Iklan Header

Begini Syarat Masuk Jurusan Radiologi yang Perlu Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 21 Juni 2021, 10:18 WIB Last Updated 2021-06-24T23:30:29Z
Baca Juga

Begini Syarat Masuk Jurusan Radiologi yang Perlu Diketahui_ - Mungkin sebagian besar masyarakat menganggap bahwa hanya dokter dan bidanlah yang prospeknya menjanjikan. Padahal ilmu kedokteran di bidang Radiologi juga mempunyai prospek kerja yang tidak kalah menjanjikan. Syarat masuk jurusan radiologi pun tidak jauh berbeda dengan jurusan kesehatan yang lain. Hanya saja banyak orang yang kurang tertarik bahkan takut untuk mengambil jurusan ini.

Begini Syarat Masuk Jurusan Radiologi yang Perlu Diketahui_


Hal ini dikarenakan jurusan radiologi bertugas menangani pasien dengan menggunakan sinar x, USG dan juga MRI. Jadi khawatir akan sinar radiasi yang akan didapat padahal hal tersebut tidak perlu ditakutkan karena akan mempelajari ilmu tentang keselamatan dari radiasi. Jika tertarik untuk masuk jurusan radiologi, berikut syarat-syaratnya:


1. Lolos Ujian Seleksi

Syarat utama untuk masuk ke jurusan radiologi bahkan semua jurusan yang ada di universitas adalah lolos seleksi. Jika tidak lolos ujian seleksi maka tidak akan bisa kuliah dan masuk di jurusan yang diinginkan. Jadi pastikan persiapkan diri supaya bisa lolos dalam tahap ujian seleksi.


2. Syarat Akademis dan Administrasi Terpenuhi

Untuk menjadi tenaga medis yang mumpuni harus mempunyai riwayat pendidikan yang baik dibuktikan dengan nilai-nilai akademis selama sekolah. Jadi pastikan memenuhi syarat akademis yang telah ditentukan sebelum memutuskan kuliah di jurusan radiologi. Syarat administrasi berupa berkas dan dokumen juga harus terpenuhi karena dari proses inilah akan dipilih mana yang sesuai dan dapat dinyatakan lolos masuk jurusan radiologi.


3. Finansial Mumpuni

Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah di jurusan kesehatan membutuhkan biaya yang sangat besar. Apalagi jurusan yang diambil spesialis tentu biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Syarat masuk jurusan radiologi juga harus mempunyai finansial yang mumpuni. Jadi pastikan bisa menyelesaikan pendidikan sampai mendapat gelar dokter tanpa terkendala biaya.


Baca Juga: Begini Syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang yang Perli di Perhatikan


4. Mempunyai Kemampuan Analisis Tinggi

Kemampuan ini sangat penting dan wajib dimiliki oleh tenaga medis. Hal ini dikarenakan dokter radiologi akan selalu menganalisis hasil dari foto-foto ronteg pasien yang datang. Tidak bisa sembarangan memberi diagnosa sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Jadi syarat masuk jurusan radiologi yang satu ini memang harus terpenuhi.


Artikel Pilihan:


5. Logika dan Nalar yang Sistematis

Namanya seorang dokter alias tenaga medis sudah pasti akan mempelajari anatomi tubuh manusia. Dokter dituntut untuk mampu mempunyai logika berpikir yang sistematis. Hal ini dikarenakan bagian-bagian tubuh manusia mempunyai alurnya masing-masing. Jadi kemampuan ini harus dimiliki oleh calon mahasiswa di bidang radiologi agar hasil diagnosa yang dilakukan tidak parsial.


6. Menyukai dan Paham Bidang Sains

Wajar saja apabila dokter diharuskan mengambil jurusan IPA saat sekolah menengah atas. Hal ini dikarenakan calon dokter harus menyukai dan paham dalam bidang sains sebab dunia medis akan selalu berkaitan dengan sains. Anatomi tubuh manusia yang dipelajari semua ada kaitannya dengan ilmu sains. Jadi pastikan harus mempunyai ketertarikan di bidang sains yang cukup tinggi.


7. Sehat Jasmani

Syarat masuk jurusan radiologi juga harus mempunyai tubuh yang sehat. Tidak mempunyai riwayat penyakit yang berbahaya dan juga menular sehingga bisa lolos dan kuliah di jurusan radiologi.  Tidak hanya itu saja, pendengaran dan juga penglihatan yang dimiliki harus sehat dan tidak ada gangguan. Bagaimana mungkin seorang tenaga medis mengalami gangguan penglihatan dan juga pendengaran. hal ini akan menyebabkan diagnosa yang dihasilkan tidak akurat dan menimbulkan kesalahpahaman.


Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan radiologi. Pastikan syarat-syarat diatas telah terpenuhi agar dapat menyelesaikan kuliah lebih cepat. Apabila kuliah di jurusan ini tidak memenuhi syarat masuk jurusan radiologi yang ditentukan, kemungkinan lolos sangat kecil. Jadi pastikan siapkan diri, finansial dan juga syarat-syarat yang lainnya.


Pencarian yang banyak dicari

  • jurusan radiologi dimana saja
  • biaya kuliah jurusan radiologi
  • jurusan radiologi s1 di bandung
  • d4 radiologi di indonesia
  • jurusan radiologi di bandung
  • jurusan radiologi s1 di yogyakarta
  • jurusan radiologi di yogyakarta
  • universitas swasta jurusan radiologi




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+