Iklan Header

Cari Jurusan Perpajakan S1 di Indonesia Inilah Daftar Kampusnya

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 19:15 WIB Last Updated 2021-06-24T23:39:21Z
Baca Juga

Cari Jurusan Perpajakan S1 di Indonesia Inilah Daftar KampusnyaPerpajakan merupakan salah satu program studi yang sedang naik daun, pasalnya pada saat ini dimana tax amnesty dan pajak pribadi yang sedang digalakkan oleh pemerintah dalam hal ini terkait dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Program studi perpajakan sendiri menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi ahli di bidang pajak, adapun daftar kampus yang memiliki jurusan perpajakan S1 di Indonesia adalah sebagai berikut:

Cari Jurusan Perpajakan S1 di Indonesia Inilah Daftar Kampusnya


1. Universitas Brawijaya

Kampus ini bisa dibilang sebagai kampus yang satu-satunya memiliki jurusan perpajakan S1 di Indonesia, meskipun ada Universitas lain yang memiliki jurusan yang mirip namun dengan nama yang berbeda yaitu Universitas Indonesia. Nantinya, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai hitung-hitungan pajak saja, tetapi juga akan belajar mengenai hukum bisnis, etika dan keberatan dalam pajak.


Program studi perpajakan di Universitas Brawijaya tergolong kedalam rumpun ilmu soshum untuk program sarjana atau S1. Dikatakan bahwa program studi ini memiliki daya tampung sebanyak 100 mahasiswa melalui jalur SBMPTN, kemudian sebanyak 75 orang yang ditampung untuk masuk ke prodi perpajakan Universitas Brawijaya melalui jalur SNMPTN.


Adapun kapasitas penerimaan dari jalur SBMPTN untuk tahun 2021 mengalami peningkatan sejumlah 8.72% dari tahun sebelumnya. Sedangkan pada jalur penerimaan melalui SNMPTN tahun 2021 meningkat 11,16% dari tahun sebelumnya. Ini menandakan bahwa untuk program studi perpajakan di Universitas Brawijaya ini memiliki antusiasme yang tinggi dari para peminatnya yang berasal dari berbagai daerah.


2. Universitas Indonesia

Pada daftar kedua kampus yang memiliki jurusan perpajakan s1 di indonesia adalah Universitas Indonesia. Namun di kampus Universitas Indonesia ini, jurusan perpajakan lebih dikenal dengan nama administrasi fiskal dan bukan perpajakan. Meskipun dinamakan begitu, namun didalamnya mahasiswa akan berfokus pada kajian tata kelola fiskal dan juga perpajakan.


Program studi ini mempelajari perpajakan dari berbagai macam sudut pandang, baik itu hukum, sisi ekonomi, dan akuntansi. Mahasiswa akan diberikan keterampilan berupa penyusunan laporan pajak yang sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu mahasiswa juga akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah perpajakan sesuai dengan standar yang berlaku


Baca Juga: Pilihan Studi Universitas Jagabaya Kelas Karyawan yang Bisa Dilirik


Nama jurusan ini masih asing di telinga masyarakat awam, karena masih banyak yang tidak mengetahui tentang jurusan ini. Selain terkait dengan perpajakan, ilmu administrasi fiskal juga ternyata memiliki keterkaitan dengan akuntansi. Jurusan ini sendiri berada di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi dan bukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


3. Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia

Selanjutnya ada sebuah Perguruan Tinggi yang bernama Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia yang memiliki program studi D4 Perpajakan. Meskipun bukan secara spesifik bergelar S1, tetapi gelar D4 ini sudah dianggap setara dengan S1 dan waktu menempuh pendidikan yang sama yaitu selama 4 tahun atau 8 semester.


Enaknya belajar disini, mahasiswa bebas memilih jenis kelas baik kelas pagi seperti mahasiswa pada umumnya, ataupun kelas malam yang biasanya diisi oleh para pekerja dan karyawan yang ingin mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Biaya kuliahnya sendiri berkisar di angka 5,9 juta rupiah untuk kelas pagi, dan 6,4 juta rupiah untuk kelas malam.


Artikel Pilihan:


Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai daftar kampus yang memiliki  jurusan perpajakan S1 di Indonesia. Program S1 Perpajakan di Indonesia terbilang masih cukup sedikit dan bisa dihitung jari. Ini karena kebanyakan kampus masih mengadakan program studi ini pada jenjang D3 saja. Baik, D3 maupun S1 sebenarnya tidak ada yang salah, asalkan memilih jurusan yang tepat serta dengan senang hati menjalaninya.


Pencarian yang banyak dicari

  • apakah jurusan perpajakan susah
  • s1 perpajakan di indonesia
  • alih jenjang d3 ke s1 perpajakan
  • gelar s1 perpajakan
  • s1 perpajakan undip
  • s1 perpajakan uns
  • s1 perpajakan ui
  • s1 perpajakan unair
  • universitas padjadjaran
  • politeknik keuangan negara st
  • perbanas institute jakarta y

universitas brawijaya

universitas negeri jakarta

ut





Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+