Iklan Header

Gaji Pilot Garuda Indonesia

Editor: Garutselatan.info Rabu, 29 Juni 2022, 01:30 WIB Last Updated 2022-06-29T11:42:44Z
Baca Juga
Gaji Pilot Garuda Indonesia - PT Garuda Indonesia Tbk ini berencana akan mengalih tugaskan pilot Garuda Indonesia ke Citilink, Kabar terkait ahli tugas terungkap melalui dokumen minute of meeting asosiasi pilot Citilink/APIC.
Gaji Pilot Garuda Indonesia

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra telah mengungkapkan rencana ahli tugas pilot Garuda ke Citilink merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Apalagi Citilink merupakan salah satu bagian dari grup perusahaan, lalu berapakah gaji pilot Garuda di Indonesia? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.



Jumlah gaji pilot Garuda Indonesia ini tergantung dan sangat ditentukan berdasarkan pangkatnya, pilot pesawat terbang ini tidak bisa berjalan sendirian. Ada terdapat beberapa pilot yang bertugas untuk mengontrol kemudi pesawat terbang.



Jabatan atau pangkat pilot di antaranya yaitu cadet, second officer, captain, first officer, dan flight engineer. Ketiga pangkat pilot tersebut memiliki gaji yang berbeda-beda dan semua itu tergantung dengan tugas atau tanggung jawabnya masing-masing.



Gaji Pilot Garuda Indonesia


1. Second officer


Second officer ini yaitu co-pilot yang memiliki jam terbang lebih banyak di garis udara dan sudah bekerja dengan jumlah kurang lebih dari 150 jam terbang. Co-pilot untuk maskapai komersial seperti Kerja Indonesia memiliki gaji kurang lebih sebesar Rp18 juta per bulannya.


2. Captain



Captain ini berada dalam posisi tertinggi dari bagian pilot pesawat terbang komersial, garis pangkat milik captain pilot ini yaitu sebanyak 4 garis berwarna emas. Gaji yang akan diterima oleh captain ini tentunya sangat menggiurkan, yaitu kurang lebih sebesar Rp50 juta per bulan.


3. First officer



First officer ini memiliki 3 garis yang warnanya sama persis dengan milik captain, gaji yang akan diterima oleh first officer awak pesawat Garuda Indonesia ini yaitu kurang lebih Rp35juta per bulan. Tidak bisa dipungkiri gaji tersebut juga akan terhitung berbeda jika first office yaitu senior ataupun junior.


Bisakah Gaji Pilot Garuda Indonesia Menurun?



Terkait dengan jumlah gaji pokok beserta bonus yang akan diperoleh pilot ini terbilang cukup tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa pilot ini juga akan mengalami penurunan gaji dan bukan mustahil gaji yang didapatkan oleh pilot berasal dari nilai komersial suatu perusahaan.



Setiap perusahaan awak pesawat terbang pastinya akan melakukan penurunan gaji jika telah ditemui hal-hal sebagai berikut.


Kebijakan Baru



Gaji pilot bisa saja menurun dengan adanya kebijakan baru, dan salah satu contoh kebijakan baru yaitu membatasi jam kerja pilot. Setiap pilot ini memiliki gaji yang akan dihitung setiap jam kerja berlangsung dengan klasifikasi per 1 jam kerja. Cara ini menjadi salah satu cara yang efisien untuk bisa mengatur keuangan dari perusahaan maskapai penerbangan.


Kerugian Perusahaan



Banyak sekali beberapa penyebab perusahaan pesawat terbang mulai mengalami kerugian. Hal ini pastinya berdampak terhadap pendapatan perusahaan, dan jika pendapatan perusahaan turun maka resiko yang mungkin akan terjadi yaitu penurunan gaji pilot awak pesawat terbang.


Artikel Terkait:



Demikianlah informasi mengenai gaji pilot di Indonesia yang dapat admin sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik bagi anda sahabat pembaca dimanapun sekarang berada, share informasi ini jika informasi ini bermanfaat.



Sekian dan terimakasih



pencarian yang banyak dicari:

  • gaji pilot garuda indonesia 2022
  • gaji pilot garuda indonesia 2021
  • gaji pilot citilink
  • gaji co pilot garuda indonesia
  • gaji pilot air asia
  • berapa gaji pilot lion air
  • berapa gaji pilot
  • gaji pilot batik air


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+