Iklan Header

Satu-satunya Sekolah Kedinasan di Lampung, Ini Informasi tentang SUPM N Kota Agung

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 19:35 WIB Last Updated 2021-06-24T23:37:32Z
Baca Juga

Satu-satunya Sekolah Kedinasan di Lampung, Ini Informasi tentang SUPM N Kota Agung -  Mungkin jarang terdengar ketika seseorang membahas Sekolah Kedinasan di Lampung. hal tersebut memang terbukti benar, hanya ada satu sekolah Ikatan Dinas di Lampung, yaitu Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Kota Agung yang berada di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Penasaran mengenai Sekolah Kelautan dan Perikanan ini? Simaklah ulasannya berikut ini:

Satu-satunya Sekolah Kedinasan di Lampung, Ini Informasi tentang SUPM N Kota Agung


Sejarah Sekolah

Awal mula pendirian SUPM Negeri Kota Agung ini pada tahun 2003 silam berdasarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor: KEP.09/MEN/2003 pada tanggal 14 April 2003. Direncanakan sebagai sekolah vokasi dengan sistem pendidikan boarding school dibawah naungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.


SUPM negeri Kota Agung adalah salah satu sekolah negeri yang berada dalam naungan Kementerian Kelautandan Perikanan Republik Indonesia. Sekolah ini berada di jalan Pantai Harapan Way Gelang Kota Agung Barat, dimana sekolah tersebut merupakan sekolah yang berada di komplek sekolah berasrama.


Baca Juga: Apakah Jurusan Akutansi Susah, Simak Pembahasanya!


Sebagai Sekolah Kedinasan di Lampung, SUPM negeri Kota Agung menjadi salah satu sekolah favorit bagi warga sekitarnya. Sudah banyak prestasi akademik dan non akademik yang telah diraih oleh sekolah ini, mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Prestasi ujian nasional juga tidak luput menjadi unggulan di sekolah ini. Hingga banyak siswa yang berkesempatan untuk melanjutkan studi ke DU/DI ternama di Indonesia dengan persentase hampir 70%.


Sistem Pendidikan

Terkait sistem pembelajaran yang diterapkan di SUPM Negeri Kota Agung, disebutkan hampir sama dengan sekolah menengah kejuruan lainnya. Menerapkan sistem pembelajaran yang menitik beratkan kepada pembelajaran secara praktek daripada teori dengan persentase sebesar 70% untuk praktikum dan 30% untuk teori. Namun, tentu ada beberapa ilmu yang tidak diberikan di sekolah menengah kejuruan yang umum.


Sekolah ini juga sudah bermitra dengan banyak perusahaan kelautan dan perikanan yang ada. Status dari SUPM Negeri Kota Agung ini, direncanakan akan diubah menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan yang ke-4 di seluruh Indonesia. nantinya selain ada sekolah menengah, akan ada perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu SDM di era milenial sekarang.


Dalam persiapannya, dari Pihak pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menyiapkan lahan yang luas untuk tercapainya proyek pembangunan kampus tersebut Pihak pemerintah pun sangat mendukung dan mengapresiasi hal ini, dikarenakan untuk mendukung wilayah laut yang luas dan diisi oleh proyek kawasan industri maritim yang akan hadir di Tanggamus, perananan Politeknik Kelautan dan Perikanan akan sangat berperan penting.


Penerimaan Taruna

Pihak Kementerian dan Perikanan Republik Indonesia telah memberikan kesempatan untuk putra-putri terbaik daerah. Syarat utamanya adalah merupakan warga negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan vokasi yang terdapat pada satuan lingkup KKP. Pendidikan ini terdiri atas Politeknik AUP/STP program D4, kemudian Politeknik KP program D3, akademi Komunitas KP program D1, dan SUPM.


Seleksinya dilaksanakan dengan dua jalur. Yang pertama ada jalur umum dengan sistem penerimaan calon taruna yang berasal dari kalangan masyarakat umum. Kemudian untuk jalur khusus, diperuntukkan bagi para pelaku utama perikanan seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, hingga pelaku usaha tambak garam. Untuk kuota penerimaannya adalah 50% dari total keseluruhan penerimaan taruna untuk jalur khusus.


Artikel Pilihan:


Itulah sekilas informasi mengenai Sekolah Kedinasan di Lampung yaitu  SUPM Negeri Kota Agung. Mungkin bisa dijadikan referensi bagi yang sedang mencari ataupun berkeinginan  untuk menempuh pendidikan di sekolah kedinasan di daerah Lampung. Tata cara penerimaannya kurang lebih sama seperti sekolah kedinasan lainnya, yang memerlukan beberapa tahapan seleksi sebelum resmi diangkat menjadi seorang taruna.


Pencarian yang banyak dicari

  • tanggamus kota agung
  • syarat pendaftaran supm kota agung
  • sekolah tinggi perikanan lampung
  • kota agung lampung selatan
  • pendaftaran supm kota agung 2021
  • daftar nama guru supm kotaagung
  • lowongan kerja di kota agung lampung
  • jurusan supm kota agung




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+