Iklan Header

15 Daftar Istilah-Istilah Yang Wajib Pemula Ketahui di Dalam Dunia Saham

JD Admin
Editor: Garutselatan.info Rabu, 12 Januari 2022, 06:22 WIB Last Updated 2022-01-23T07:30:43Z
Baca Juga

15 Daftar Istilah-Istilah Yang Wajib Pemula Ketahui di Dalam Dunia Saham - Halo selamat pagi, apa kabarnya nih sahabat GSN? Semoga sahabat selalu dalam keadaan baik-baik saja, Aamiin.


15 Daftar Istilah-Istilah Yang Wajib Pemula Ketahui di Dalam Dunia Saham


Saat sahabat akan berinvestasi di bursa efek, terdapat istilah-istilah yang harus kamu ketahui di dalam saham agar transaksi jual-beli bisa berjalan dengan lancar. Istilah-istilah ini bukan hanya sekedar untuk menimbulkan hal kerena belaka, apalagi terdapat banyak istilah yang dikenal dalam bahasa inggris.


Akan tetapi istilah dalam saham ini merupakan istilah universal yang dipakai di sebagian pasar modal di berbagai negara. Berikut ini merupakan istilah-istilah di dalam saham yang wajib untuk kamu ketahui saat akan menjadi seorang investor.


Berikut 15 Daftar Istilah-Istilah Yang Wajib Pemula Ketahui di Dalam Dunia Saham


1. Bursa Efek


Bursa Efek merupakan pihak yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan untuk mendagangkan efek diantara mereka.


2. Efek


Efek merupakan surat yang berharga untuk diperjual belikan di pasar modal, seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi dan sejenisnya.


3. Broker (Perusahaan Sekuritas)


Broker adalah pihak perantara antara investor dengan pasar modal di dalam transaksi jual beli saham. Kamu disini hanya membutuhkan broker di dalam melakukan pembelian atau penjualan saham, selain itu broker juga akan memberikan rekomendasi saham yang berpotensial untuk investor.


Baca Juga: 5 Tips Trading Saham Paling Ampuh Untuk Para Trader Pemula


4. Saham Blue Chip


Saham Blue Chip adalah saham berlapis satu yang mamiliki harga yang cukup tinggi dan volatilitas yang cenderung rendah, serta fundamental perusahaan yang kuat.


5. Saham Middle Cap


Ini merupakan saham lapis kedua yang mimiliki kapilitas pasar antara Rp 500 miliar dengan Rp 10 triliun. Memiliki harga yang cenderung stabil dan biasanya merupakan saham dari perusahaan yang masih berkembang.


6. Saham Small Cap


Merupakan saham lapis tiga dengan kapitalis pasar bawah Rp 500 miliar. Volatilitas tinggi sehingga menjadi incaran spekulan untuk dipermainkan harganya.


7. Emiten


Merupakan pihak atau peruashaan yang menawarkan efek pada investor melaui penawaran umum.


8. IHSG


Merupakan kepanjangan dari Indeks Harga Saham Gabungan yaitu indikator pergerakan seluruh harga saham yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI).


9. IPO (Initial Public Offering)


Merupakan penawaran pertama kalinya dari perusahaan yang baru terdaftar di Bursa Efek.


10. Listing dan Delisting


Listing merupakan pencatatan perusahaan di papan pencatatan bursa. Sedangkan Delisting merupakan penghapusan sebuah perusahaan daalam pencatatan di papan bursa. Saham perusahaan yang telah dikenakan delisting akan secara otomatis tidak lagi dijual di bursa.


11. Bearish dan Bullish


Bearish merupakan kecenderungan harga saham untuk mengalami penurunan, sedangkan Bullish merupakan kecenderungan harga saham untuk bergerak naik dalam periode tertentu.


12. Stop Loss


Merupakan teknik untuk memasang order yang dibaca otomatis oleh sistem saat posisi harga saham menyentuh level tertentu. Artinya, transaksi akan terjadi secara otomatis saat sebuah saham berada di kisaran harga yang sesuai dengan pengaturan yang dibuat.


Artikel Terkait:



13. Cut Loss


Merupakan upaya yang dilakukan investor untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham yang dimilikinya saat harganya sedang lebih tinggi dari pada harga beli.


14. Profit Taking


Adalah aksi pengembalian keuntungan yang dilakukan investor dengan cara menjual seluruh atau sebagian saham yang dimilikinya saat harga lebih tinggi saripada harga beli.


15. BuyBack


Adalah kegiatan membeli kembali saham yang dimiliki publik oleh emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham tersebut, sehingga kepemilikan sahama akan kembali ketangan perusahaan.


Nah, itulah 15 daftar istilah dalam saham yang sering muncul, sehingga kamu yang ingin menjadi seorang investor harus memahami istilah-istilah tersebut beserta artinya.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca semua, tetap ikuti GSN karena masih banyak artikel menarik lainnya yang akan kami bagikan kepada sahabat.


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:


  • istilah saham dalam bahasa inggris
  • istilah dalam saham ajaib
  • istilah istilah dalam pasar modal
  • istilah dalam saham untuk pemula
  • istilah ara dan arb dalam saham
  • istilah dalam saham pdf
  • istilah istilah dalam investasi
  • istilah gaul dalam saham







Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+