Iklan Header

Begini Perbedaan Akademi dan Universitas yang Harus Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 19:05 WIB Last Updated 2021-06-24T23:41:14Z
Baca Juga

Begini Perbedaan Akademi dan Universitas yang Harus Diketahui -_Banyak yang tidak mengetahui perbedaan akademi dan universitas. Bahkan masih banyak juga yang bingung sebenarnya apa itu universitas dan akademi. Keduanya sebenarnya sama-sama tempat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Hanya saja sistemnya memiliki beberapa perbedaan sehingga harus mengetahui perbedaannya agar tidak salah pilih.

Begini Perbedaan Akademi dan Universitas yang Harus Diketahui_


Seiring berkembangnya zaman tempat pendidikan terus bertambah dan semakin berkembang. Dengan memilih jenjang pendidikan yang sesuai tentu calon peserta didik akan berhasil dalam mengenyam pendidikan yang sesuai dengan keinginannya. Berikut penjelasan singkat mengenai pengertian dan juga perbedaan diantara keduanya:


Pengertian Universitas dan Akademi

Sebelum membahas tentang perbedaan diantara keduanya, sebaiknya mengetahui lebih dulu apa itu universitas dan apa yang dimaksud akademi. Universitas yaitu suatu perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat beragam fakultas dan juga jurusan. Fokusnya pada pendidikan akademik atau pengembangan ilmu tingkat profesi dengan gelar keahliannya yang khusus dan juga keahlian terapan yang fokusnya pada pendidikan tingkat vokasi.


Dengan kata lain universitas merupakan jenjang pendidikan tinggi dengan jangkauan keilmuan yang jauh lebih luas. Biasanya universitas ini sangat diminati oleh calon mahasiswa yang ingin meraih gelar Strata 1-3, magister sampai gelar doktor dan menjadi seorang peneliti. Sementara kalau akademi yaitu perguruan tinggi fokusnya menyediakan pendidikan vokasi hanya pada 1 cabang ilmu tertentu.


Biasanya akademi memiliki jenjang pendidikan di tingkat Diploma 1-3 (D1-D3) yang orientasi keahliannya pada bidang terapan. Jangka waktu pendidikannya juga relatif lebih singkat daripada universitas. Dengan kata lain, akademi cakupan bidang ilmunya lebih sedikit dibandingkan universitas. Bagi calon mahasiswa yang ingin lulus dengan cepat dalam satu cabang ilmu pendidikan akademi bisa dijadikan opsi.


Baca Juga: Berikut Jurusan Perkembangan Terbaik di Indonesia


Beberapa Perbedaan Akademi dan Universitas

Setelah mengetahui pengertian dari universitas dan juga akademi, tentukan bertanya tentang perbedaan keduanya. Sebelum menentukan ingin masuk universitas atau akademi pastikan mengetahui perbedaannya lebih dulu. Berikut perbedaan akademi dan universitas:


1. Kuantitas Program Studi

Perbedaan pertama yang terlihat jelas yaitu jumlah dari program studi yang dimiliki. Universitas memiliki cabang ilmu yang lebih banyak daripada akademi. Terdapat beragam fakultas yang didalamnya dipecah lagi menjadi beberapa jurusan yang berfokus pada keahlian-keahlian tertentu. Sementara akademi hanya fokus pada satu cabang ilmu pendidikan di bidang terapan.


2. Strata atau Gelar yang Diraih

Sudah cukup jelas bahwa universitas akan mencetak lulusan dengan gelar atau strata sarjana S1-S3. Sementara akademi hanya meraih gelar Diploma (D1-D3). Gelar ini juga diraih dengan kurun waktu yang berbeda.


3. Waktu Tempuh Pendidikan

Universitas akan memberikan gelar S1 dalam jangka waktu paling cepat 4 tahun. Berbeda dengan universitas, akademi akan memberikan gelar sesuai dengan jenjang yang dipilih. Misalnya memilih Diploma 1 maka waktu tempuh pendidikan kurang lebih 1 tahun. Dengan kata lain akademi waktu tempuh pendidikannya relatif lebih cepat.


4. Tujuan atau Orientasinya

Meski sama-sama perguruan tinggi tapi tujuan dan orientasinya berbeda. Singkatnya bagi calon mahasiswa yang siap terjun langsung untuk bekerja akademi lebih cocok dibandingkan universitas. Hal ini dikarenakan akademi fokus pada satu bidang pendidikan yang diiringi dengan praktik.


Artikel Pilihan:


Sementara universitas lebih banyak teori dan sedikit praktik sehingga harus menambah ilmu lagi dengan melanjutkan pendidikan. Hanya saja tidak semua lulusan universitas memilih untuk melanjutkan pendidikan ada yang langsung terjun ke lapangan pekerjaan tergantung dengan prodi yang dipilih waktu kuliah.


Itulah perbedaan akademi dan universitas yang wajib diketahui sebelum menentukan ingin mengenyam pendidikan dimana. Pastikan memilih perguruan tinggi sesuai dengan keinginan kedepannya setelah lulus kuliah. Jika ingin bekerja di fokus bidang tertentu bisa memilih akademi dibandingkan universitas.


Pencarian yang banyak dicari

  • lebih bagus universitas atau sekolah tinggi
  • akademi adalah
  • perbedaan universitas institut sekolah tinggi akademi dan politeknik
  • sekolah tinggi adalah
  • lebih bagus universitas atau institut
  • akademi di indonesia
  • pengertian institut
  • contoh akademi



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+