Iklan Header

Cara Menggunakaan Moving Average dalam Menganalisis Sebuah Saham dengan Mudah

JD Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 14 Januari 2022, 20:03 WIB Last Updated 2022-01-23T21:53:07Z
Baca Juga

Cara Menggunakaan Moving Average dalam Menganalisis Sebuah Saham dengan Mudah - Moving Avarege merupakan indikator teknikal yang merata-ratakan harga penutupan maupun harga pembukaan dan menghubungkannya menjadi sebuah garis.


Cara Menggunakaan Moving Average dalam Menganalisis Sebuah Saham dengan Mudah


Sebagai indikator moving avarage ini bersifat trend-following (mengikuti trend) dan lagging (tertunda) karena dibuat berdasarkan harga yang telah terjadi. Meski begitu, lagging ini dapat kamu atasi dengan menggunakan Moving Average yang lain misalnya Exponential Moving Average (EMA).


Moving Average ini dihitung berdasarkan nilai rata-rata bergeraknya sebuah harga dalam periode tertentu. Nilai rata-rata ini bisa kamu ambil dari harga tertinggi (high), terendah (low), harga pembukaan (Open), harga penutupan (Close) atau harga tengah (Mendian).


Makin panjang periode yang digunakan dalam perhitungan indicator Moving Average, maka pergerakan grafis akan semakin melambat (lagging) dibandingkan dengan harga. Sedangkan Moving Average yang berperiode pendek akan lebih “Lincah” ketimbang dengan Moving Average berperiode lebih tinggi.


Baca Juga: Cara Memulai Trading di OctaFx Untuk Pemula


Nah, untuk sahabat yang masih belum paham cara menggunakan Moving Average dalam menganalisa sebuah saham, tenang saja karena pada artikel kali ini GSN akan membahas tentang hal tersebut. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini.


Cara Menggunakaan Moving Average dalam Menganalisis Sebuah Saham dengan Mudah


1. Menganalisa Trend


Trader dapat mengenali trend apa yang sedang terjadi di pasaran dengan melihat kondisi harga dan juga garis Moving Avarage.


  • Apabila harga sekarang sedang berada di garis Moving Average, berarti trend Bullish (harga cenderung naik).
  • Apabila harga sekarang sedang berada di bawah garis Moving Average, berarti trend Bearish (harga cenderung menurun).


2. Peralihan Trend Harga


Di dalam dunia trader menentukan trend merupakan pengetahuan yang harus diketahui jika kita menginginkan sebuah keuntungan. Melakukan sebuah aksi beli pada saat sedang turun sangatlah beresiko jika kita tidak tahu cara menganalisanya. Kita akan mendapatkan kesempatan yang besar apabila kita dapat menentukan peralihan dan trend bearish ke trend bulliish.


Hal ini disebabkan karena kita bisa membeli di harga yang lebih rendah. Lalu bagaimanakah cara menentukan kapan harga beralih dari trend bearish ke trend bullish? Hal ini dapat dibantu dengan 2 jenis Moving Avarage, dan yang sering banyak digunakan yaitu MA20 dan MA50. Harga akan beralih dari trens bearish ke bullish saat MA2 memotong keatas Ma50 (golden cross).


Sebaliknya harga bisa beralih dari bullish ke bearish saat MA20 memotong kebawah MA50 (death cross). Lalu kapan saat yang tepat untuk kita melakukan pembelian? Jika kamu melihat suatu saham yang dimana Moving Average nya sedang mengalami sebuah golden cross, baiknya kamu jangan langsung melaakukan aksi beli.


Tunggu satu kali koreksi hingga harga tersebut masuk kedalam area magnet support terlebih dahulu. Nah, barulah kamu lakukan pembelian di area harga magnet tersebut.


3. Area Magnet Dynamic Support/Resistance


Resistance dan Support merupakan titik penting dimana harga akan memantul meneruskan Kembali trendnya, baik itu bearish maupun bullish. Terdapat 3 macam support dan resistance yaitu Harmonic, classic dan Dynamic. Indicator Moving Average ini kita gunakan untuk menentukan area support resistance.


Dengan menggabungkan 2 jenis Moving Average, kita bisa menentukan area magnet supportdan juga magnet resistance dimana harga kemungkinan akan memantul. Moving Average yang digunakan setiap trader itu berbeda-bada, namun yang sering umum digunakan adalah MA20 Dan MA50.


Artikel Paling Populer:



Demikianlah sekilas ulasan mengenai cara menggunakan Moving Avarage dalam menganalisa sebuah saham yang dapat GSN sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca dimanapun sekarang berada. 


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:


  • cara menggunakan indikator moving average
  • cara membaca indikator moving average
  • aplikasi moving average saham
  • setting moving average terbaik
  • moving average adalah
  • simple moving average adalah
  • moving average 20 adalah
  • exponential moving average adalah





Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+