Iklan Header

Perawatan Rambut Rontok Parah

Admin
Editor: Garutselatan.info Rabu, 12 Januari 2022, 09:22 WIB Last Updated 2022-01-12T02:22:53Z
Baca Juga
Perawatan Rambut Rontok Parah – selamat sore sahabat pembaca semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dan semoga selalu ada dalam lindungan Allah SWT.


Rambut rontok bisa terjadi pada pria maupun wanita. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor genetic hingga penyakit tertentu, seperti kekurangan gizi atau malnutrisi, alopecia, infeksi jamur di kulit kepala, masalah tiroid dan gangguan hormone.

Karena rambut rontok disebabkan oleh berbagai hal, perwatan rambut rontok perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Pilihan cara merawat rambut rontok ini bisa secara alami maupun dengan obat-obatan.

Perawatan Rambut Rontok dengan Cara Alami


Untuk mengatasi masalah rambut rontok secara alami, bisa melakukan beberapa cara, yaitu:


  • Mengonsumsi makanan bergizi


Untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok secara alami bisa diperoleh dari makanan tertentu, seperti telur, ikan, daging, seafood, bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang kedelai, atau suplemen nutrisi tambahan sesuai rekomendasi dokter.

Kekurangan nutrisi bisa jadi penyabab rambut rontok rapuh. Supaya bisa tumbuh kuat dan indah, rambut perlu berbagai nutrisi, seperti protein, zat besi, zinc, asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, biotin dan anti oksidan.

  • Merawat rambut dengan baik


Cara menata rambut yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu alas an mengapa rambut mudah rontok, rusak dan rapuh. Seperti sering mencatok, menggunakan hairdryer terlalu panas dan mewarnai rambut dengan bahan kimia.

Untuk mencegah rambut rontok yang semakin parah, rawatlah rambut anda dengan lembutdan hindari suhu panasbmaupun penggunaan bahan kimia. Jika perlu, coba gunakan produk perawatan rambut rontok seperti shampoo, kondisioner dan serum rambut.

  •  Mengelola stress


Stres merupakan salah satu faktor resiko terjadinya rambut rontok. Saat sedang stres hormon-hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan sehingga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengurangi stress untuk mengurangi kerontokan rambut.

Perawatan Rambut Rontok dengan Obat-Obatan


Pada dasarnya, pengobatan pada rambut rontok perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya, misalnya jika rambut rontok disebabkan oleh penyakit tertentu, dokter akan mengatasi penyakit tersebut untuk mengobati rambut rontok yang dialami. Untuk menyuburkan dan merangsang pertumbuhan rambut, dokter akan meresepkan bebebrapa obat-obatan, yaitu;


  • Minoxidil


Minoxidil merupakan obat berupa cairan yang digunakan dengan cara digosokan atau disemprotkan ke kulit kepala. Obat ini dapat menyuburkan pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut.

Dibutuhkan waktu paling tidak 6 bulan untuk melihat hasilnya, jika dengan pemakaian yang teratur. Jika dengan penggunaan obat ini rambut akan berangsur-angsur mengalami pertumbuhan kembali dan kerontokan akan berkurang. Namun, sangat disayangkan obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit kepala dan tumbuh rambut di area wajah yang tidak diinginkan.

  •  Finasteride


Finasteride merupakan obat yang berbentuk pil dengan cara diminum. Obat ini hanya diperoleh melalui resep dokter dan hanya direkomendasikan pada pria yang mengalami rambut rontok. Obat ini berfungsi untuk memperlambat kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Obat ini tidak akan efektif jika dikonsumsi oleh pria berusia l;ebih dari 60 tahun. Penggunaan obat ini juga dapat menimbulkan efek samping seperti menurunnya fungsi seksual, berkurangnya gairah seks, dan meningkatnya risiko kanker prostat.

Untuk menentukan jenis penanganan yang tepat untuk mengatasi rambut rambut rontok, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting karena dokter dapat menentukan apa penyebab keluhan rambut rontok yang dialami.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

pencarian yang banyak dicari:
  • produk perawatan rambut rontok parah
  • hair tonic untuk rambut rontok parah
  • shampo untuk rambut rontok parah
  • vitamin untuk rambut rontok parah
  • rangkaian perawatan rambut rontok
  • mengatasi rambut rontok parah secara alami
  • cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen
  • cara mengatasi rambut rontok di usia muda







Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+