Iklan Header

Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya

Editor: Garutselatan.info Rabu, 29 Juni 2022, 01:00 WIB Last Updated 2022-06-28T18:00:00Z
Baca Juga
Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya - Bekerja menjadi seorang pramugari ini menjadi salah satu idaman beberapa orang, dan salah satunya yaitu jenis pramugari kereta api. Namun apakah anda disini mengetahui berapa gaji pramugari kereta api yang terima setiap bulanya? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.
Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya

Pramugara dan pramugari kereta api Indonesia alias KAI ini bekerja di kereta ekonomi, eksekutif, hingga bisnis. Sebagai seorang pramugari dan pramugara akan memiliki pendapatan tunjangan dan jenjang karir yang jelas. Keuntungan lain dari pramugari ini yaitu bisa berwisata sambil bekerja serta akan mendapatkan tunjangan kesehatan.



Meskipun demikian, pramugari dan pramugara ini harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Hal ini dikarenakan pekerjaan mereka yang memiliki jam terbang tinggi, selain itu pramugari juga akan dibekali pengetahuan untuk evakuasi penumpang dan bagaimana caranya memadamkan api ketika keadaan darurat di dalam kereta.



Bekerja sebagai seorang pramugari ini yaitu melayani penumpang, selain itu profesi yang satu ini juga bertugas membawa dan menawarkan makanan ke penumpang di seluruh gerbong. Maka dari itu mengetahui gaji pramugari kereta api ini menjadi hal yang menarik dan sekaligus menimbang kemungkinan jika anda nantinya ingin menjadi seorang pramugari untuk kedepannya.



Umumnya di dalam kereta api ini ada 4 orang yang bekerja sebagai pramugari dan pramugara. Jumlah pramugari ini bisa saja bertambah seiring dengan jarak jauhnya perjalanan mereka, lalu yang ditanyakan berapa gaji pramugari kereta api per bulan?



Gaji Pramugari Kereta Api




Pramugari kereta api ini akan mendapatkan gaji diatas upah minimum. Setiap bulannya gaji pramugari akan mendapatkan gaji pokok dan tunjangan yaitu totalnya sebesar Rp7 juta. Mengutip dari laman upahminimum.com gaji pokok pramugari sebanyak Rp4 juta per bulan sesuai penempatan, sedangkan tunjangan kinerja mencapai Rp3 juta, serta insentif untuk biaya perawatan senilai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.



Pendapatan pramugari kereta api ini bisa saja bertambah sesuai dengan pengalaman dan jam terbangnya. Pramugari senior dan junior bisa mendapatkan gaji yang berbeda, selain itu penentuan gaji juga ditentukan oleh jenis kereta api seperti eksekutif dan ekonomi. Gaji pramugari kereta api eksekutif ini biasanya akan mendapatkan lebih banyak gaji lebih dari pada kelas kereta api ekonomi.



 Baca Juga: Gaji Pilot di Korea Selatan

 


Tugas Pramugari Kereta Api




Pramugari dan pramugara ini dituntut harus bisa berpenampilan menarik dan komunikatif. Syarat untuk menjadi seorang pramugari ini memiliki kecakapan dalam bahasa Inggris dan bertubuh tinggi. Selain itu, tugas utama pramugari ini yaitu melayani penumpang kereta api, pramugari dan pramugara ini akan memberikan pelayanan yang maksimal dan mereka akan punya kesempatan untuk berada di kereta api eksekutif.


  • Memberikan layanan penyewaan untuk kenyamanan para penumpang selama dalam perjalanan untuk kelas kereta eksekutif.
  • Harus menjaga kebersihan di gerbong kereta dan kereta makan.
  • Menawarkan pelayanan penjualan makanan dan minimum di atas kereta api.
  • Bisa mengawasi boarding setiap penumpang kereta api jarak jauh.


Apa Saja Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api?




Adapun jika anda berkeinginan menjadi seorang pramugari, maka ada sekolah khusus pramugari yang memiliki seleksi cukup ketat. Anda disini bisa mendaftar setelah lulus SMA/SMK, berikut ini adalah persyaratan jika ingin menjadi pramugari yang harus anda lakukan:


  • Pendidikan minimal SMA/SMK dan nilai ujian nasional rata-rata 6,0.
  • Tinggi badan pria minimal 170 cm dan 160 cm untuk wanita.
  • Berpenampilan menarik dan tidak buta.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan aktif.
  • Bersedia ditempatkan sesuai dengan wilayah kerja.
  • Tidak memakai kacamata, gigi rapi dan tidak berbehel.
  • Memiliki fisik dan mental yang kuat.



Selain persyaratan diatas pramugari juga membutuhkan persyaratan administrasi untuk melakukan pendaftaran. Dokumen yang diperlukan yaitu seperti surat lamaran kerja, surat keterangan sehat, fotokopi KTP, KK, ijazah dan dokumen penting lainnya.



Nah, itulah pembahasan mengenai Gaji Pramugari Kereta Api dan Tunjangannya yang wajib anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, share artikel ini ke media sosial lainnya.



Sekian dan terimakasih



pencarian yang banyak dicari:


  • gaji pramugari kereta api lulusan sma
  • tes pramugari kereta api
  • gaji pramugari kereta api 2022
  • lowongan pramugari kereta api
  • biaya pramugari kereta api
  • syarat jadi pramugari kereta api
  • tes pramugari kereta api berhijab
  • sekolah pramugari kereta api


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+