Iklan Header

Penting! Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di SMK yang Harus Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 19:50 WIB Last Updated 2021-06-24T23:36:38Z
Baca Juga

Penting! Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di SMK yang Harus Diketahui -  Syarat masuk jurusan akuntansi di SMK perlu diperhatikan dengan seksama dan secara benar. Jangan sampai, saat sudah masuk di jurusan tersebut ternyata merasa tidak cocok dan sulit mengikuti pembelajarannya.

Penting! Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di SMK yang Harus Diketahui


Jurusan akuntansi memang menjadi salah satu jurusan di SMK yang banyak diincar oleh siswa lulusan SMP. Hal ini lantaran, peluang kerja jurusan ini cenderung ada di semua lini pekerjaan. Seperti, di kantor kecil, perusahaan besar maupun pemerintahan.


Lantas, sebenarnya apa persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa masuk jurusan akuntansi di SMK? Apakah ada syarat-syarat khusus terkait kemampuan di bidang tertentu? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Berikut penjabaran mengenai syarat masuk akuntansi di SMK:


1. Nilai Bagus

Sebenarnya persyaratan ini merupakan hal yang umum untuk semua sekolah. Meski begitu, ada tingkatan tertentu penilaian pada tiap jurusan di SMK. Misalnya, di akuntansi biasanya menjadi jurusan yang memasang standar cukup tinggi hampir di semua sekolah.


Pada jurusan ini, kemampuan paling penting yang harus dimiliki adalah berhitung dan ketelitian. Apalagi jika dikaitkan dengan pembelajaran yang akan diperoleh juga banyak berhubungan dengan keuangan, sehingga dibutuhkan ketelitian yang harus baik.


2. Kemampuan Perhitungan Yang Baik

Selain nilai bagus, seseorang yang hendak masuk jurusan akuntansi di SMK harus memiliki kemampuan perhitungan yang baik. Hal ini lantaran, banyak dari pembelajaran di jurusan tersebut yang menitikberatkan pada perhitungan terutama keuangan.


Sebagai contoh, seorang siswa SMK juga akan diajari bagaimana cara membuat laporan keuangan suatu perusahaan dimana dalam prosesnya ada berbagai angka yang harus dihitung dengan model perkalian pembagian, pengurangan dan sejenisnya. Untuk itu penting agar memperhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk masuk jurusan akuntansi di SMK.


Baca Juga: Universitas Trisakti Jurusan dan Biaya Terbaru 2021


3. Kesabaran Yang Tinggi

Sebagai tambahan syarat masuk jurusan akuntansi di SMK  juga berkaitan dengan sifat maupun karakter yang dimiliki oleh seseorang. Dalam hal ini tentang kesabaran yang harus dimiliki oleh seseorang ketika hendak memasuki jurusan tersebut.


Mengingat, banyak waktu serta banyak bagian yang harus dipilah-pilah untuk dimasukkan sebagai sebuah perhitungan akuntansi. Kesabaran sangat diperlukan untuk melakukannya agar semua laporan bisa diselesaikan dengan baik.


4. Akurasi dan Ketelitian Yang Baik

Meski tak memakai formulasi tertentu seperti matematika, jurusan akuntansi tetap butuh akurasi dan ketelitian yang baik. Apalagi, angka-angka yang dihitung termasuk dalam jumlah besar. Jika tidak teliti, kesalahan input nol satu saja maka akan berdampak pada seluruh perhitungannya.


Akan tetapi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semua perhitungan di akuntansi banyak yang menggunakan kalkulator ataupun sistem operasi khusus untuk membantu proses perhitungannya. Jadi, tak perlu menghitungnya dengan manual dan berpotensi terjadi kesalahan.


5. Menguasai Komputer

Syarat berikutnya yakni kemampuan yang mendukung dalam proses kerja seseorang di jurusan akuntansi.  Kemampuan untuk bisa menguasai komputer secara baik sangat diperlukan dalam proses seleksi SMK.


Apalagi saat ini, komputer seakan menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Begitu canggihnya teknologi dan perkembangan zaman lah yang menjadikannya sebagai suatu hal yang biasa. Begitu pula untuk masuk di SMK, penguasaan komputer sangat diperlukan untuk seterusnya.


6. Berpikir Logis

Satu lagi yang bisa dijadikan masukan terkait syarat masuk jurusan akuntansi di SMK yakni berpikir logis. Berpikir secara logis dan objektif menjadi modal utama yang penting untuk diperhatikan. Apalagi saat menyelesaikan pekerjaan yang menggunakan siklus akuntansi, tentu kemampuan ini sangat diperlukan.


Artikel Pilihan:


Selain itu, kemampuan untuk berpikir logis juga dapat membantu seseorang agar tetap melihat segala sesuatu dengan objektif. Begitu halnya dalam menyelesaikan perhitungan akuntansi, sangat diperlukan kemampuan ini agar ritme-ritme keuangan suatu perusahaan sesuai.


Nah, itulah syarat masuk jurusan akuntansi di SMK yang patut diketahui. Beberapa diantaranya berkaitan dengan persyaratan karakter yang berguna jika nantinya melakukan pembelajaran di jenjang tersebut. Secara umum, persyaratan di atas diperlukan tak hanya di jurusan akuntansi namun juga dapat memenuhi di bidang-bidang lainnya.


Pencarian yang banyak dicari

  • tes masuk smk jurusan akuntansi
  • syarat masuk smk jurusan akuntansi
  • smk jurusan akuntansi belajar apa saja
  • tes wawancara masuk smk jurusan akuntansi
  • smk yang ada jurusan akuntansi
  • mata pelajaran akuntansi smk
  • smk jurusan akuntansi bisa kerja apa
  • smk jurusan akuntansi kuliah jurusan apa
  • fakultas ekonomi dan bisnis
  • universitas sebelas maret
  • politeknik keuangan negara st
  • universitas indonesia
  • universitas gadjah mada
  • universitas diponegoro




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+