Iklan Header

Kenali Jurusan Kuliah Human Resources Manager Sebelum Mengambil Jurusan Kuliah Ini!

Admin
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 20:08 WIB Last Updated 2021-06-24T23:35:54Z
Baca Juga

Kenali Jurusan Kuliah Human Resources Manager Sebelum Mengambil Jurusan Kuliah Ini!Mendengar jurusan kuliah human resources manager mungkin asing bagi sebagian orang. Meski begitu jurusan ini sebenarnya punya prospek yang terbilang jelas dan cerah. Seperti namanya, human resources manager lebih banyak mengurusi segala hal terkait pekerja dan suatu perusahaan.

Kenali Jurusan Kuliah Human Resources Manager Sebelum Mengambil Jurusan Kuliah Ini!


Di jenjang perkuliahan, jurusan human resources manager biasanya disisipkan pada jurusan tertentu seperti management ataupun psikologi. Meski begitu, beberapa kampus ada yang memiliki jurusan ini secara khusus. Lantas, apa saja yang sebenarnya dipelajari di jurusan human resources manager? Berikut ulasannya:


1. Perekrutan Karyawan

Dalam jurusan human resources manager mempelajari tentang bagaimana merekrut karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi tidak hanya sekedar merekrut siapa orang yang bisa direkrut tetapi juga ada aspek-aspek lain yang harus diperhatikan.


Seseorang akan dituntut untuk memahami proses rekrutmen yang baik sesuai dengan nilai-nilai yang diterapkan perusahaan. Selain itu, di jurusan ini juga akan mempelajari cara-cara dalam proses perekrutan karyawan suatu perusahaan.


2. Pembentukan Tim di Perusahaan

Biasanya seseorang yang mengambil jurusan ini akan diberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana caranya membentuk tim yang baik dalam sebuah perusahaan. Mengingat, di sebuah perusahaan terdiri dari berbagai macam karakter orang yang harus bekerja sama satu sama lain.


Untuk itu diperlukan seseorang yang bisa mengkombinasikan antara orang satu dengan lainnya untuk membentuk tim yang solid dan bisa memajukan perusahaan. Di jurusan ini, maka akan diajari cara pembentukan tim tersebut agar bisa menghasilkan output yang baik pula.


3. Training dan Upgrading

Jurusan kuliah human resources manager juga akan mempelajari tentang training dan upgrading karyawan di perusahaannya. Bagaimana menentukan training apa yang bisa diberikan untuk para karyawan, sehingga kemampuan dari para karyawan dapat terupgrade.


Baca Juga : Begini Perbedaan Akademi dan Universitas yang Harus di Ketahui_


Training dan upgrading merupakan salah satu tugas yang harus dijalani oleh seorang human resources manager karena berhubungan dengan relasi serta kepercayaan antara karyawan dan perusahaan. Training dan upgrading ini menjadi penting untuk memberikan produktivitas di setiap individu di perusahaan.


4. Kompensasi dan Benefits

Berikutnya adalah terkait kompensasi dan benefits . Artinya, seseorang yang mengambil jurusan human resources manager juga akan mempelajari tentang bagaimana seharusnya kompensasi diberikan serta keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa diberikan suatu perusahaan kepada karyawannya.


Biasanya kompensasi juga diberikan melalui sistem penghargaan yang dibuat oleh seorang human resources manager. Maka dari itu,penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari pembuatan kompensasi ini di suatu perusahaan.


5. Peraturan Ketenagakerjaan

Tidak hanya itu, di jurusan ini juga diharuskan untuk memahami terkait peraturan ketenagakerjaan. Dengan memahami secara benar peraturan ini, maka hak-hak karyawan serta hak-hak perusahaan juga akan terpenuhi dengan baik.


Artikel Pilihan:


Penting untuk mempelajari peraturan ketenagakerjaan karena berhubungan dengan hak karyawan yang biasanya berupa gaji, tunjangan kesehatan, keselamatan kerja serta keamanan kerja di perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk dipenuhi agar hubungan yang terjalin antara karyawan dan perusahaan dapat berjalan dengan lancar.


6. Labor Relations

Dalam jurusan human resources manager juga penting untuk mempelajari labor relations ataupun hubungan antara karyawan. Hal ini penting untuk dilakukan karena dapat memberikan kepercayaan yang lebih bagi perusahaan.


Hubungan dengan para karyawan harus dijalin dengan sebaik mungkin. Sebab, hubungan yang terjalin dengan baik maka akan berdampak pula pada produktivitas karyawan yang akan berdampak positif bagi perusahaan tersebut.


Untuk itu, penting bagi seseorang yang hendak berkarir di bidang human resources manager harus memahami secara baik terkait bagaimana cara-cara yang harus dilakukan untuk dapat menjalin hubungan yang baik antara para karyawan dan perusahaan.


Nah, itulah yang biasanya dipelajari di jurusan kuliah human resources manager. Banyak hal yang bisa diperoleh dari ilmu-ilmu tersebut terutama jika berkeinginan untuk berkarir lebih lanjut  di perusahaan besar dengan bidang tersebut. Semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari

  • jurusan human resource management di indonesia
  • pendidikan untuk menjadi hrd
  • apakah jurusan manajemen bisa jadi hrd
  • perusahaan yang membutuhkan hrd
  • jurusan kuliah untuk menjadi manajer
  • supervisor kuliah jurusan apa
  • hr department jurusan
  • jurusan kuliah untuk menjadi direktur




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+