Iklan Header

Menarik, Inilah 6 Prospek Kerja Kimia Murni dan Gajinya yang Wajib Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Minggu, 13 Juni 2021, 19:23 WIB Last Updated 2021-06-13T23:14:53Z
Baca Juga

Menarik, Inilah Prospek Kerja Kimia Murni dan Gajinya yang Wajib Diketahui - Barangkali, jika membahas jurusan tersulit di perguruan tinggi, Kimia akan masuk daftarnya. Karena banyak yang mengatakan jika tidak mudah untuk bisa menempuh studi dalam cabang Ilmu Pengetahuan Alam Ini.

Namun demikian, jurusan ini tetap populer lantaran prospek kerja Kimia Murni dan Gajinya sangat menggiurkan, seperti terlihat pada uraian berikut ini:

Menarik, Inilah Prospek Kerja Kimia Murni dan Gajinya yang Wajib Diketahui


Beragam Prospek Kerja Kimia Murni dan Gajinya

Sebagai sebuah jurusan penting dalam cabang Ilmu Pengetahuan Alam, kajian Kimia Murni memungkinkan seorang mahasiswa mempelajari banyak hal. Ini bisa berguna untuk mempermudah mahasiswa dalam menjalani berbagai profesi seperti:


1. QC Perusahaan

Pertama, seorang lulusan Kimia Murni sangat dibutuhkan pada perusahaan atau industri, khususnya di bidang pengolahan makanan atau bahan kimia lain. Lazimnya, lulusan sarjana ini akan ditempatkan di bagian penting bernama Quality Control. Mengingat, bagian ini sangat krusial, gaji yang diberikan pun tidak main-main, bisa mulai 5 jutaan bahkan lebih, tergantung perusahaannya.


Baca Juga: 8 Kampus Jurusan Farmasi di Medan 2021


2. Penganalisis di Laboratorium

Lulusan Kimia Murni sering diidentikan dengan para peneliti yang mendiami laboratorium untuk melakukan banyak penelitian. Ternyata, citra ini membuka prospek kerja yang menggiurkan, yakni sebagai seorang penganalisis di laboratorium yang banyak diperlukan perusahaan. Tidak tanggung-tanggung gaji seorang penganalisis ini minimal bisa 5 jutaan, bahkan lebih tergantung di laboratorium mana menjalani pekerjaannya.


3. Guru

Pada jenjang SMA, khususnya pada jurusan IPA, guru bidang studi Kimia sangat diperlukan keberadaannya. Ini membuka kesempatan besar bagi para lulusan yang hendak mengabdikan diri dalam dunia pendidikan. Jika tertarik terjun dalam bidang ini, gajinya cukup bervariasi, dari UMK bahkan lebih tergantung lembaga tempat mengajar dan jam pelajaran yang diampunya.


4. Bidang R&D

RnD merupakan bagian penting dalam perusahaan yang memiliki wewenang untuk melakukan rangkaian uji coba dalam inovasi dan pengembangan sebuah produk baru. Secara umum, devisi ini sering diisi oleh para sarjana Kimia Murni karena dianggap paling kompeten dalam bidang kerja tersebut. Menyoal gaji pun sesuai dengan urgentnya bidang ini, yakni berkisar 6 jutaan ke atas.


5. Divisi QA

Sebenarnya, pekerjaan di divisi  Quality Assurance ini pada sebuah perusahaan berhubungan erat dengan bidang QC pada nomor 1. Yaitu bertugas untuk melakukan serangkaian tindakan pengecekan kualitas barang yang telah melalui QC. Untuk pekerjaannya yang penuh tanggung jawab, biasanya bidang ini memiliki gaji lebih besar yakni diatas 7 jutaan tergantung jenis industri.


6. Aneka Prospek yang Lain

Terakhir, selain berbagai prospek kerja menjanjikan yang disebutkan di atas, masih banyak bidang lain yang bisa digeluti seorang lulusan sarjana Kimia Murni. Mulai dari bergabung di instansi pemerintahan laiknya BPOM, lembaga pemerintahan, wirausaha mandiri, dan sebagainya. Soal gaji pun variatif, mulai dari UMK hingga tidak terbatas, sesuai bidang yang digeluti.


Informasi Kampus yang Menyediakan Jurusan Kimia Murni

Setelah membaca beberapa ulasan tentang prospek kerja di atas, saatnya mengetahui kampus mana saja yang membuka jurusan ini. Perlu untuk diketahui, jurusan ini lumayan populer dan hampir setiap provinsi ada universitas yang membukanya, namun jika memilih yang terbaik ada di 5 tempat, yakni:

     Universitas Indonesia bagi yang ingin menempuh pendidikan di Ibukota Jakarta;

     UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret) yang ada di Jawa Tengah;

     Institute Teknologi Bandung (ITB) untuk yang ada di Jawa Barat;

     UGM yang berlokasi di Yogyakarta; dan

     Bagi yang ingin kuliah di Jawa Timur, ada ITS.

Nah, demikianlah tadi informasi  yang dapat disajikan terkait prospek kerja Kimia Murni dan Gajinya yang wajib diketahui. Sekaligus, daftar kampus-kampus terbaik dari berbagai macam provinsi yang membuka jurusannya. Bagaimana? Sudah siap untuk menempuh pendidikan di jurusan yang istimewa ini?


Artikel Populer:

  1. Universitas Khusus Wanita di Arab Saudi Terbesar Dunia
  2. Universitas Mercu Buana Bekasi dan Program Studi yang Ditawarkan
  3. Kampus Jurusan Farmasi di Medan Terbaru 2021
  4. Menarik, Inilah Prospek Kerja Kimia Murni dan Gajinya yang Wajib Diketahui
  5. Daftar Lengkap Universitas Negeri di Semarang dan Jurusannya Yang Dapat Dipilih
  6. Perguruan Tinggi Yang Menawarkan Jurusan Robotik di Indonesia dan Kelebihannya
  7. Prospek Kuliah Jurusan Dance di Korea dan Cara Mendapatkan Beasiswa
  8. Informasi Terkait Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rawamangun Lengkap


Pencarian yang banyak dicari:

  • lowongan kerja s1 kimia murni
  • berapa gaji lulusan kimia murni
  • gaji analis kimia s1
  • cpns kimia murni
  • jurusan kimia murni terbaik di indonesia
  • gaji lulusan kimia tekstil
  • pengalaman kerja lulusan kimia murni
  • gaji ahli kimia



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+