Iklan Header

5 Universitas yang Menerima Jalur Ketua Osis untuk Mahasiswa Baru

GSN Admin
Senin, 21 Juni 2021, 11:13 WIB Last Updated 2021-06-24T23:23:03Z
Iklan
Iklan
Baca Juga
Iklan

 5 Universitas yang Menerima Jalur Ketua Osis untuk Mahasiswa Baru Ada berbagai cara yang bisa ditempuh demi lolos seleksi dan berhasil diterima di kampus impian, tetapi mungkin tidak banyak yang mengetahuinya jika ada komponen pendaftaran yang mensyaratkan pendaftar pernah menjadi ketua OSIS. Hingga saat ini ada sejumlah universitas yang menerima jalur ketua OSIS dengan tujuan memiliki mahasiswa yang unggul di organisasi.

5 Universitas yang Menerima Jalur Ketua Osis untuk Mahasiswa Baru


Tidak semua siswa memiliki kesempatan untuk memimpin organisasi saat masih di bangku SMA. Bagi yang ingin mencoba daftar di jalur ini, ketahuilah daftar universitas dengan jalur sebagai pimpinan OSIS berikut ini:


1. IPB

Bukan rahasia lagi kalau IPB hingga saat ini masih menjadi universitas negeri favorit. Karena banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah disini, maka proses seleksinya pun bisa dikatakan cukup sulit. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa bahwa perguruan tinggi yang berlokasi di Bogor ini sebagian besar jurusannya mendalami ilmu biologi. Oleh karena itu, bagi yang kurang tertarik dengan IPA sebaiknya pertimbangkan kembali secara matang sebelum mendaftar.


Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Terbaik yang Bisa dijadiakn Pilihan


2. UNESA

Universitas yang menerima jalur ketua OSIS berikutnya yaitu UNESA. Kampus ini menamakan jalur pendaftaran dengan syarat pernah aktif di bidang keorganisasian sekolah dengan nama jalur prestasi pemimpin. Menariknya, siswa yang juga aktif sebagai sekretaris OSIS juga boleh mendaftar di jalur ini.


Selanjutnya, pendaftar akan diminta untuk melampirkan nilai rapor dari kelas X sampai kelas XII. Pihak UNESA akan memverifikasi kebenaran data yang diajukan saat pendaftaran. Jika lolos seleksi, calon mahasiswa akan dihubungi dan diumumkan melalui situs web resmi UNESA.


3. UNHAS

Bagi yang tinggal di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya di sekitar Makassar ini adalah kesempatan terbaik untuk bisa kuliah di universitas negeri lewat jalur ketua OSIS. Universitas tersebut adalah UNHAS yang merupakan kampus terbaik di Makassar. Jalur ini mulai dibuka sejak tahun 2019 dan untuk tahun ajaran 2021 pun kembali dibuka.


Ada beberapa tahapan seleksi di jalur ini yang disiapkan UNHAS. Pertama, seleksi administrasi dimana calon mahasiswa harus melampirkan dokumen yang menunjukan bahwa pendaftar aktif di organisasi sekolah. Kedua, tes wawancara dan tes berikutnya yaitu membuat esai 500 hingga 600 kata.


4. UNAIR

Di UNAIR, pendaftar yang mendaftar dengan pengalaman sebagai pimpinan OSIS disebut sebagai komponen pendaftaran Golden Ticket. Sebagai bukti bahwa yang bersangkutan benar-benar pernah menjabat di organisasi sekolah, maka UNAIR mewajibkan pendaftar menyerahkan surat keterangan resmi yang ditandatangani langsung oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan. Selain itu, diperlukan juga dokumen lainnya seperti NISN, nilai rapor dari kelas X sampai kelas XII, beserta fotocopy ijazah SMA.


5. UPN

Pendaftaran dengan syarat utama pernah menjadi ketua OSIS juga digelar UPN. Kampus yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan ini juga memberi peluang bagi pendaftar yang berprestasi di bidang non akademik, termasuk aktif di organisasi sekolah. Tingkat kesulitan seleksi di jalur ini mungkin akan berkurang bagi yang pernah menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Bagaimana tidak, siswa yang pernah jadi ketua OSIS bisa mendaftar jalur ketua OSIS yang pastinya memiliki jumlah saingan lebih sedikit.


Artikel Pilihan:


Itulah daftar 5 universitas yang menerima jalur ketua OSIS yang bisa dicoba. Bagi siswa yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya tentu jalur ini menjadi kesempatan berharga. Jalur ini juga akan memberikan tiket emas. Alasannya karena tentu kompetisi dengan calon mahasiswa lainnya tidak akan sesulit di jalur penerimaan lain.


Pencarian yang banyak dicari

  • beasiswa ketua osis 2020
  • beasiswa osis 2021
  • upnvj jalur ketua osis
  • masuk kuliah jalur ketua osis 2021
  • jalur ketua osis its
  • ipb jalur ketua osis 2021
  • jalur ketua osis unair
  • jalur ketua osis uny


Komentar

Tampilkan

Terkini

Teknologi

+