Iklan Header

5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

GSN Admin
Senin, 21 Juni 2021, 11:01 WIB Last Updated 2021-06-24T23:23:44Z
Iklan
Iklan
Baca Juga
Iklan

5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Terbaik yang Bisa Dijadikan PilihanSetelah berhasil menempuh pendidikan 9 tahun di sekolah, banyak siswa yang ingin kuliah. Namun, tak jarang siswa yang baru lulus kebingungan harus memilih jurusan apa dan bagaimana prospek kerjanya nanti. Oleh karena itu penting untuk mengetahui berbagai jurusan kuliah dan prospek kerja supaya tidak menyesal di kemudian hari. Selain itu, mengambil jurusan kuliah sesuai minat dan passion juga akan memudahkan mahasiswa untuk memahami serta mengembangkan setiap materi yang telah dipelajari.

5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan


Bagi sebagian orang, memilih universitas ternama lebih penting. Padahal kuliah di universitas yang terkenal tetapi salah memilih jurusan adalah hal yang percuma. Kuliah dengan jurusan yang sama sekali tidak diminati bukan hanya membuat mahasiswa sulit memahaminya, tetapi juga berpotensi membuat mahasiswa tersebut kesulitan mencari kerja setelah lulus. Oleh karena itu, simak beberapa jurusan serta prospek kerjanya seperti berikut ini:


1. Ekonomi Dan Bisnis

Ekonomi dan bisnis menjadi jurusan kuliah dan prospek kerja yang nantinya cukup mudah ditemukan. Bagaimana tidak, setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang ahli di bidang bisnis. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan prospek bisnis perusahaan ke depannya supaya bisa terus bertahan dan bersaing dengan perusahaan kompetitor.


Baca Juga: 5 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB


Tak hanya itu, jurusan ini juga sangat cocok bagi yang ingin membangun bisnis setelah lulus kuliah. Memiliki bisnis sendiri tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan bekerja di suatu perusahaan. Dengan berbekal ilmu dari kampus, bisnis yang dikembangkan pasti akan bisa menjadi sukses.


2. Pendidikan

Jurusan ini paling tepat dipilih oleh seseorang yang ingin menjadi guru, dosen, atau bekerja di suatu perusahaan yang mengembangkan materi belajar bagi siswa. Selain menjadi guru, mengambil konsentrasi pendidikan di suatu universitas juga bisa menjadi modal bagi yang ingin membuka jasa les atau kursus, menarik bukan?


3. Arsitektur

Meskipun termasuk cabang dari keilmuan IPA, tetapi arsitektur juga menjadi pilihan favorit. Namun, perlu diingat bahwa untuk bisa sukses menjalani perkuliahan arsitek tidak hanya harus jago menggambar tetapi juga wajib memiliki kecerdasan dalam menghitung. Hal ini dikarenakan perencanaan dalam desain dan gambar arsitek harus dibuat berdasarkan perhitungan yang tepat.


Artikel Pilihan:


Lalu, bagaimana dengan prospek kerjanya? Mahasiswa yang telah lulus di jurusan ini bisa bekerja di suatu konsultan desain atau perusahaan yang membutuhkan arsitek untuk mendesain kantor cabang dan ruangan tertentu.


4. Hubungan Internasional

Bagi yang ingin berkontribusi pada relasi Indonesia dengan berbagai negara di dunia bisa memilih hubungan internasional. Jurusan ini juga sangat cocok bagi seseorang yang senang bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang.


Menariknya, dengan mengambil hubungan internasional di perkuliahan juga bisa membuat mahasiswa memahami bagaimana politik di berbagai negara dan pengambilan keputusan dalam hubungan internasional. Prospek kerja dari jurusan ini yaitu bekerja di Kementerian Luar Negeri dan menjadi diplomat yang mewakili negara Indonesia untuk berbagai urusan dan kepentingan internasional.


5. Ilmu Komunikasi

Masih dari konsentrasi ilmu IPS, yaitu ilmu komunikasi. Paling cocok dipilih oleh mahasiswa yang senang tampil di hadapan orang banyak dan menyampaikan berbagai informasi dengan tujuan mendidik hingga menghibur. Mahasiswa yang telah lulus dari kuliah ilmu komunikasi bisa bekerja di media sebagai jurnalis, humas perusahaan, dan sebagai perancang iklan.


Itulah 5 jurusan kuliah dan prospek kerja yang bisa dipilih bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan di kampus. Meskipun ada banyak pilihan jurusan dengan prospek kerja yang menarik, pastikan untuk memilih sesuai dengan minat dan bakat.


Pencarian yang banyak dicari

  • jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar
  • jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan
  • jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan
  • bumn yang sepi peminat tapi peluang kerja besar
  • jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita
  • jurusan kuliah yang paling santai dan mudah
  • jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
  • jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang



Komentar

Tampilkan

Terkini

Teknologi

+