Iklan Header

7 Syarat Masuk Jurusan Pertambangan yang Wajib Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Minggu, 20 Juni 2021, 17:50 WIB Last Updated 2021-06-24T23:30:57Z
Baca Juga

7 Syarat Masuk Jurusan Pertambangan yang Wajib Diketahui Jurusan pertambangan adalah cabang perkuliahan ilmu teknik yang fokusnya yaitu ilmu  pencarian (eksplorasi) dan penambangan (eksploitasi). Prospek jenjang karir yang dimiliki jurusan ini sangat menjanjikan sebab lulusan dari jurusan pertambangan hampir sebagian besar mempunyai karir yang sukses. Syarat masuk jurusan pertambangan tergolong susah-susah gampang. Jadi harus mempersiapkan diri sebaik mungkin jika tertarik kuliah di jurusan tersebut.

7 Syarat Masuk Jurusan Pertambangan yang Wajib Diketahui


Syarat agar bisa kuliah di jurusan pertambangan pada umumnya sama seperti kuliah di jurusan lain. Hanya saja ada beberapa syarat khusus yang harus dipersiapkan agar tidak kaget saat memutuskan untuk terjun ke jurusan pertambangan. Jika mempunyai minat dan tertarik untuk kuliah di jurusan ini, berikut syarat yang harus dipenuhi:


1. Lolos Seleksi

Syarat utama yang harus terpenuhi sudah pasti lolos seleksi lebih dulu. Untuk dapat masuk ke sebuah universitas dengan ragam jurusan yang ada calon mahasiswa pasti akan melalui tahap seleksi. Jadi pastikan persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa kuliah di jurusan pertambangan.


2. Syarat Akademis dan Administrasi Terpenuhi

Hal ini juga sangat penting karena calon mahasiswa harus memiliki nilai rapor yang cukup agar bisa masuk jurusan pertambangan. Tidak hanya jurusan pertambangan, jurusan lain pun tentu mempunyai syarat akademis yang harus dipenuhi. Syarat administrasi seperti dokumen-dokumen yang dibutuhkan kampus juga harus terpenuhi. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang kurang karena besar kemungkinan tidak akan lolos.


3. Mempunyai Minat di Bidang Pertambangan

Syarat masuk jurusan pertambangan yang terpenting yaitu mempunyai minat di jurusan tersebut. Jika tidak mempunyai minat di bidang pertambangan maka kemungkinan besar akan menghambat proses belajar sehingga kelulusannya akan terhambat. Kalau sudah mempunyai minat yang kuat tentu akan lebih mudah memahami segala macam mata kuliah yang nantinya akan dihadapi.


Baca Juga: 5 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Perlu di Catat


4. Mempunyai Kemampuan Observasi

Jurusan pertambangan tentu sangat akrab dengan material-material yang ada berada di dalam permukaan bumi. Untuk itu harus mempunyai kemampuan observasi dan juga ketelitian yang tinggi. Hal ini dikarenakan nantinya calon mahasiswa akan mencari tahu tanda dan juga ciri mineral yang ada di bumi. Jadi kemampuan ini menjadi syarat masuk jurusan pertambangan yang harus terpenuhi.


5. Kemampuan Teamwork yang Baik

Selain kemampuan observasi dan teliti, syarat yang harus terpenuhi selanjutnya yaitu dapat bekerja sama dengan team. Untuk dapat berhasil menyelesaikan masalah atau proyek tentu bergantung dengan kerjasama team yang baik. Jurusan ini menuntut mahasiswa untuk dapat bekerja di lapangan dengan baik. Jadi teamwork sangat dibutuhkan jika ingin masuk dan sukses di jurusan ini.


6. Pandai Memecahkan Masalah

Selain harus mampu bekerja sama team dengan baik, jika ingin masuk jurusan pertambangan juga harus pandai dalam memecahkan masalah. Bisa saja saat dengan melakukan eksplorasi dan eksploitasi terjadi hal yang tidak sesuai dengan rencana maka harus berfikir cepat untuk mengatasinya. Berdiskusi dengan team dan cari solusi bersama agar kegiatan yang dilakukan bisa kembali lancar.


7. Suka Menganalisis dan Berhitung

Tidak dapat dipungkiri jurusan pertambangan memang sangat erat dengan analisis dan hitung-menghitung. Untuk dapat menyelesaikan segala macam hal yang terjadi di lapangan kemampuan analisis harus dimiliki oleh seseorang yang ingin kuliah di jurusan ini. Melakukan perhitungan yang tepat dan akurat juga sangat penting agar tidak terjadi kesalahan yang mungkin akan merugikan.


Artikel Pilihan:


Itulah 7 syarat masuk jurusan pertambangan yang harus diketahui sebelum memutuskan kuliah di jurusan ini. Pastikan sudah mempersiapkan diri dan telah memenuhi syarat-syaratnya agar bisa lolos dan menjadi mahasiswa pertambangan. Calon sarjana pertambangan juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan negosiasi yang baik agar bisa bekerja sama dengan baik.


Pencarian yang banyak dicari

  • syarat masuk jurusan pertambangan di unsri
  • jurusan pertambangan untuk perempuan
  • syarat masuk jurusan pertambangan itb
  • syarat masuk pertambangan batubara
  • teknik pertambangan akreditasi a
  • gaji teknik pertambangan
  • biaya kuliah jurusan pertambangan
  • universitas yang ada jurusan pertambangan
  • laboratori pengujian tanah fap
  • universitas pembang nasional
  • institut teknologi sumatera
  • institut teknologi nasional
  • universitas trisakti
  • universitas sriwijaya




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+