Iklan Header

5 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB

Admin
Editor: Garutselatan.info Minggu, 20 Juni 2021, 17:36 WIB Last Updated 2021-06-24T23:31:45Z
Baca Juga

5 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB -  Kehutanan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari fungsi dari suatu ekosistem hutan. Beberapa yang dipelajari seperti keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, hingga teknologi kehutanan terkini. Jurusan terdapat di SITH ITB, Namun untuk masuk ke jurusan ini tidaklah mudah, karena ada Syarat Masuk Jurusan Kehutanan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon mahasiswa.

5 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB


Apa Itu Jurusan Kehutanan?

Sebelum masuk ke syarat masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu sedikit informasi mengenai jurusan kehutanan. Ketahui terlebih dahulu tentang sistem pembelajarannya, apa saja yang dipelajari, dan lain sebagainya.


Kehutanan sendiri merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai hutan. Dimulai dengan mempelajari fisiologi tumbuhan, ekologi hutan, hewan yang ada di hutan, ilmu hutan, hingga pengelolaan dan manajemen dari hasil hutan. Ilmu kehutanan sendiri merupakan induk dari berbagai cabang program studi yang terkait dengan kehutanan seperti, teknologi hasil hutan, pengelolaan hutan dan manajemen hutan.


Baca Juga: Inilah 5 Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa


Jurusan ini dirasa akan tepat, bagi seseorang yang mencintai alam, peduli dengan lingkungan, berpetualang di gunung. Indahnya gunung beserta hutan-hutan yang menyelimutinya. Bukan hanya untuk sekedar dijajal dan dinikmati, namun juga perlu dilestarikan, mengingat kini maraknya isu kebakaran hutan dimana-mana untuk pembebasan lahan. Menyebabkan kondisi hutan di Indonesia kini sangat memprihatinkan.


Syarat Masuk Jurusan Kehutanan SITH ITB

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon mahasiswa yang akan dan berminat untuk melanjutkan pendidikannya di program studi kehutanan SITH ITB, di antaranya:


     Peserta atau calon mahasiswa tidak boleh memiliki kelainan buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial.

     Bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri, diminta untuk melaksanakan pendaftaran ulang mahasiswa baru, pada waktu yang ditentukan. Apabila calon mahasiswa tidak melakukan pendaftaran pada waktu yang ditentukan, maka akan dianggap telah membatalkan kelulusannya di ITB lewat jalur SNMPTN. Hal yang sama berlaku untuk peserta SBMPTN.


Sejak tahun 2019 ITB telah membuka jalur seleksi mandiri. Dalam seleksi mandiri tersebut terdapat persyaratan khusus dan berbeda dari peserta yang melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN:


     Berasal dari SMA dengan jurusan IPA dan bisa juga dari jurusan IPS. Bagi yang berasal dari lulusan paket C  jurusan IPA dan IPS diperbolehkan selama memiliki nilai rapor lengkap dari semester 1 hingga semester 6.

     Peserta seleksi mandiri tidak boleh memiliki kelainan buta warna total maupun buta warna parsial.

     Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional.

     Memiliki Nilai UTBK SBMPTN tahun 2021.

     Belum atau tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur lain seperti SNMPTN dan SBMPTN, atau seleksi program internasional ITB tahun 2021.

     Lulusan yang berasal dari tahun 2020 dan 2019 masih bisa mendaftar asalkan memiliki hasil UTBK SBMPTN tahun 2021.


Keuntungan Masuk Jurusan Kehutanan


Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan masuk ke jurusan kehutanan, contohnya pada beberapa perusahaan yang beroperasi di industri hulu kehutanan sangat membutuhkan lulusan kehutanan yang nantinya akan dijadikan ahli di bidang bibit tanaman hutan. Organisasi yang bergerak di bidang perlindungan dan pemanfaatan hutan juga membutuhkan lulusan dari jurusan ini.


Artikel Pilihan:


Bisa juga bekerja di sektor swasta sebagai biro konsultan kehutanan untuk sebuah perusahaan. Bisa juga masuk di departemen penelitian, hutan tanaman industri, dan lain-lain. Bahkan jika memiliki jiwa pengusaha yang ingin membuka usaha di bidang mebel atau usaha yang membutuhkan kayu. Intinya, ilmu yang didapatkan dari jurusan ini juga akan dapat membantu usaha kedepannya.


Nah, itulah beberapa syarat masuk jurusan kehutanan SITH ITB untuk tahun 2021. Semoga sedikit informasi yang disampaikan diatas dapat bermanfaat. Bagi yang sangat menginginkan masuk ke jurusan ini tentunya perlu mempersiapkan diri untuk lebih baik lagi. Ribuan orang akan bersaing memperebutkan jumlah kursi yang tidak banyak di jurusan ini melalui beberapa jalur penerimaan yang telah disediakan



Pencarian yang banyak dicari
  • rekayasa kehutanan itera
  • syarat masuk universitas itb
  • gelar sarjana rekayasa kehutanan
  • jurusan rekayasa kehutanan
  • mata kuliah sith r itb
  • rekayasa kehutanan unhas
  • apa yang dipelajari di rekayasa kehutanan
  • rekayasa pertanian itb


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+