Iklan Header

Apa Arti 1 Lot dalam Transaksi Saham? Inilah Penjelasan dan Manfaatnya

JD Admin
Kamis, 13 Januari 2022, 19:31 WIB Last Updated 2022-01-23T21:54:55Z
Iklan
Baca Juga

Apa Arti 1 Lot dalam Transaksi Saham? Inilah Penjelasan dan Manfaatnya – Selamat malam sahabat GSN dimanapun berada, semoga sahabat selalu berada dalam perlindungan Allah SWT, Aamiin.


Apa Arti 1 Lot dalam Transaksi Saham? Inilah Penjelasan dan Manfaatnya


Untuk masyarakat awam kata LOT mungkin merupakan sebuah kata yang cukup asing di telinga, lain halnya jika kamu bertanya kepada pelaku bursa saham atau mata uang. Lot ini sudah dikenal dan telah dijadikan acuan dan nilai satuan seperti halnya Rupiah dan Dollar dalam melakukan kegiatan jual beli barang atau sebuah produk komersial.


Jika kamu membeli saham maka pertanyaan pertama yang di ajukan adalah berapa jumlah lot yang akan kamu beli atau jual. Setiap trader pemula di haruskan untuk memahami 1 lot saham saat mempelajari investasi saham. Perhitungan transaksi di dalam saham akan menggunakan satuan per 1 lot saham untuk mengkalkulasikan untung rugi dari hasil perdagangan yang dilakukan di masa yang akan datang.


Baca Juga: 4 Daftar Broker Forex Terbaik dan Terpercaya di Indonesia 2022


Bursa Efek Indonesia telah menerapkan ketentuan untuk jual beli saham dan akan menggunakan istilah Lot, jadi hal ini sangatlah penting untuk seorang investor pemula untuk tahu dan mempelajari perhitungan Lot. Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Januari 2014 telah menetapkan aturan bahwa 1 Lot saham berarti 100 lembar saham, dimana aturan sebelumnya 1 Lot itu setara dengan 500 lembar saham.


Arti 1 Lot dan Manfaatnya


Di dalam jual beli saham 1 Lot berarti 1 jumlah satuan per transaksi resmi untuk transaksi saham perusahaan tertentu. Saat jual beli di dalam saham akan menggunakan minimal lembaran saham perusahaan tertentu yang akan disebut dengan satuan lot, artinya acuan transaksi tidak di dasarkan jumlah per lembar saham perusahaan melainkan 1 lot dengan nilai kontrak yang telah di tentukan oleh badan otoritas Negara untuk perdagangan saham yang telah di atur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).


Melalui BEI pemerintah akan melakukan control dan evaluasi terhadap seluruh perdagangan Indonesia. BEI juga telah memberikan kelonggaran terhadap pengaturan satuan transaksi per 1 lot dalam jumlah lembar yang lebih sedikit. Keputusan itu dilakukan agar jual beli saham lebih terjangkau dikalangan investor pemula ataupun masyarakat umum dengan modal yang lebih kecil dan akan menariknya untuk berinvestasi di pasar modal lokal.


Investor dengan modal terbatas juga diharapkan dapat menikmati pengalaman berinvestasi di pasar lokal, dengan kata lain bahwa BEI bertujuan untuk meningkatkan minat dan daya beli masyarakat luas di atas investasi saham. Sejak di berlakukannya penurunan jumlah lembar saham per 1 lot, maka dengan hanya modal awal mulai dari Rp 100 ribu seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat bergabung sekaligus belajar menjadi investor saham.


Artikel Pilihan Lainnya:



Perlu kamu ketahui bahwa satuan ukuran penetapan lembar lot ini setiap bursa tidaklah sama, karena setiap bursa efek di negara lain juga memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Aturan 1 lot sama dengan 100 lembar saham hanya berlaku di Indonesia saja.


Nah, itulah ulasan mengenai pengertian lot dan manfaatnya yang dapat GSN sampaikan untuk sahabat semua. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca dimanapun sekarang berada. Tetap ikuti kami karena masih banyak artikel menarik lainnya yang akan kami bagikan kepada sahabat.


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:


  • harga 1 lot saham pertamina
  • keuntungan 1 lot saham
  • 2 lot artinya
  • lot dalam saham adalah
  • 1 lot berapa lembar
  • 1 lot saham mdka berapa rupiah
  • 1 lot saham berapa lembar 2020
  • harga 1 lot saham bca





Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.INFO
Komentar

Tampilkan

Terkini


Teknologi

+