Iklan Header

Inilah Syarat Masuk Universitas ITB, Siapkan dari Sekarang!

GSN Admin
Senin, 21 Juni 2021, 11:23 WIB Last Updated 2021-06-24T23:22:01Z
Iklan
Iklan
Baca Juga
Iklan

  Inilah Syarat Masuk Universitas ITB, Siapkan dari Sekarang!Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk ITB memang belum menggelar penerimaan calon mahasiswa. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu syarat masuk universitas ITB yang harus dipersiapkan dengan matang. Hal ini demi mendapatkan peluang lebih besar untuk diterima di perguruan tinggi asal Bandung ini. Tak sedikit orang mendambakan ingin kuliah di ITB. Wajar saja, hal ini dikarenakan popularitas dan kualitasnya yang sudah sangat terpercaya.

 Inilah Syarat Masuk Universitas ITB, Siapkan dari Sekarang!


Tak hanya itu, bagi sebagian orang memilih kampus favorit dan ternama adalah hal terpenting sebelum mendaftar kuliah. Oleh karena itu, untuk bisa diterima di kampus impian ini perlu bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya selama proses seleksi. Bagi yang sudah tidak sabar, simak beberapa persyaratan berikut ini: Oleh karena itu, untuk bisa diterima di kampus impian ini perlu bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya selama proses seleksi. Bagi yang sudah tidak sabar, simak beberapa persyaratan berikut ini:


1. Wajib Mempunyai NISN

Sejak lulus dari SD, setiap siswa di Indonesia sudah diberikan NISN yang berupa sejumlah nomor sebagai identitas. Nomor ini dibuat oleh Kemdikbud dengan catatan setiap siswa memiliki nomor yang berbeda. Nah, karena ITB merupakan perguruan tinggi negeri maka saat pendaftaran wajib menyerahkan NISN yang asli. Pendaftar tentunya tidak bisa memalsukan nomor karena pihak ITB bisa mengeceknya langsung melalui Kemdikbud.


Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui nomor tersebut? Cara ini sebetulnya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengunjungi situs web resmi milik Kemdikbud. Lalu, carilah pilihan NIS. Jika sudah ketemu, masukan identitas yang meliputi nama dan tanggal lahir. Setelah itu, klik 'Cari'.


Baca Juga: 5 Prospek Kerja Public Relation yang Menjanjikan


2. Tidak Diterima Di PTN Lain

Syarat Masuk Universitas ITB lainnya yaitu tidak diterima di PTN lain. Jadi, jika sebelumnya peserta juga mendaftar di PTN lainnya lalu telah dinyatakan diterima maka pendaftaran yang telah diajukan di ITB otomatis gugur. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan secara matang-matang universitas negeri mana yang paling diinginkan.


Kemudian, perhatikan juga waktu pendaftaran dan pengumuman seleksi. Jangan sampai pendaftaran di universitas negeri lain lebih dahulu menyatakan lolos seleksi sebelum ITB.


3. Memiliki Data Prestasi di PDSS

Bagi yang belum mengetahuinya, PDSS merupakan sekumpulan data dengan nilai rapor siswa serta identitas sekolah. Pada umumnya, data ini diisikan oleh sekolah yang bersangkutan dan validasi terkait data yang diisi menjadi tanggung jawab sekolah. Oleh karena itu, sebelum mendaftar pastikan kembali bahwa pihak sekolah telah terdaftar di PDSS beserta dengan nilai siswa yang lengkap.


4. Menyerahkan Nilai Semester 1 Hingga Semester 6

Selain ketiga persyaratan di atas, pendaftar juga harus menyerahkan nilai dari semester 1 hingga semester 6. Meskipun hingga saat ini belum ada informasi terkait standar nilai yang ditentukan sebagai persyaratan, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan nilai sebaik mungkin. Pendaftar dengan rata-rata nilai tertinggi tentunya memiliki peluang lebih besar untuk lolos seleksi.


5. Bagi Lulusan 2017 Dan 2018 Wajib Melampirkan Nilai SBMPTN 2019

Universitas ITB tidak hanya membuka pendaftaran bagi siswa lulusan tahun 2019 saja, tetapi siswa yang telah lulus di tahun ajaran sebelumnya yaitu 2017 dan 2018 pun dipersilakan untuk mendaftar. Hanya saja, pendaftar yang lulus di tahun tersebut diperbolehkan daftar asalkan telah melaksanakan SBMPTN 2019. Oleh karena itu, saat mengajukan pendaftaran di ITB wajib melampirkan bukti berupa nilai atau skor dari hasil SBMPTN.


Artikel Pilihan:


Demikianlah uraian mengenai syarat masuk universitas ITB. Setelah melengkapi persyaratan tersebut, pendaftar yang berhasil lolos tahap seleksi administrasi akan segera dihubungi untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu ujian mandiri. Mengenai lokasi dan waktu ujian juga akan ditentukan oleh pihak kampus.


Pencarian yang banyak dicari

  • syarat masuk itb 2020
  • peluang masuk itb
  • admission itb
  • pendaftaran itb 20202021
  • itb mandiri
  • biaya jalur mandiri itb
  • pendaftaran itb bandung 2021
  • jalur mandiri itb 2021


Komentar

Tampilkan

Terkini

Teknologi

+