap dan solusi, serta perumusan masalah, dan tujuan penelitian. (c). METODE (20%), berisi rancangan penelitian/siklus PTK/PTS minimal dua siklus (setiap satu siklus minimal dua pertemuan), subjek penelitian, sumber data, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data dan deskripsinya. HASIL DAN PEMBAHASAN (50%), mencantumkan hasil penelitian yang terdiri dari minimal dua siklus, adanya uraian tiap fase penelitian, pembahasan yang didukung dengan teori dan penelitian orang lain yang relevan serta refleksi. (e). KESIMPULAN (20%), terdapat jawaban permasalahan penelitian. (f). DAFTAR PUSTAKA, Format penulisan Daftar Pustaka dan citasi menggunakan gaya penulisan American Psychology Association (APA).
  8. Ketentuan Tabel dan Gambar : (a). Diberi nomor urut sesuai urutan pemunculannya. (b). Jelas terbaca dan dapat dicetak dengan baik. (c). Tabel maupun gambar grafis dari Microsoft Excel, agar menyertakan file asli (excel atau jpeg, dengan resolusi minimal 150 mp). (d). Naskah akan dicetak dalam format hitam putih sehingga untuk gambar grafik harus hitam putih. (e). Judul tabel berada diatas tabel itu sendiri dengan menggunakan jenis huruf Arial (10) dan rata tengah disertai dengan nomor urut tabel. (f). Judul gambar berada di bawah gambar itu sendiri dengan menggunakan jenis huruf Arial (10) dan rata tengah disertai dengan nomor urut gambar.
  9. Naskah artikel dalam bentuk soft copy dikirim melalui email si.lpmpjabar@kemdikbud.go.id
  10. Naskah yang diterima akan ditinjau oleh tim Reviewer untuk dinilai sistematika penulisannya sehingga naskah tersebut dapat dinyatakan layak/tidaknya untuk diterbitkan di jurnal.
  11. Redaksi berwenang mengambil keputusan menerima atau menolak naskah tersebut. Apabila naskahnya diterima akan dilanjutkan dengan proses peninjauan (Review) oleh Tim Reviewer ahli.
  12. Naskah diterbitkan melalui proses revisi atau menyarankan pada penulis untuk memperbaiki naskah.
  13. Naskah yang naik cetak berjumlah 10 – 12 artikel untuk tiap terbitan (terbit bulan Juli).
  14. Penulis mengisi biodata sesuai format terlampir
  15. Isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+