Iklan Header

Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout

Admin
Editor: Garutselatan.info Selasa, 11 Januari 2022, 19:47 WIB Last Updated 2022-01-11T12:47:12Z
Baca Juga
Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout – Selamat sore sahabat pembaca semoga selalu diberi kesehatan dan keberkahan dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT.


Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout

Ketika menggunakan skincare, kemungkinan bisa muncul reaksi atau perubahan kulit yang tidak menyenangkan. Reaksi tersebut bisa berupa jerawat Purging atau Breakout. Kendati demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan jerawat Purging dan Breakout.


 Berikut Ini  Penjelasan  Mengenai Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout:


Jerawat Purging dan Breakout sering dialami oleh banyak orang, terutama pada wanita.
Penggunaan skincare merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat Agar terlihat sehat dan terawat. Namun, tidak semua skincare cocok untuk kulit kita.

 Beberapa kondisi kulit yang tidak cocok saat mencoba skincare disebut dengan istilah Purging dan Breakout. Istilah tersebut tentu menggambarkan kondisi kulit yang menunjukan reaksi yang berbeda pada kulit wajah. Walaupun berbeda, bentuk dari purging dan breakout pada kulit wajah sama-sama merupakan jerawat.

Istilah Purging dipakai untuk menyebut jerawat atau bruntusan yang muncul karena adaptasi pemakaian skincare baru. Sedangkan Breakout adalah efek akibat pemakaian skincare yang tidak cocok yang membuat kulit iritasi.

 Saat mencoba skincare dapat dilihat dari bentuk jerawat yang muncul, Purging adalah jerawat kecil dan Breakout adalah jerawat besar.







Purging biasanya muncul di area yang mudah timbul jerawat dengan mudah dan kalau Breakout muncul ditempat yang biasanya tidak mudah muncul jerawat.

 Jika dilihat dari jangka waktu pemakaian skincare-nya, Purging terjadi 2 hingga 8 minggu. Dan jika saat mencoba skincare dalam 2 hingga 8 minggu mengalami ketidakcocokan itu berarti kulit kita sedang mengalami Breakout.

Penyebab kerusakan pada kulit disebabkan oleh cara merawat kulit, produk yang dipakai, dan pola gaya hidup. Purging adalah kondisi ketika kulit sedang menyesuaikan diri dengan produk skincare yang digunakan. 

Istilah Purging juga mengacu kepada reaksi kulit terhadap bahan aktif dari produk tersebut. Nantinya, reaksi tersebut akan mempercepat pergantian sel kulit mati.

Dilansir dari Healthline, Dr.Deanne Mraz Robinson, Dermatolog dari Amerika Serikat mengatakan, Purging terjadi ketika sel kulit meregenerasi cepat dan mulai mengelupas sel-sel kulit mati. 

Ketika kulit mati terkelupas, sel kulit yang baru yang lebih sehat akan muncul. Setelah proses Purging selesai, kulit akan tampak lebih sehat, bersih, dan bercahaya.

Namun sebelum mendapatkan kulit yang baru yang lebih sehat, Purging juga dapat menimbulkan jerawat, komedo, dan kulit wajah kering atau juga berminyak. Purging disebabkan oleh pemakaian produk skincare yang mengandung acid, vitamin C dan chemical peeling.

Berbeda dengan Purging, Breakout terjadi karena hormon dan stres.Breakout bisa muncul di mana saja, bahkan diseluruh wajah. Breakout bisa meninggalkan bekas yang mungkin sulit untuk dihilangkan. Breakout menandakan bahwa kulit wajah tidak dapat menerima seluruh kandungan dalam produk skincare tersebut.

Dokter Astrid Wulan menambahkan, “Jerawat yang timbul akibat Breakout karena tidak cocok dengan skincare yang biasanya terjadi di area baru yang sebelumnya tidak bermasalah. Reaksi akibat tidak cocoknya produk ini kerap diawali dengan iritasi seperti kemerahan dan gatal.”

Lalu bagaimana cara perawatan untuk kulit yang mengalami Purging dan Breakout? Jika menggunakan produk yang memicu pergantian sel kulit baru, maka kemunculan jerawat Purging adalah hal yang wajar.

Tetapi jangan khawatir, jerawat Purging bisa hilang dengan sendirinya setelah proses pergantian sel kulit selesai. Meskipun Purging bersifat sementara, jerawat atau reaksi kulit tersebut dapat berlangsung lama jika tidak ditangani dengan benar. Untuk itu, anda diminta untuk konsultasikan kepada dokter spesialis kulit untuk mengatasinya.

Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jerawat akibat Purging, seperti:


  •  Menggunakan obat jerawat.
  •  Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.
  •  Harus rutin membersihkan wajah.
  •  Hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan.
  • Batasi makanan yang berlemak dan mengandung banyak minyak.
  • Pakai skincare dengan bertahap.


Sementara itu, untuk mengatasi masalah Breakout, pilihlah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit Anda, hentikan pemakaian apabila produk kecantikan bila muncul alergi pada wajah.

Apabila dalam waktu 24 jam tidak muncul alergi, mungkin produk tersebut cocok untuk wajah Anda. Sekarang sudah tahu perbedaan antara purging dan Breakout, kan? Jangan lupa rawat kulitmu dengan produk skincare yang tepat agar mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan yg tentang perbedaan antara purging dan breakout semoga bisa membantu permasalahan kulitmu. Sekian dan terima kasih.


pencarian yang banyak dicari:
  • contoh jerawat purging
  • gambar jerawat breakout
  • ciri ciri jerawat breakout
  • apakah jerawat purging itu sakit
  • perbedaan purging dan tidak cocok
  • apakah purging itu gatal
  • apakah jerawat purging bernanah
  • obat jerawat breakout


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+