Iklan Header

Cara Memulai Investasi Saham

Admin
Editor: Garutselatan.info Selasa, 18 Januari 2022, 07:58 WIB Last Updated 2022-01-18T00:58:47Z
Baca Juga

Cara memulai investasi saham - selamat siang nih sahabat GSN, apakabarnya?baik baik saja bukan? Kami berharap seperti itu ya, semoga kita juga senantiasa berada dalam lindungan allah swt, aamiin.

 Cara Memulai Investasi Saham

Saham merupakan salah satu investasi yang mudah dan bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Sebagai investor pemula, kita harus mengetahui bagaimana cara bermain saham yang aman. Hal ini tidak lepas dari tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya di masa depan.


Meskipun disebut sebagai salah satu investasi yang mudah, tetapi investasi saham juga beresiko tinggi. Para pemain yang memiliki saham bisa saja mengalami kerugian yang berbentuk capital loss , atau justru mendapatkan keuntungan hingga 20% lebih dalam jangka waktu yang tidak lama.


Berikut  Cara Investasi Saham Untuk Pemula:



  • Memilih Sekuritas yang Tepat


Untuk memulai investasi saham, kita perlu memiliki rekening efek atau rekening dana nasabah terlebih dahulu. Rekening ini dapat dibuka di perusahaan-perusahaan sekuritas, Setelah rekening berhasil dibuat, kita harus menyetorkan sejumlah uang ke rekening efek tersebut.



Uang yang ada di dalam rekening nantinya bersifat selayaknya uang elektronik. Pembelian saham secara online dapat dilakukan dengan menggunakan uang tersebut. pilihan kita tidak asal memilih broker atau sekuritas. Perusahaan sekuritas ini jumlahnya banyak dan masing-masing memiliki tarif transaksi yang berbeda-beda.




Baca Juga: Keuntungan Investasi Emas Di Bank Syariah Mandiri




Biaya transaksi yang disebutkan di atas merupakan biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini yang kemudian menjadi sumber penghasilan dari perusahaan sekuritas yang ada. Semakin kecil transaksi, kita sebagai nasabah juga semakin diuntungkan, Namun, tidak berarti perusahaan sekuritas yang menerapkan tarif mahal itu selalu buruk. Bisa jadi, pelayanannya lebih bagus dan aplikasinya lebih memuaskan. Setelah mantap memilih perusahaan sekuritas yang kira-kira tepat, segera siapkan dokumen untuk membuka rekening efek.


  • Tentang Pembelian dengan Benar


Sebagai investor pemula, sudah sepantasnya perasaan takut rugi mulai dihilangkan sedikit demi sedikit, Ragu-ragu di awal memang wajar, tetapi jangan sampai perasaan ragu tersebut terus mengganggu dan membuat investasi kita hanya jalan di tempat saja, tidak ada kemajuan.




  • Pahami Indeks Saham


Di dalam dunia investasi saham, dikenal juga dengan adanya indeks saham. Indeks merupakan ukuran statistik perubahan gerak harga dari beberapa saham yang kemudian dipilih berdasarkan faktor-faktor tertentu. Bagi pemula, silakan untuk mencoba investasi saham-saham yang terkumpul di dalam indeks LQ45 dan IDX30. Saham-saham di indeks tersebut memiliki nilai likuiditas yang tinggi. Namanya pemula, tidak apa-apa bila ingin main cantik dan aman dengan risiko yang kecil.


  • Jangan Kapok Bila Rugi


Sama seperti bisnis pada umumnya, bermain saham juga ada untung ruginya. Bila mengalami kerugian, sebaiknya jangan panik. Tetap tenang dan sabar, sebab saham yang dibeli masih ada kemungkinan untuk naik kembali. Jika melihat ada saham dengan harga rendah, disarankan untuk langsung membelinya. Cara ini biasa dikenal dengan nama average down. Siasat ini merupakan strategi investasi dengan cara yang bertahap ketika harga-harga saham di pasaran mengalami penurunan.
 


  • Investasi Saham Jangka Panjang



Investasi saham jangka panjang sama dengan investasi. Usahakan untuk membeli saham setiap bulan sesuai dengan bujet yang tersedia. Jangan terlalu peduli dengan harga yang sedang naik atau turun, yang pasti kapitalnya besar. Kunci dalam berinvestasi jangka panjang ini adalah bersabar.




Nah sahabat GSN semua, itulah demikian artikel mengenai cara memulai investasi saham, semoga bermanfaat ya dan membantu, jangan bosan untuk membaca artikel dari kami sobat, karena kami masih memiliki berbagai macam artikel yang tentunya bermanfaat loh,sekian dan terimakasih.

pencarian yang banyak dicari:

  • cara memulai investasi saham bagi pemula
  • cara investasi saham bca
  • cara memulai investasi reksadana
  • cara investasi saham di bibit
  • cara investasi saham online
  • cara investasi saham di shopee
  • perusahaan sekuritas
  • cara investasi saham di bank bri


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+