Iklan Header

Inilah Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji di Berbagai Sektor

GSN Admin
Senin, 21 Juni 2021, 10:48 WIB Last Updated 2021-06-24T23:26:21Z
Iklan
Iklan
Baca Juga
Iklan

Inilah Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji di Berbagai Sektor Bukan rahasia lagi bahwa teknik mesin hingga saat ini masih menjadi jurusan dengan peminat yang sangat banyak dibandingkan jurusan lainnya di Fakultas Teknik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan prospek kerja teknik mesin dan gaji yang cukup baik sehingga dapat diterima oleh banyak orang.

inilah Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji di Berbagai Sektor


Untuk diketahui, jurusan ini mendalami bidang ilmu fisika sehingga akan sangat cocok bagi yang menyukai hitung-hitungan dan berpikir secara sistematis. Selain itu, mahasiswa yang mengambil teknik mesin juga akan mempelajari bagaimana mendesain dan menggambar mesin untuk keperluan industri dan juga cara merawatnya. Bagi yang tertarik menempuh pendidikan di bidang ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu prospek kerja serta gajinya seperti berikut ini:


1. Sektor Energi

Mahasiswa yang telah lulus menempuh pendidikan teknik mesin berkesempatan untuk bekerja di sektor energi. Pekerjaan detailnya yaitu merancang suatu mesin dengan kemampuan untuk mengubah energi ke bentuk energi lainnya. Selain memahami perancangan mesin, seseorang yang bekerja di sektor ini juga dituntut untuk paham mengenai energi.


Baca Juga: 5 Program Pertukaran Pelajar Antar Negara Untuk Siswa Indonesia


Salah satu industri energi yang paling diminati yaitu PLN sebagai pengelola listrik negara. Adapun, lulusan baru teknik mesin yang merintis karir di sektor ini diperkirakan akan menerima gaji mulai dari 7 juta hingga 13 juta rupiah.


2. Industri Manufaktur

Siapa yang tidak kenal industri manufaktur? Industri ini bisa dikatakan menjadi prospek kerja teknik mesin dan gaji terbaik. Hal ini mengingat mudahnya menemukan industri manufaktur di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, mahasiswa yang telah lulus memiliki peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar.


Karena manufaktur memerlukan banyak mesin untuk proses produksi, maka tak heran jika lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan disini. Hanya saja, lulusan yang bekerja di industri ini menerima gaji lebih rendah dari sektor energi, yaitu sekitar 5 juta hingga 7 juta rupiah.


3. Otomotif

Prospek otomotif lebih selektif memilih calon pekerja mana saja yang bisa terpilih untuk bekerja. Selain memiliki nilai bagus dan keahlian yang mumpuni, beberapa perusahaan di bidang ini juga akan melirik darimana asal universitas sang pelamar dan bagaimana akreditasinya. Namun, dibalik sulitnya bekerja di bidang ini gaji yang dijanjikan juga cukup memuaskan yaitu berkisar antara 7 juta hingga 9 juta rupiah. Selain gaji bulanan, perusahaan otomotif dikenal loyal dengan pekerjaannya sehingga tak segan untuk memberikan tunjangan lainnya di setiap bulan.


4. Bioteknologi

Pada dasarnya, perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi hampir sama dengan sektor energi. Hanya saja, energi yang dihasilkan dari perusahaan ini tidak berasal dari sumber daya alam murni. Belakangan ini mulai banyak berkembang perusahaan bioteknologi mengingat bumi semakin kesulitan menghasilkan sumber daya alam. Masalah gaji sudah tidak diragukan lagi karena bagi pekerja cerdas yang memiliki keahlian siap dibayar hingga puluhan juta rupiah.


5. Dosen

Sama seperti jurusan lainnya, lulusan teknik mesin juga tetap bisa menjadi dosen selama yang bersangkutan memiliki gelar magister alias telah lulus S2. Jika pada 4 prospek kerja di atas berkaitan dengan mesin, menjadi dosen dituntut untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu serta industri menjadi lebih baik lagi. Mengenai gaji, setiap perguruan tinggi memiliki standarnya masing-masing dan gaji dosen yang baru lulus S2 akan berbeda dengan yang sudah berpengalaman


Artikel Pilihan:


Demikianlah uraian mengenai prospek kerja teknik mesin dan gaji di berbagai sektor. Karena dibutuhkan di berbagai sektor industri, maka tak heran jurusan yang satu ini biasanya relatif memiliki jumlah mahasiswa lebih banyak.


Pencarian yang banyak dicari

  • peluang kerja teknik mesin s1
  • gaji lulusan teknik mesin smk
  • prospek kerja teknik mesin otomotif
  • sarjana teknik mesin nganggur
  • pengalaman kerja teknik mesin
  • gaji fresh graduate teknik mesin



Komentar

Tampilkan

Terkini